Pesan Rahbar

Home » » Presiden Rousseff: Brasil Siap Sambut Pengungsi

Presiden Rousseff: Brasil Siap Sambut Pengungsi

Written By Unknown on Wednesday 9 September 2015 | 04:56:00

Presiden Brasil Dilma Rousseff (Foto: AFP)

Presiden Brasil Dilma Rousseff mengatakan negaranya siap menyambut pengungsi yang berasal sebagai besar dari Timur Tengah, di tengah krisis akibat masuknya pencari suaka ke Eropa.

“Bahkan di masa-masa sulit krisis, seperti sekarang, kami akan menyambut pengungsi dengan tangan terbuka,” kata Presiden Rousseff dalam pesan menandai Hari Kemerdekaan Brasil, Senin (7/9/15)
Dia menyatakan ” pemerintah bersedia menerima mereka yang telah diusir dari tempat asal, bila ingin datang ke sini baik untuk bekerja atau memberikan kontribusi bagi perdamaian dan kemakmuran Brasil.”

Presiden kemudian merujuk ke foto yang menunjukkan kematian tragis balita Suriah Aylan Kurdi, yang tubuh mungil tak bernyawa terdampar di sebuah pantai wisata di Turki beberapa hari lalu.
Foto mengerikan dari anak yang tidak bersalah “menyentuh kita semua dan menjadi tantangan dunia,” kata Rousseff.

Tubuh tak bernyawa Aylan Kurdi terdampar di pantai Turki, juga jasad kakaknya 5 tahun Ghalib dan ibunya Rehan di semenanjung Bodrum Turki, 2 September 2015.
Eropa dalam krisis
Dalam beberapa bulan terakhir, Eropa telah menghadapi masuknya pengungsi yang belum pernah terjadi sebelumnya, terutama yang berasal dari negara konflik seperti Suriah, Irak, dan Afghanistan. Sebagian besar pengungsi mendarat di Italia atau Yunani, dan kemudian menuju negara-negara Eropa utara dengan transit melalui negara-negara di Eropa Timur dan Balkan, seperti Makedonia, Serbia, dan Hungaria.

Hampir 340.000 pencari suaka mencapai perbatasan Uni Eropa (UE) selama tujuh bulan pertama tahun ini, naik dari 123.500 pada periode yang sama pada 2014, menurut kantor perbatasan blok itu, Frontex.[]

(Mahdi-News/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: