Pesan Rahbar

Home » » Seorang Penulis Saudi Dikurung Empat Tahun Penjara

Seorang Penulis Saudi Dikurung Empat Tahun Penjara

Written By Unknown on Saturday 26 December 2015 | 15:38:00


Pengadilan Arab Saudi menjatuhi hukuman penjara selama empat tahun kepada Zuhari Katbi, seorang penulis Saudi, dikarenakan ia mengajak dilakukannya pembenahan. Selain itu ia juga dikenakan denda dan dilarang menulis lagi.

Pengadilan Arab Saudi menjatuhi hukuman penjara kepada Zuhair Katbi seorang penulis Arab Saudi dan mendendanya sebesar 100,000 Riyal. Ia juga dilarang untuk menulis selama 15 tahun.

Jamil Katbi anak Zuhair Katbi menulis di halaman Twitternya, “Pengadilan Arab Saudi menjatuhi hukuman penjara kepada ayahku selama empat tahun dikarenakan seruannya terhadap pembenahan dan ia dilarang menulis selama 15 tahun.”

Ia menambahkan, “Ia juga didenda sebesar 100,000 Riyal (setara dengan $26,67). Selain itu ia juga dilarang bepergian selama lima tahun.”

Jamil menyebut hukuman tersebut melanggar kebebasan suara dan HAM.

Sebelumnya lembaga HAM memberitakan bahwa Zuhair telah ditangkap setelah ia menyeru pembenahan politik pada bulan Ramadhan tahun ini.

Salah satu anggota keluarga Katbi menyatakan bahwa setelah diwawancarai dengan Rotana tentang pentingnya pembenahan di Arab Saudi, sistim kerajaan dan pertentangan terhadap penangkapan para aktivis agama dan politik, pada tanggal 22 Juni 2015 ia ditangkap oleh pemerintah.

Zuhair Katbi telah menulis banyak buku tentang politik dan agama, selain itu ia juga menulis berbagai artikel di media masa.

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: