Pesan Rahbar

Home » » Ta'ziyah (Menghibur Ahli Mayyit)

Ta'ziyah (Menghibur Ahli Mayyit)

Written By Unknown on Thursday 18 February 2016 | 19:25:00


Ta‘ziyah maknanya menghibur orang yang dapat musibah maut, karena salah satu atau sebagian anggota keluarganya meninggal. Ta‘ziyah bisa dilaksanakan sebelum penguburan jenazah maupun setelahnya, tetapi yang paling utama adalah setelahnya, dan Imam Ja'far Al-Shâdiq menyebutnya ta'ziyah yang wajib.

Ta'ziyah Dianjurkan Sebelum dan Sesudah Mayyit Ditanam Melakukan ta'ziyah itu dianjurkan sebelum dan sesudah jenazah dikubur, dan lebih ditekankan lagi setelah jenazah dikubur.

Dari Hisyâm bin Al-Hakam brkata, "Saya melihat Mûsâ bin Ja'far ber-ta'ziyah sebelum (mayyit) dikubur dan setelahnya."

Muhammad bin 'Ali bin Al-Husain berkata: Al-Shâdiq as telah berkata, "Ta'ziyah yang wajib itu setelah penguburan (jenazah). Dan beliau berkata, "Telah cuku bagimu dari ta'ziyah bahwa kamu dilihat oleh ahli musibah."

Dan cukup disebut ta‘ziyah jika orang yang melayat terlihat oleh orang yang mendapat musibah, dan tidak ada batasan untuk waktunya, namun jika ta'ziyah itu berdampak memperbarui kesedihan bagi si ahli mayyit, hendaknya ta'ziyah yang berlebihan itu ditinggalkan. Boleh duduk-duduk di rumah ahli musibah dalam ta‘ziyah jika untuk membaca Al-Quran atau doa, dan menurut sebagian ulama dua atau tiga hari, tetapi menurut sebagian lagi bahwa lebih dari satu hari termasuk makrûh.

Tentang makan-makan di tempat ahli musibah tidak termasuk sunnah Nabi saw, dan sunnah beliau itu mengirimkan makanan kepada ahli musibah selama tiga hari. Al-Shâdiq as berkata, "Makan-makan pada ahli musibah (untuk menambah susah) termasuk dari amal yang bukan sunnah, dan sunnahnya itu ialah mengirimkan makanan kepada mereka sebagaimana yang telah diperintahkan Nabi saw untuk keluarga Ja'far bin Abî Thâlib as tatkata datang berita wafatnya."

قَالَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ لَمَّا قُتِلَ جَعْفَرُ بْنُ أَبِي طَالِبٍ عَلَيْهِ السَّلاَمُ أَمَرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ فَاطِمَةَ عَلَيْهَا السَّلاَمُ أَنْ تَأْتِيَ أَسْمَاءَ بِنْتَ عُمَيْسٍ وَ نِسَاءَهَا وَ أَنْ تَصْنَعَ لَهُمْ طَعَاماً ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ فَجَرَتْ بِذَلِكَ السُّنَّةُ. 

Imam Ja‘far Al-Shâdiq as berkata, "Tatkala Ja‘far bin Abî Thâlib as terbunuh, Rasûlullâh saw menyuruh Fâthimah as untuk mendatangi Asmâ binti ‘Umais dan perempuan-perempuannya dan supaya dia membuatkan makanan bagi mereka selama tiga hari, maka dengan hal itu berjalanlah sunnah."

Ahli mayyit dihibur dirinya dengan mengingatkan kepada wafatnya Rasûlullâh saw, sebab wafatnya beliau merupakan musibah yang paling besar. Ta‘ziyah, selain menghibur juga meringankan beban ahli mayyit yang sedang dirundung duka agar tidak terlalu sedih.

Para tetangga atau sahabat tidak boleh membebaninya, dan bahkan para tetangga dianjurkan memberikan makanan kepada mereka sebagaimana yang di-sunnah-kan oleh Rasûlullâh saw Pahala Melakukan Ta'ziyah Mengenai pahala ta‘ziyah, maka orang yang melakukannya akan mendapatkan pahala semisal pahala orang yang mendapat musibah.

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ : مَنْ عَزَّى مُصَابًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَهُ اللهُ مِنْ أَجْرِهِ شَيْئًا, وَ مَنْ كَفَنَ مُسْلِمًا كَسَاهُ اللهُ مِنْ سُنْدُسٍ وَ إِسْتَبْرَقٍ وَ حَرِيْرٍ, وَ مَنْ حَفَرَ قَبْرًا لِمُسلِمٍ بَنَا اللهُ عَزَّ وَ جَلَّ لَهُ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ, وَ مَنْ أَنْظَرَ مُعْسِرًا أًَظَلَّهُ اللهُ فِي ظِلِّهِ يَوْمَ لاَ ظِلَّ إِلاَّ ظِلُّهُ 

Dari Jâbir bin 'Abdullâh ra berkata: Rasûlullâh saw telah berkata, "Siapa yang melakukan ta'ziyah kepada orang yang terkena musibah baginya akan mendapatkan seperti pahalanya dengan tidak Allah kurangi sedikit pun dari pahalanya (pahala orang yang mendapat musibah). Siapa yang mengkafani seorang muslim, niscaya Allah akan memberikan busana kepadanya dari sundus (sutera tipis), istabraq (sutera tebal berlungsin mas) dan harîr (sutera biasa). Siapa yang menggali sebuah kubur bagi seorang muslim, niscaya Allah akan membangunkan untuknya sebuah rumah di surga. Dan siapa yang memberi waktu bagi orang yang kesulitan (membayar), niscaya Allah akan menaunginya dalam naungan-Nya pada hari yang tidak ada naungan selain naungan-Nya."

وَ عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي بَكْرِ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ عُمَيْرَةَ بْنِ حَزْمٍ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ جَدِّهِ أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَ هُوَ يَقُوْلُ : مَنْ عَادَ مَرِيْضًا فَلاَ يَزَالُ فِي الرَّحْمَةِ حَتَّى إِذَا قَعَدَ عِنْدَهُ اسْتَنْقَعَ فِيْهَا ثُمَّ إِذَا قَامَ مِنْ عِنْدِهِ فَلاَ يَزَالُ يَخُوضُ فِيْهَا حَتَّى يَرْجِعَ مِنْ حَيْثُ خَرَجَ, وَ مَنْ عَزَّى أَخَاهُ الْمُؤْمِنَ مِنْ مُصِيْبَتِهِ كَسَاهُ اللهُ عَزَّ وَ جَلَّ مِنْ حُلَلِ الْكَرَامَةِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ 

Dari 'Abdullâh bin Abû Bakr bin Muhammad bin 'Umairah bin Hazm dari ayahnya dari kakeknya bahwa dia telah mendengar Rasûlullâh saw mengatakan, "Siapa yang menengok orang yang sakit, maka senantiasa dia di dalam rahmat hingga apabila dia duduk di sisinya dia berendam di dalam rahmat tersebut, kemudian apabila dia berdiri dari sisinya, maka senantiasa dia menyelam padanya sampai dia pulang. Dan siapa yang ber-ta‘ziyah kepada saudaranya yang beriman karena suatu musibah, niscaya Allah ‘azza wa jalla akan memakaikan busana kemuliaan kepadanya pada hari qiyâmah."

 عَنْ أَمِيْرِ الْمُؤْمِنِيْنَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ قَالَ : مَنْ عَزَّى الثَّكْلَى أَظَلَّهُ اللهُ فِي ظِلِّ عَرْشِهِ يَوْمَ لاَ ظِلَّ إِلاَّ ظِلُّهُ 

Dari Amîrul Mu`minîn as berkata, "Siapa yang ber-ta‘ziyah kepada orang yang kematian anaknya niscaya Allah akan naungi dia dalam naungan singgasana-Nya pada hari yang tidak ada nau-ngan selain naungan-Nya."

عَنْ أَبِي جَعْفَرٍ عَلَيْهِ السَّلاَمُ قَالَ : كَانَ فِيْمَا نَاجَى بِهِ مُوسَى عَلَيْهِ السَّلاَمُ رَبَّهُ قَالَ : يَا رَبِّ مَا لِمَنْ عَزَّى الثَّكْلَى؟ قَالَ : أُظِلُّهُ فِي ظِلِّي يَوْمَ لاَ ظِلَّ إِلاَّ ظِلِّي. 

Dari Abû Ja'far as berkata, "Adalah di antara munâjat yang disampaikan Mûsâ as kepada Ruhannya: Wahai Tuhanku, apa pahala bagi orang yang melakukan ta'ziyah bagi orang yang ditinggal mati oleh anaknya? Dia berfirman, Akan Ku-naungi dia dalam naungan-Ku pada hari yang tidak ada naungan selain naungan-Ku."

 عَنْ إِسْحَاقَ بْنِ عَمَّارٍ عَنِ الصَّادِقِ عَلَيْهِ السَّلاَمُ قَالَ : يَا إِسْحَاقُ لاَ تَعُدَنَّ مُصِيْبَةً أُعْطِيْتَ عَلَيْهَا الصَّبْرَ وَ اسْتَوْجَبْتَ عَلَيْهَا مِنَ اللهِ عَزَّ وَ جَلَّ الثَّوَابَ إِنَّمَا الْمُصِيْبَةُ الَّتِي تُحَرِّمُ صَاحِبَهَا أَجْرَهَا وَ ثَوَابَهَا إِذَا لَمْ يَصْبِرْ عِنْدَ نُزُولِهَا 

Dari Ishâq bin 'Ammâr dari Al-Shâdiq as telah berkata, "Wahai Ishâq, janganlah kamu anggap suatu musibah yang kamu telah diberi kesabaran atasnya itu tidak ada pahalanya, kamu mendapatkan pahala atasnya di sisi Allah ‘azza wa jalla, sesungguhnya musibah yang tidak berpahala bagi orang yang tertimpa olehnya itu adalah orang yang tidak sabar ketika turunnya." Kalimat-kalimat yang Diucapkan dalam Ta‘ziyah

آجَرَكُمُ اللهُ وَرَحِمَكُمْ 

Ãjarakumullâhu wa rahimakum.

Semoga Allah memberimu pahala dan merahmatimu.

عَنْ عَلِيٍّ عَلَيْهِ السَّلاَمُ قَالَ : كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ إِذَا عَزَّي قَالَ : آجَرَكمُ اللهُ وَرَحِمَكُمْ, وَ إِذَا هَنَّأَ قَالَ : بَارَكَ اللهُ لَكُمْ وَ بَارَكَ عَلَيْكُمْ 

Dari 'Ali as berkata, "Adalah Rasûlullâh saw apabila berta‘ziyah, dia mengucapkan: Ãjarakumullâhu wa rahimakum. (Semoga Allah memberi pahala dan rahmat kepadamu), dan apabila mengucapkan selamat (tahni`ah), dia mengucapkan, 'Semoga Allah memberikan keberkahan bagimu dan memberkahi atasmu'"

جَبَرَ اللهُ وَهْنَكُمْ, وَ أَحْسَنَ عَزَاكُمْ, وَ رَحِمَ مُتَوَفَّاكُمْ 

Jabarallâhu wahnakum, wa ahsana ‘azâkum, wa rahima mutawaffâkum.

Mudah-mudahan Allah menguatkan kelemahanmu, membaguskan kesabaranmu dan menyayangi orang yang diwafatkan darimu.

إِنَّ فِي اللهِ عَزَاءً مِنْ كُلِّ مُصِيْبَةٍ, وَ عِوَضًا مِنْ كُلِّ فَائِتٍ, وَ خَلَفًا مِنْ كُلِّ هَالِكٍ, وَ إِلَى اللهِ فَأَنِيْبُوا, وَ إِلَيهِ فَارْغَبُوا, وَ نَظْرُهُ إِلَيكُمْ فَانْظُرُوا, فَإِنَّ الْمُصَابَ مَنْ لَمْ يَجْبُرْ 

Inna fillâhi ‘azâ`an min kulli mushîbah, wa ‘iwadhan min kulli fâ`it, wa khalafan min kulli hâlik, wa ilallâhi fa`anîbû, wa ilaihi farghabû, wa nazhruhu ilaikum fanzhurû, fainnal mushâba man lam yajbur.

Sesungguhnya karena Allahlah bersabar dari setiap musibah, penggantian dari setiap yang berlalu, dan yang ditinggalkan dari setiap yang meninggal, kepada Allah hendaklah kamu mendekatkan diri, dan kepada-Nya kamu mesti berharap, pemberian tempo-Nya hendaklah kalian perhatikan, sebab sesungguhnya manusia yang ditimpa musibah tidak akan bisa mengganti. Ta'ziyah dengan kalimat istirjâ', yaitu kalimat:

إِنَّا لِلَّهِ وَ إِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ 

Innâ lillâhi wa innâ ilaihi râji‘ûn.

Sesungguhnya kami kepunyaan Allah dan sesungguhnya kami kepada-Nya kembali.

عَنْ أَبِي جَعْفَرٍ عَلَيْهِ السَّلاَمُ قَالَ : تَعْزِيَةُ الْمُسْلِمِ لِلْمُسْلِمِ الَّذِي يُعَزِّيْهِ اسْتِرْجَاعٌ عِنْدَهُ وَ تَذْكِرَةٌ لِلْمَوْتِ وَ مَا بَعْدَهُ 

Dari Abû Ja'far as berkata, "Ta‘ziyah orang Islam bagi orang Islam yang dia ber-ta‘ziyah kepadanya adalah kalimat istirja‘ (mengucapkan: Innâ lillâhi wa innâ ilaihi râji‘un ) di sisinya dan mengingatkan (ahli musibah) kepada kematian dan kepada perkara-perkara yang bakal terjadi setelahnya." Abû 'Abdillâh as mengucapkan kalimat ta'ziyah kepada seorang lelaki yang ditinggal mati oleh anaknya.

اللَّهُ خَيْرٌ لِابْنِكَ مِنْكَ وَ ثَوَابُ اللَّهِ خَيْرٌ لَكَ مِنِ ابْنِكَ 

Allâhu khairun libnika minka wa tsawâbullâhi khairun laka minibnika. Allah lebih baik bagi anakmu dari dirimu, dan pahala Allah lebih baik bagimu dari anakmu. Amîrul Mu`minîn as ber-ta'ziyah kepada sabatnya yang bernama Asy'ats bin Qais yang kehilangan anaknya:

يَا أَشْعَثُ إِنْ تَحْزَنْ عَلَى ابْنِكَ فَقَدِ اسْتَحَقَّتْ ذَلِكَ مِنْكَ الرَّحِمُ وَ إِنْ تَصْبِرْ فَفِي اللَّهِ مِنْ كُلِّ مُصِيبَةٍ خَلَفٌ يَا أَشْعَثُ إِنْ صَبَرْتَ جَرَى عَلَيْكَ الْقَدَرُ وَ أَنْتَ مَأْجُورٌ وَ إِنْ جَزِعْتَ جَرَى عَلَيْكَ الْقَدَرُ وَ أَنْتَ مَأْزُورٌ 

Wahai 'Asy'ats, jika kamu bersedih atas putramu, maka sesungguhnya rahim (keluarga) berhak pada yang demikian itu darimu, dan bila kamu bersabar, maka pada Allah dari setiap musibah ada pengganti. Wahai 'Asy'ats, jika kamu sabar, telah mengalir qadar atasmu dan engkau diberi pahala, tetapi apabila engkau berkeluh-kesah (tidak sabar), qadar telah mengalir atasmu sedang engkau berdosa.


Ta'ziyah Jabra`îl as bagi Keluarga Nabi saw

Dari Abû 'Abdillâh as mengatakan bahwa tatkala Rasûlullâh saw wafat, datanglah kepada mereka Jabra`îl as dan Nabi saw terbungkus kain kafan, dan di dalam rumah ada 'Ali, Fâthimah, Al-Hasan dan Al-Husain as, lalu Jabra`îl berkata:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ يَا أَهْلَ بَيْتِ الرَّحْمَةِ كُلُّ نَفْسٍ ذائِقَةُ الْمَوْتِ وَ إِنَّما تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيامَةِ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فازَ وَ مَا الْحَياةُ الدُّنْيا إِلَّا مَتاعُ الْغُرُورِ إِنَّ فِي اللَّهِ عَزَّ وَ جَلَّ عَزَاءً مِنْ كُلِّ مُصِيبَةٍ وَ خَلَفاً مِنْ كُلِّ هَالِكٍ وَ دَرَكاً لِمَا فَاتَ فَبِاللَّهِ فَثِقُوا وَ إِيَّاهُ فَارْجُوا فَإِنَّ الْمُصَابَ مَنْ حُرِمَ الثَّوَابَ هَذَا آخِرُ وَطْئِي مِنَ الدُّنْيَا 

Salam bagi kalian wahai ahlubaitir rahmah, setiap jiwa akan merasakan kematian, dan sesungguhnya akan disempurnakan pahala kalian pada hari qiyâmah, maka siapa yang dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh dia telah beruntung, dan kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang menipu, sesungguhnya pada Allah 'azza wa jalla ada penghibur dari setiap musibah, pengganti bagi setiap yang mati dan penemuan apa yang telah luput, maka dengan Allah hendakmua kalian yakin, dan kepada-Nya hendaknya kalian mengharap, sebab orang yang ditimpa musibah ada yang tidak mendapat pahala, dan ini akhir langkahku dari dunia. Mereka berkata, "Kami mendengar suara tetapi tidak melihat bentuk tubuh.'"

Berkumpul duduk di rumah ahli musibah dibolehkan sampai malam ketiga, untuk mendoakan orang yang baru meninggal, tetapi jangan keluar dari konteks ta‘ziyah.

(Abu-Zahra/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: