Pesan Rahbar

Home » , » Peringatan 70 Tahun Meledaknya Bom Atom di Hiroshima dan Nagasaki

Peringatan 70 Tahun Meledaknya Bom Atom di Hiroshima dan Nagasaki

Written By Unknown on Tuesday 4 August 2015 | 04:17:00


70 tahun telah berlalu Amerika menjatuhkan bom atom ke dua kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang lalu meratakannya dengan tanah. Ledakan mematikan itu merenggut ribuan nyawa.
 
Berdasarkan yang diberitakan melalui Daily Mail, pada pukul 8:15 pagi tanggal 6 Agustus 1945, komunikasi Tokyo dengan Hiroshima terputus. Telfon-telfon tak terdengar jawaban. Begitu juga dengan telegraf. Tayangan televisi dan siaran radio dari Hiroshima juga terputus begitu saja.


Tokyo mengirim sebuah pesawat tempur untuk mencari tahu keadaan yang sebenarnya di Hiroshima. Dari jarak 100 mil, pilot melihat asap tebal mengepul setinggi 70 kaki. Setibanya di sekitar kota ia melihat Hiroshima telah rata dengan tanah.


Beberapa jam kemudian presiden Amerika saat itu mengaku di hadapan dunia bahwa Amerika adalah pelakunya. Tiga hari kemudian, Nagasaki pun diratakan dengan tanah dengan bom atom juga. Lalu pada hari berikutnya Jepang menyerah dan bersedia mengakhiri Perang Dunia II.


Jumlah korban jiwa korban bom atom di Hiroshima dan Nagasaki mencapai 220,000 jiwa.


70 tahun telah berlalu namun hingga saat ini negara-negara yang memiliki bom atom dibiarkan begitu saja. Sekitar 9 negara memiliki 16 ribu bom atom.



(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: