Pesan Rahbar

Home » » Syiar Ritual Arbaʻin Husaini Tahun Ini

Syiar Ritual Arbaʻin Husaini Tahun Ini

Written By Unknown on Saturday 1 August 2015 | 07:32:00


Slogan utama ritual Arbaʻin Husaini tahun ini telah ditetapkan dalam pertemuan anggota delegasi Iran dan Iraq di kota suci Najaf Asyraf.
 
Menurut laporan resmi dari Najaf Asyraf, ritual Arbaʻin Husaini tahun akan mengumandangkan dua syiar utama: haihāt minnadz dzillah dan ruhamā’ bainahum. Kedua syiar Islam ini akan menghiasi setiap jalan dan panji-panji yang akan dikibarkan.

Syiar haihāt minnadz dzillah dikumandangkan dalam rangka memerangi seluruh bentuk kezaliman dan musuh-musuh Islam, baik dalam bentuk penjajahan maupun dalam pakaian takfiri dan salafi. Sedangkan syiar ruhamā’ bainahum ditujukan untuk membangun rasa kasih sayang dan persaudaraan di kalangan Muslimin dunia.

Di samping dua syiar utama tersebut, Badan Urusan Haji dan Ziarah Iran juga mengumumkan dua syiar lain yang bertalian dengan masalah keyakinan. Yaitu shabran banil kirām dan innī uhibbush shalāh.

Ritual Arbaʻin Husaini adalah sebuah ritual tetap tahunan yang dihadiri oleh jutaan masyarakat dunia. Dengan cara berjalan kaki dari seluruh penjuru yang mengarah ke Karbala, mereka mengenang kisah kesyahidan Imam Husain bin Ali bin Abi Thalib, salah satu cucu tercinta Rasulullah saw, di padang pasir Karbala tahun 61 Hirjiah oleh tangan-tangan kotor Yazid bin Muʻawiyah.

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: