Pesan Rahbar

Home » » Hizbullah Kecam Kejahatan US-Saudi di Yaman

Hizbullah Kecam Kejahatan US-Saudi di Yaman

Written By Unknown on Friday 11 September 2015 | 06:04:00

Seorang warga Yaman berdiri di reruntuhan bangunan yang hancur di daerah Al-Nahda di ibukota, Sana’a, setelah serangan udara intensif Saudi pada tanggal 6 September 2015. (Foto: AFP)

Gerakan perlawanan Libanon, Hizbullah, mengecam kejahatan keji yang dilakukan oleh Arab Saudi dan Amerika Serikat terhadap rakyat Yaman yang berada di bawah serangan mematikan tanpa henti.
Hizbullah mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “kejahatan tidak berhenti sejak awal agresi yang hampir enam bulan lalu,” TV al-Manar melaporkan pada hari Rabu (9/9/15).

Telah ada “eskalasi serius dalam dua hari terakhir, setelah pasukan Yaman membalas terhadap pasukan agresi, terutama ke [bandara] Safer ” tambah pernyataan itu.

Awal bulan ini, sumber lokal Yaman mengatakan ditemukan 103 mayat tentara asing di bandara al-Safer di provinsi Yaman tengah Ma’rib, di mana mereka berada di bawah serangan roket oleh pasukan gabungan tentara Yaman dan Komite Rakyat.

Hizbullah lebih lanjut mengecam organisasi kemanusiaan dan lembaga-lembaga internasional karena menutup mata terhadap kejahatan yang sedang berlangsung di Yaman.

Keluarga di Yaman melihat kerusakan setelah serangan udara Saudi di ibukota, Sana’a, pada tanggal 31 Agustus 2015. (Foto: AFP)

Pernyataan itu juga mempertanyakan alasan kebisuan organisasi ini atas pembunuhan warga sipil Yaman dan kehancuran peradaban dan masa depan mereka melalui serangan roket yang menargetkan fasilitas mereka.

Pada tanggal 26 Maret, Arab Saudi, sekutu utama Washington di wilayah tersebut, mulai agresi terhadap Yaman – tanpa mandat PBB – dalam upaya untuk melemahkan gerakan Houthi Ansarullah dan mengembalikan kekuasaan mantan presiden Yaman, Abd Rabbuh Mansur Al-Hadi, sekutu Riyadh.

Pada akhir Juni, Human Rights Watch menuduh AS terlibat dalam perang Arab Saudi terhadap Yaman, mengatakan bahwa Washington berpotensi bertanggung-jawab dalam serangan yang melanggar hukum karena Amerika Serikat terlibat dalam pengisian bahan bakar pesawat tempur di atas Yaman dan juga dalam memberikan intelijen untuk Saudi .

Konflik di Yaman sejauh ini telah menewaskan sekitar 4.500 orang dan ribuan lainnya luka-luka, kata PBB. Sumber lokal Yaman, bagaimanapun, mengatakan angka kematian jauh lebih tinggi.
PBB telah berulang kali menyuarakan keprihatinan atas meningkatnya jumlah korban sipil dalam agresi militer Saudi terhadap negara Arab miskin itu. []

(Mahdi-News/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: