Shalat jenazah adalah shalat dalam arti doa, oleh karena itu dalam shalat jenazah tidak ada ruku‘, tidak ada sujud, tidak ada duduk dan tidak ada tasyahhud. Dan dalam shalat jenazah tidak disyaratkan suci dari hadats, baik hadats besar maupun hadats kecil, dan juga tidak disyaratkan suci dari khabats (najis), namun shalat dalam keadaan suci lebih baik.
عَنْ عَبْدِ الْحَمِيدِ بْنِ سَعْدٍ قَالَ قُلْتُ لِأَبِي الْحَسَنِ عليه السلام الْجِنَازَةُ يُخْرَجُ بِهَا وَ لَسْتُ عَلَى وُضُوءٍ فَإِنْ ذَهَبْتُ أَتَوَضَّأُ فَاتَتْنِي الصَّلَاةُ أَ يُجْزِي لِي أَنْ أُصَلِّيَ عَلَيْهَا وَ أَنَا عَلَى غَيْرِ وُضُوءٍ فَقَالَ تَكُونُ عَلَى طُهْرٍ أَحَبُّ إِلَيَّ
Dari ‘Abdul Hamîd bin Sa‘ad berkata: Saya bertanya kepada Abû Al-Hasan as, "Jenazah dikeluarkan sedang saya tidak punya wudhu, jika saya wudhu dulu shalat luput dariku, apakah boleh saya menshalatkan atasnya sedang saya tidak punya wudhu?" Beliau berkata, "Shalat (jenazah) dalam keadaan suci lebih aku sukai."
عَنْ يُونُسَ بْنِ يَعْقُوبَ قَالَ سَأَلْتُ أَبَا عَبْدِ اللَّهِ عليه السلام عَنِ الْجِنَازَةِ أُصَلِّي عَلَيْهَا عَلَى غَيْرِ وُضُوءٍ فَقَالَ نَعَمْ إِنَّمَا هُوَ تَكْبِيرٌ وَ تَسْبِيحٌ وَ تَحْمِيدٌ وَ تَهْلِيلٌ كَمَا تُكَبِّرُ وَ تُسَبِّحُ فِي بَيْتِكَ عَلَى غَيْرِ وُضُوءٍ
Dari Yûnus bin Ya'qûb berkata: Saya bertanya kepada Abû 'Abdillâh as tentang jenazah saya shalat atasnya dengan tanpa wudhu?" Beliau berkata, "Ya, ia hanyalah takbîr, tasbîh, tahmîd dan tahlîl sebagaimana kamu melakukan takbîr dan tasbîh di rumahmu tanpa wudhu."
Perempuan Haid dan Orang Junub Boleh Shalat Jenazah
عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ مُسْلِمٍ قَالَ سَأَلْتُ أَبَا عَبْدِ اللَّهِ عليه السلام عَنِ الْحَائِضِ تُصَلِّي عَلَى الْجِنَازَةِ قَالَ نَعَمْ وَ لَا تَصُفُّ مَعَهُمْ
Dari Muhammad bin Muslim berkata: Saya bertanya kepada Abû ‘Abdillâh as tentang perempuan haid shalat atas janazah?" Beliau berkata, "Ya, dan janganlah dia satu shaff bersama mereka."
عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ عليه السلام قَالَ قُلْتُ تُصَلِّي الْحَائِضُ عَلَى الْجِنَازَةِ قَالَ نَعَمْ وَ لَا تَصُفُّ مَعَهُمْ تَقُومُ مُفْرَدَةً
Dari ‘Abdurrahmân bin Abû ‘Abdillâh dari Abû ‘Abdillâh as dia berkata, "Apakah perempuan yang sedang haid shalat atas jenazah?" Beliau berkata, "Ya, dan janganlah satu baris bersama mereka, dia berdiri menyendiri."
عَنْ سَعْدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ أَبِي جَعْفَرٍ عَنْ أَبِيهِ وَ الْعَبَّاسِ بْنِ مَعْرُوفٍ جَمِيعاً عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْمُغِيرَةِ عَنْ رَجُلٍ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ عليه السلام قَالَ سَأَلْتُهُ عَنِ الْحَائِضِ تُصَلِّي عَلَى الْجِنَازَةِ فَقَالَ نَعَمْ وَ لَا تَقِفُ مَعَهُمْ وَ الْجُنُبُ يُصَلِّي عَلَى الْجِنَازَةِ
Dari Sa‘ad bin ‘Abdullâh dari Abû Ja‘far dari ayahnya dan Al-‘Abbâs bin Ma'rûf semuanya dari 'Abdullâh bin Mughîrah dari seorang lelaki dari Abû ‘Abdillâh as dia berkata: Saya bertanya kepadanmya tentang perempuan yang haid shalat atas jenazah?" Beliau berkata, "Ya, tetapi janganlah dia berdiri (satu baris) bersama mereka, dan orang yang junub juga shalat atas jenazah."
Orang yang Paling Berhak Menjadi Imam Shalat Jenazah
Orang yang paling berhak menjadi imam shalat jenazah adalah wali mayyit atau orang yang diizinkan oleh wali mayyit.
عَنِ ابْنِ أَبِي عُمَيْرٍ عَنْ بَعْضِ أَصْحَابِهِ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ عليه السلام قَالَ يُصَلِّي عَلَى الْجِنَازَةِ أَوْلَى النَّاسِ بِهَا أَوْ يَأْمُرُ مَنْ يُحِبُّ
Dari Ibnu Abî ‘Umair, dari sebagian sahabatnya, dari Abû ‘Abdillâh as berkata, "Shalat atas jenazah (sebagai imam) adalah orang yang paling dekat perwaliannya kepadanya atau dia menyuruh orang lain yang dia sukai."
عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ عليه السلام قَالَ يُصَلِّي عَلَى الْجِنَازَةِ أَوْلَى النَّاسِ بِهَا أَوْ يَأْمُرُ مَنْ يُحِبُّ
Dari Abû 'Abdillâh as berkata, "Orang yang shalat (menjadi imam) adalah orang yang paling dekat hubungannya kepadanya atau menyuruh orang yang dia suka."
عَنْ أَبِي بَصِيرٍ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ عليه السلام قَالَ سَأَلْتُهُ عَنِ الْمَرْأَةِ تَمُوتُ مَنْ أَحَقُّ أَنْ يُصَلِّيَ عَلَيْهَا قَالَ الزَّوْجُ قُلْتُ الزَّوْجُ أَحَقُّ مِنَ الْأَبِ وَ الْأَخِ وَ الْوَلَدِ قَالَ نَعَمْ
Dari Abû Bashîr, dari Abû ‘Abdillâh as dia berkata, "Saya bertanya kepada beliau tentang perempuan dia meninggal, siapa yang paling berhak shalat atasnya?" Beliau berkata, "Suaminya." Saya bertanya, "Apakah suaminya lebih berhak dari ayah, saudara dan anak?" Beliau berkata, "Ya."
عَنْ أَبِي بَصِيرٍ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ عليه السلام قَالَ قُلْتُ لَهُ الْمَرْأَةُ تَمُوتُ مَنْ أَحَقُّ بِالصَّلَاةِ عَلَيْهَا قَالَ زَوْجُهَا قُلْتُ الزَّوْجُ أَحَقُّ مِنَ الْأَبِ وَ الْوَلَدِ وَ الْأَخِ قَالَ نَعَمْ وَ يُغَسِّلُهَا
Dari Abû Bashîr, dari Abû ‘Abdillâh as dia berkata, "Saya bertanya kepada beliau tentang perempuan dia meninggal, siapa yang paling berhak dengan shalat atasnya?" Beliau berkata, "Suaminya." Saya bertanya, "Apakah suaminya lebih berhak dari ayah, saudara dan anak?" Beliau berkata, "Ya, dan (juga lebih berhak dalam) memandikannya."
عَنْ إِسْحَاقَ بْنِ عَمَّارٍ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ عليه السلام قَالَ الزَّوْجُ أَحَقُّ بِامْرَأَتِهِ حَتَّى يَضَعَهَا فِي قَبْرِهَا.
Dari Ishâq bin ‘Ammâr, dari Abû ‘Abdillâh as berkata, "Suami lebih berhak kepada istrinya (dalam pengurusan jenazah) sehingga dia meletakkannya di dalam kuburnya." Jika Perempuan Menjadi Imam Shalat Jenazah Perempuan yang menjadi imam shalat jenazah satu baris dengan ma`mûmah- nya, tidah lebih ke depan dari mereka.
عَنِ الْحَسَنِ الصَّيْقَلِ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ عليه السلام قَالَ سُئِلَ كَيْفَ تُصَلِّي النِّسَاءُ عَلَى الْجِنَازَةِ إِذَا لَمْ يَكُنْ مَعَهُنَّ رَجُلٌ قَالَ يَصْفُفْنَ جَمِيعاً وَ لَا تَتَقَدَّمُهُنَّ امْرَأَةٌ
Dari Al-Hasan Al-Shaiqal, dari Abû ‘Abdillâh as dia berkata, "Beliau telah ditanya, bagaimana kaum perempuan shalat atas jenazah apabila bersama mereka tidak ada seorang lelaki?" Beliau berkata, "Mereka berdiri semuanya dalam shaff dan tidak ada seorang perempuan yang lebih depan dari mereka."
عَنْ جَابِرٍ عَنْ أَبِي جَعْفَرٍ عليه السلام قَالَ إِذَا لَمْ يَحْضُرِ الرَّجُلُ تَقَدَّمَتِ امْرَأَةٌ وَسَطَهُنَّ وَ قَامَ النِّسَاءُ عَنْ يَمِينِهَا وَ شِمَالِهَا وَ هِيَ وَسَطَهُنَّ تُكَبِّرُ حَتَّى تَفْرُغَ مِنَ الصَّلَاةِ
Dari Jâbir, dari Abû Ja‘far as berkata, "Apabila tidak ada lelaki yang hadir, seorang perempuan tampil menjadi imamnya, dia berdiri di tengah-tengah mereka, kaum perempuan berdiri di kanannya dan di kirinya, sedang dia berdiri di tengah-tengahnya, dia takbîr sehingga selesai dari shalat."
Jenazah muslim atau muslimah wajib dishalatkan sehingga anak-anak yang dalam usianya telah mencapai enam tahun, dan tidak wajib jika usianya kurang dari itu, dan tidak boleh menshalatkan jenazah orang kâfir (non muslim). Hukum Shalat Jenazah Hukum mendirikan shalat jenazah adalah wajib yang bersifat kifâyah, yaitu kewajiban yang telah memadai jika telah ada orang yang menshalatkannya, dan jika dua orang yang shalat atas mayyit, maka ma`mûm berdiri di belakang imam, tidak di sebelah kanan.
عَنِ الْيَسَعِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ الْقُمِّيِّ قَالَ سَأَلْتُ أَبَا عَبْدِ اللَّهِ عليه السلام عَنِ الرَّجُلِ يُصَلِّي عَلَى جِنَازَةٍ وَحْدَهُ قَالَ نَعَمْ قُلْتُ فَاثْنَانِ يُصَلِّيَانِ عَلَيْهَا قَالَ نَعَمْ وَ لَكِنْ يَقُومُ الْآخَرُ خَلْفَ الْآخَرِ وَ لَا يَقُومُ بِجَنْبِهِ
Dari Ilyasa‘ bin ‘Abdullâh Al-Qummi berkata: Saya bertanya kepada Abû ‘Abdillâh as tentang orang dia shalat atas jenazah sendirian?" Beliau berkata, "Ya." Saya bertanya, "Bila dua orang yang shalat atasnya?" Beliau berkata, "Ya, tetapi yang lain berdiri di belakang yang lain, dan dia tidak berdiri di sampingnya." Shaff yang Terbaik adalah yang Terakhir
عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ عليه السلام قَالَ قَالَ النَّبِيُّ ص خَيْرُ الصُّفُوفِ فِي الصَّلَاةِ الْمُقَدَّمُ وَ خَيْرُ الصُّفُوفِ فِي الْجَنَائِزِ الْمُؤَخَّرُ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَ لِمَ قَالَ صَارَ سُتْرَةً لِلنِّسَاءِ
Dari Abû ‘Abdillâh as berkata: Nabi saw telah berkata, "Sebaik-baik shaff dalam shalat (farîdhah) adalah shaff yang terdepan, dan sebaik-baik shaff dalam (shalat) jenazah adalah yang terakhir." Beliau ditanya, "Wahai Rasûlullâh, mengapakah demikian?" Beliau berkata, "Dia menjadi sutrah (batasan shaff shalat) bagi perempuan."
Shalat Jenazah di Masjid Hukumnya Makrûh
عَنِ الْفَضْلِ بْنِ عَبْدِ الْمَلِكِ قَالَ سَأَلْتُ أَبَا عَبْدِ اللَّهِ عليه السلام هَلْ يُصَلَّى عَلَى الْمَيِّتِ فِي الْمَسْجِدِ قَالَ نَعَمْ
Dari Al-Fadhl bin ‘Abdul Malik berkata: Saya bertanya kepada Abû ‘Abdillâh as, "Apakah boleh dilaksanakan shalat atas mayyit di masjid?" Beliau berkata, "Ya."
عَنْ أَبِي بَكْرِ بْنِ عِيسَى بْنِ أَحْمَدَ الْعَلَوِيِّ قَالَ كُنَّا فِي الْمَسْجِدِ وَ قَدْ جِيءَ بِجِنَازَةٍ فَأَرَدْتُ أَنْ أُصَلِّيَ عَلَيْهَا فَجَاءَ أَبُو الْحَسَنِ الْأَوَّلُ عليه السلام فَوَضَعَ مِرْفَقَهُ فِي صَدْرِي فَجَعَلَ يَدْفَعُنِي حَتَّى أَخْرَجَنِي مِنَ الْمَسْجِدِ ثُمَّ قَالَ يَا أَبَا بَكْرٍ إِنَّ الْجَنَائِزَ لَا يُصَلَّى عَلَيْهَا فِي الْمَسْجِدِ
Dari Abû Bakr bin ‘Îsâ bin Ahmad Al-‘Alawi berkata: Kami sedang di dalam masjid dan sungguh telah didatangkan satu jenazah, lalu saya hendak shalat atasnya, maka datanglah Abû Al-Hasan yang pertama as, kemudian beliau meletakkan sikutnya ke dadaku, lantas mendorongku sehingga saya keluar dari masjid, kemudian beliau berkata, "Wahai Abû Bakr, sesungguhnya jenazah-jenazah itu tidak di shalatkan di dalam masjid."
Boleh Shalat Jenazah pada Waktu Shalat Fardhu
عَنْ هَارُونَ بْنِ حَمْزَةَ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ عليه السلام قَالَ إِذَا دَخَلَ وَقْتُ صَلَاةٍ مَكْتُوبَةٍ فَابْدَأْ بِهَا قَبْلَ الصَّلَاةِ عَلَى الْمَيِّتِ إِلَّا أَنْ يَكُونَ الْمَيِّتُ مَبْطُوناً أَوْ نُفَسَاءَ أَوْ نَحْوَ ذَلِكَ
Dari Hârûn bin Hamzah, dari Abû ‘Abdillâh as berkata, "Apabila waktu shalat maktûbah telah masuk, maka mulailah dengannya sebelum shalat atas mayyit jika mayyit sakit perutnya atau mati melahirkan (karena dikhawatirkan mengeluarkan darah) atau yang sepertinya."
عَنْ جَابِرٍ قَالَ قُلْتُ لِأَبِي جَعْفَرٍ عليه السلام إِذَا حَضَرْتُ الصَّلَاةَ عَلَى الْجِنَازَةِ فِي وَقْتِ مَكْتُوبَةٍ فَبِأَيِّهِمَا أَبْدَأُ فَقَالَ عَجِّلِ الْمَيِّتَ إِلَى قَبْرِهِ إِلَّا أَنْ تَخَافَ أَنْ يَفُوتَ وَقْتُ الْفَرِيضَةِ وَ لَا تَنْتَظِرْ بِالصَّلَاةِ عَلَى الْجِنَازَةِ طُلُوعَ الشَّمْسِ وَ لَا غُرُوبَهَا
Dari Jâbir berkata, "Saya berkata kepada Abû Ja'far as: Apabila saya menghadiri shalat jenazah pada waktu shalat maktûbah, maka dengan yang manakah saya memulai?" Maka beliau berkata, "Segerakanlah mayyit ke kuburnya, kecuali kamu takut luput waktu shalat farîdhah, dan janganlah kamu menunggu terbit matahari dengan shalat jenazah, dan janganlah pula menunggu terbenamnya"
عَنْ عَلِيِّ بْنِ جَعْفَرٍ عَنْ أَخِيهِ مُوسَى بْنِ جَعْفَرٍ عليه السلام قَالَ سَأَلْتُهُ عَنْ صَلَاةِ الْجَنَائِزِ إِذَا احْمَرَّتِ الشَّمْسُ أَ تَصْلُحُ أَوْ لَا قَالَ لَا صَلَاةَ فِي وَقْتِ صَلَاةٍ وَ قَالَ إِذَا وَجَبَتِ الشَّمْسُ فَصَلِّ الْمَغْرِبَ ثُمَّ صَلِّ عَلَى الْجَنَائِزِ
Dari 'Ali bin Ja'far, dari saudaranya Mûsâ bin Ja'far as dia berkata, "Saya telah bertanya kepadanya tentang shalat jenazah jika matahari telah memerah apakah boleh atau tidak?" Beliau berkata, "Tidak ada shalat (jenazah) dalam waktu shalat (fardhu)." Dan beliau berkata, "Apabila matahari telah terbenam, maka kamu shalat maghrib, kemudian kamu shalat jenazah."
Syarat-syarat Shalat Jenazah
1. Niat di dalam hati.
2. Menentukan jenazah (mayyit) yang akan dishalatkan, yaitu jenazahnya ada di hadapan (tidak ghaib).
3. Shalat jenazah dilaksanakan dengan berdiri.
4. Menghadap ke arah kiblat.
5. Jenazah diletakkan di hadapan dengan telentang di atas punggungnya sedang kepalanya berada di sebelah kanan orang yang menshalatkannya.
6. Tidak ada penghalang antara orang yang menshalat-kan dan mayyit, selain barisan orang yang shalat jenazah.
7. Orang yang menshalatkan tidak terlalu jauh dari mayyit.
8. Salah satunya, jenazah atau orang yang menshalatkannya tidak lebih tinggi dari yang lainnya.
9. Shalat jenazah dilaksanakan setelah jenazah dimandikan, dikafani dan di-tahnith (diolesi anggota sujudnya dengan kapur barus).
Tata-cara Shalat atas Jenazah
Shalat janazah lima kali takbîr-nya sesuai dengan jum-lah rukun Islam (shalat, shaum, zakat, haji dan wilâyah ).
Tetapi orang yang tidak menerima wilâyah Ahlulbait, dalam takbîrnya biasanya empat kali. Tempat Berdiri Imam atau Munfarid dalam Shalat Jenazah Imam shalat atau munfarid berdiri tepat di tengah-tengah jenazah lelaki atau di dadanya, dan tepat di dada jenazah perempuan atau bertepatan dengan kepalanya.
عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ عليه السلام قَالَ قَالَ أَمِيرُ الْمُؤْمِنِينَ عليه السلام مَنْ صَلَّى عَلَى امْرَأَةٍ فَلَا يَقُومُ فِي وَسَطِهَا وَ يَكُونُ مِمَّا يَلِي صَدْرَهَا وَ إِذَا صَلَّى عَلَى الرَّجُلِ فَلْيَقُمْ فِي وَسَطِهِ.
Dari Abû 'Abdillâh as berkata: Amîrul Mu`minîn as telah berkata, "Siapa yang shalat atas perempuan, maka janganlah dia berdiri di tengah-tengahnya, dan dia berdiri dekat dadanya, dan apabila dia shalat atas lelaki, maka hendaklah dia berdiri di tengah-tengahnya."
عَنْ مُوسَى بْنِ بَكْرٍ عَنْ أَبِي الْحَسَنِ عليه السلام قَالَ إِذَا صَلَّيْتَ عَلَى الْمَرْأَةِ فَقُمْ عِنْدَ رَأْسِهَا وَ إِذَا صَلَّيْتَ عَلَى الرَّجُلِ فَقُمْ عِنْدَ صَدْرِهِ
Dari Mûsâ bin Bakr, dari Abû Al-Hasan as berkata, "Jika kamu shalat atas perempuan, maka berdirilah dekat kepalanya, dan jika kamu shalat atas lelaki, maka berdirilah dekat dadanya."
Satu Kali Shalat Jenazah Memadai untuk Beberapa Jenazah
عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ أَحَدِهِمَا عليه السلام قَالَ سَأَلْتُهُ عَنِ الرِّجَالِ وَ النِّسَاءِ كَيْفَ يُصَلَّى عَلَيْهِمْ قَالَ الرِّجَالُ أَمَامَ النِّسَاءِ مِمَّا يَلِي الْإِمَامَ يُصَفُّ بَعْضُهُمْ عَلَى أَثَرِ بَعْضٍ
Dari Muhammad bin Muslim, dari salat seorang dari mereka berdua (Abû Ja'far atau Abû 'Abdillâh as) dia berkata, "Saya bertanya kepada beliau tentang laki-laki dan perempuan, bagaimanakah cara mereka dishalatkan?" Beliau berkata, "Laki-laki di hadapan perempuan dari tempat yang dekat kepada imam, dibariskan sebagian mereka di belakang sebagian yang lain."
عَنْ عَمَّارٍ السَّابَاطِيِّ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ عليه السلام فِي الرَّجُلِ يُصَلِّي عَلَى مَيِّتَيْنِ أَوْ ثَلَاثَةِ مَوْتَى كَيْفَ يُصَلِّي عَلَيْهِمْ قَالَ إِنْ كَانَ ثَلَاثَةً أَوِ اثْنَيْنِ أَوْ عَشَرَةً أَوْ أَكْثَرَ مِنْ ذَلِكَ فَلْيُصَلِّ عَلَيْهِمْ صَلَاةً وَاحِدَةً يُكَبِّرُ عَلَيْهِمْ خَمْسَ تَكْبِيرَاتٍ كَمَا يُصَلِّي عَلَى مَيِّتٍ وَاحِدٍ وَ قَدْ صَلَّى عَلَيْهِمْ جَمِيعاً يَضَعُ مَيِّتاً وَاحِداً ثُمَّ يَجْعَلُ الْآخَرَ إِلَى أَلْيَةِ الْأَوَّلِ ثُمَّ يَجْعَلُ رَأْسَ الثَّالِثِ إِلَى أَلْيَةِ الثَّانِي شِبْهَ الْمُدَرَّجِ حَتَّى يَفْرُغَ مِنْهُمْ كُلِّهِمْ مَا كَانُوا فَإِذَا سَوَّاهُمْ هَكَذَا قَامَ فِي الْوَسَطِ فَكَبَّرَ خَمْسَ تَكْبِيرَاتٍ يَفْعَلُ كَمَا يَفْعَلُ إِذَا صَلَّى عَلَى مَيِّتٍ وَاحِدٍ سُئِلَ فَإِنْ كَانَ الْمَوْتَى رِجَالًا وَ نِسَاءً قَالَ يَبْدَأُ بِالرِّجَالِ فَيَجْعَلُ رَأْسَ الثَّانِي إِلَى أَلْيَةِ الْأَوَّلِ حَتَّى يَفْرُغَ مِنَ الرِّجَالِ كُلِّهِمْ ثُمَّ يَجْعَلُ رَأْسَ الْمَرْأَةِ إِلَى أَلْيَةِ الرَّجُلِ الْأَخِيرِ ثُمَّ يَجْعَلُ رَأْسَ الْمَرْأَةِ الْأُخْرَى إِلَى أَلْيَةِ الْمَرْأَةِ الْأُولَى حَتَّى يَفْرُغَ مِنْهُمْ كُلِّهِمْ فَإِذَا سَوَّى هَكَذَا قَامَ فِي الْوَسَطِ وَسَطَ الرِّجَالِ فَكَبَّرَ وَ صَلَّى عَلَيْهِمْ كَمَا يُصَلِّي عَلَى مَيِّتٍ وَاحِدٍ الْحَدِيثَ.
Dari 'Ammâr Al-Sâbâthi, dari Abû 'Abdillâh as mengenai orang yang menshalatkan dua mayyit atau tiga mayyit, bagaimana cara menshalatkan mereka?" Beliau berkata, "Jika dua, tiga, sepuluh atau lebih bayak dari itu, maka hendaklah dia shalat satu kali, dia takbîr atas mereka lima kali takbîr sebagaimana dia shalat atas satu mayyit, maka sesungguhnya dia telah menshalatkan mereka semuanya, dia letakkan satu mayyit, kemudian dia letakkan yang lainnya dekat bokong yang pertama, kemudian dia letakkan kepala yang ketiga dekat bokong yang kedua seperti tempat naik (tangga) sehingga selesai dia letakkan semuanya, bila telah sempurna seperti itu, dia berdiri di tengah-tengah, lalu dia takbîr lima kali seperti shalat atas satu mayyit." Beliau ditanya, "Bagaimana jika yang meninggal itu beberapa lelaki dan beberapa perempuan?" Beliau berkata, "Dia mulai dengan (menyusun jenazah) laki-laki, lalu dia dekatkan kepada yang kedua ke bokong yang pertama sehingga selesai laki-laki semuanya, kemudian dia jadikan kepala perempuan ke dekat bokong laki-laki yang terakhir, kemudian dia jadikan kepala perempuan yang lain ke dekat bokong perempuan yang pertama, sehingga selesai disusun seperti itu, maka bila telah sempurna seperti itu, dia berdiri di tengah-tengah yaitu di tengah-tengah lelaki, lalu dia takbîr dan shalat atas mereka sebagaimana shalat atas satu mayyit, …."
Shalat Jenazah Boleh Jama'ah atau Sendiri-sendiri
عَنْ مُوسَى بْنِ يَحْيَى بْنِ خَالِدٍ أَنَّ أَبَا إِبْرَاهِيمَ عليه السلام قَالَ لِيَحْيَى يَا بَا عَلِيٍّ أَنَا مَيِّتٌ وَ إِنَّمَا بَقِيَ مِنْ أَجَلِي أُسْبُوعٌ فَاكْتُمْ مَوْتِي وَ ائْتِنِي يَوْمَ الْجُمُعَةِ عِنْدَ الزَّوَالِ وَ صَلِّ عَلَيَّ أَنْتَ وَ أَوْلِيَائِي فُرَادَى الْحَدِيثَ
Dari Mûsâ bin Yahyâ bin Khâlid bahwa Abû Ibrâhîm as telah berkata kepada Yahyâ, "Wahai Abû 'Ali, saya akan mati, usiaku tinggal sepekan lagi, maka rahasiakan kematianku, datanglah kepadaku pada hari Jumat ketika zawâl, dan shalatlah atasku dan para pengikutku sendiri-sendiri,…"
Shalat Jenazah Lima Kali Takbîr Setiap kali takbîr ada doa yang kita baca, kecuali setelah takbîr yang kelima tidak ada doa, maka dengan takbîr yang kelima selesailah shalat jenazah itu. Dan setiap kali takbîr dianjurkan mengangkat kedua tangan.
عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْعَرْزَمِيِّ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ عَلَيْهِ السَّلاَمُ قَالَ صَلَّيْتُ خَلْفَ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ عَلَيْهِ السَّلاَمُ عَلَى جِنَازَةٍ فَكَبَّرَ خَمْساً يَرْفَعُ يَدَهُ فِي كُلِّ تَكْبِيرَةٍ
Dari 'Abdurrahmân bin Al-'Arzami, dari Abû 'Abdillâh as dia berkata, "Saya shalat jenazah di belakang Abû 'Abdillâh as, lalu beliau bertakbîr lima kali, beliau mengangkat tangannya pada setiap kali beliau takbîr."
عَنْ يُونُسَ قَالَ سَأَلْتُ الرِّضَا عليه السلام قُلْتُ جُعِلْتُ فِدَاكَ إِنَّ النَّاسَ يَرْفَعُونَ أَيْدِيَهُمْ فِي التَّكْبِيرِ عَلَى الْمَيِّتِ فِي التَّكْبِيرَةِ الْأُولَى وَ لَا يَرْفَعُونَ فِيمَا بَعْدَ ذَلِكَ فَأَقْتَصِرُ عَلَى التَّكْبِيرَةِ الْأُولَى كَمَا يَفْعَلُونَ أَوْ أَرْفَعُ يَدَيَّ فِي كُلِّ تَكْبِيرَةٍ فَقَالَ ارْفَعْ يَدَكَ فِي كُلِّ تَكْبِيرَةٍ
Dari Yûnus berkata, "Saya bertanya kepada Al-Ridhâ, kujadikan (diriku) sebagai tebusanmu, sesungguhnya orang-orang pada mengangkat tangan-tangan mereka dalam takbîr atas mayyit di takbîr yang pertama, dan mereka tidak mengangkatnya setelahnya, apakah saya cukupkan atas takbîr yang pertama sebagaimana mereka lakukan ataukah saya mengangkat kedua tangan saya pada setiap kali takbîr?" Maka beliau berkata, "Angkatlah tanganmu pada setiap kali takbîr."
Doa-doa dalam Shalat Jenazah
عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ مُهَاجِرٍ عَنْ أُمِّهِ أُمِّ سَلَمَةَ قَالَتْ سَمِعْتُ أَبَا عَبْدِ اللَّهِ عليه السلام يَقُولُ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلّى الله عليه وآله إِذَا صَلَّى عَلَى مَيِّتٍ كَبَّرَ وَ تَشَهَّدَ ثُمَّ كَبَّرَ وَ صَلَّى عَلَى الْأَنْبِيَاءِ وَ دَعَا ثُمَّ كَبَّرَ وَ دَعَا لِلْمُؤْمِنِينَ ثُمَّ كَبَّرَ الرَّابِعَةَ وَ دَعَا لِلْمَيِّتِ ثُمَّ كَبَّرَ الْخَامِسَةَ وَ انْصَرَفَ فَلَمَّا نَهَاهُ اللَّهُ عَزَّ وَ جَلَّ عَنِ الصَّلَاةِ عَلَى الْمُنَافِقِينَ كَبَّرَ وَ تَشَهَّدَ ثُمَّ كَبَّرَ وَ صَلَّى عَلَى النَّبِيِّينَ ثُمَّ كَبَّرَ وَ دَعَا لِلْمُؤْمِنِينَ ثُمَّ كَبَّرَ الرَّابِعَةَ وَ انْصَرَفَ وَ لَمْ يَدْعُ لِلْمَيِّتِ
Dari Muhammad bin Muhâjir dari ibunya Ummu Salamah berkata: Saya telah mendengar Abû 'Abdillâh as berkata, "Adalah Rasûlullâh saw apabila shalat atas mayyit, beliau takbîr dan membaca syahâdah, kemudian takbîr dan membaca shalawât bagi para nabi dan berdoa, kemudian takbîr dan berdoa bagi kaum yang beriman, kemudian takbîr yang keempat dan berdoa bagi mayyit, kemudian takbîr dan berpaling (selesai). Maka tatkala Allah 'azza wa jalla melarangnya shalat atas kaum munâfiqîn, beliau takbîr dan tasyahhud, kemudian beliau takbîr dan membaca shalawât bagi para nabi, kemudian takbîr dan berdoa bagi kaum yang beriman, kemudian beliau takbîr yang keempat dan berpaling dan beliau tidak berdoa untuk mayyit (yang munâfiq)."
عَنْ زُرَارَةَ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ عليه السلام فِي الصَّلَاةِ عَلَى الْمَيِّتِ قَالَ تُكَبِّرُ ثُمَّ تُصَلِّي عَلَى النَّبِيِّ صلّى الله عليه وآله ثُمَّ تَقُولُ اللَّهُمَّ عَبْدُكَ ابْنُ عَبْدِكَ ابْنُ أَمَتِكَ لاَ أَعْلَمُ مِنْهُ إِلاَّ خَيْراً وَ أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنَّا اللَّهُمَّ إِنْ كَانَ مُحْسِناً فَزِدْ فِي حَسَنَاتِهِ وَ تَقَبَّلْ مِنْهُ وَ إِنْ كَانَ مُسِيئاً فَاغْفِرْ لَهُ ذَنْبَهُ وَ افْسَحْ لَهُ فِي قَبْرِهِ وَ اجْعَلْهُ مِنْ رُفَقَاءِ مُحَمَّدٍ ص ثُمَّ تُكَبِّرُ الثَّانِيَةَ وَ تَقُولُ اللَّهُمَّ إِنْ كَانَ زَاكِياً فَزَكِّهِ وَ إِنْ كَانَ خَاطِئاً فَاغْفِرْ لَهُ ثُمَّ تُكَبِّرُ الثَّالِثَةَ وَ تَقُولُ اللَّهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا أَجْرَهُ وَ لاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهُ ثُمَّ تُكَبِّرُ الرَّابِعَةَ وَ تَقُولُ اللَّهُمَّ اكْتُبْهُ عِنْدَكَ فِي عِلِّيِّينَ وَ اخْلُفْ عَلَى عَقِبِهِ فِي الْغَابِرِينَ وَ اجْعَلْهُ مِنْ رُفَقَاءِ مُحَمَّدٍ ص ثُمَّ كَبِّرِ الْخَامِسَةَ وَ انْصَرِفْ
Dari Zurârah dari Abû 'Abdillâh as tentang shalat atas mayyit beliau berkata, "Kamu takbîr kemudian kamu baca shalawât bagi Nabi saw, kemudian kamu ucapkan: Ya Allah, (ini) hamba-Mu anak hamba-Mu yang laki-laki anak hamba-Mu yang perempuan, aku tidak tahu darinya selain kebaikan dan Engkau lebih mengetahui kepadanya dari kami. Ya Allah, jika dia baik maka tambahkanlah kepadanya kebaikan-kebaikannya, dan terimalah darinya, dan apabila berbuat keburukan, maka ampunilah baginya dosanya, dan luaskanlah baginya di dalam kuburnya, dan jadikanlah dia dari sahabat Muhammad saw. Kemudian kamu takbîr yang kedua dan kamu ucapkan: Ya Allah, jika dia tidak berdosa, maka sucikanlah dia, dan jika dia berdoa, maka ampunilah dia. Kemudian kamu takbîr yang ketiga dan kamu ucapkan: Ya Allah, janganlah Engkau halangi kami dari pahalanya, dan janganlah Engkau jadikan kami mendapat fitnah setelahnya. Kemudian kamu takbîr yang keempat dan kamu ucapkan: Ya Allah, catatlah dia di sisi-Mu di dalam 'Illiyyîn (surga) dan jadikanlah keturunan yang ditinggalkannya sebagai orang yang baik, dan jadikanlah dia di antara sahabat Muhammad saw. Kemudian kamu takbîr yang kelima dan berpalinglah (selesai)."
عَنِ الْحَلَبِيِّ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ عليه السلام قَالَ تُكَبِّرُ ثُمَّ تَشَهَّدُ ثُمَّ تَقُولُ إِنَّا لِلَّهِ وَ إِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ رَبِّ الْمَوْتِ وَ الْحَيَاةِ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ أَهْلِ بَيْتِهِ جَزَى اللَّهُ عَنَّا مُحَمَّداً خَيْرَ الْجَزَاءِ بِمَا صَنَعَ بِأُمَّتِهِ وَ بِمَا بَلَّغَ مِنْ رِسَالَاتِ رَبِّهِ ثُمَّ تَقُولُ اللَّهُمَّ عَبْدُكَ ابْنُ عَبْدِكَ ابْنُ أَمَتِكَ نَاصِيَتُهُ بِيَدِكَ خَلَا مِنَ الدُّنْيَا وَ احْتَاجَ إِلَى رَحْمَتِكَ وَ أَنْتَ غَنِيٌّ عَنْ عَذَابِهِ اللَّهُمَّ إِنَّا لَا نَعْلَمُ مِنْهُ إِلَّا خَيْراً وَ أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ اللَّهُمَّ إِنْ كَانَ مُحْسِناً فَزِدْ فِي إِحْسَانِهِ وَ تَقَبَّلْ مِنْهُ وَ إِنْ كَانَ مُسِيئاً فَاغْفِرْ لَهُ ذَنْبَهُ وَ ارْحَمْهُ وَ تَجَاوَزْ عَنْهُ بِرَحْمَتِكَ اللَّهُمَّ أَلْحِقْهُ بِنَبِيِّكَ وَ ثَبِّتْهُ بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَ فِي الْآخِرَةِ اللَّهُمَّ اسْلُكْ بِنَا وَ بِهِ سَبِيلَ الْهُدَى وَ اهْدِنَا وَ إِيَّاهُ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيمَ اللَّهُمَّ عَفْوَكَ عَفْوَكَ ثُمَّ تُكَبِّرُ الثَّانِيَةَ وَ تَقُولُ مِثْلَ مَا قُلْتَ حَتَّى تَفْرُغَ مِنْ خَمْسِ تَكْبِيرَاتٍ
Dari Al-Halabi dari Abû 'Abdillâh as berkata, "Kamu takbîr kemudian kamu tasyahhud, kemudian kamu ucapkan: Sesungguhnya kami kepunyaan Allah dan sesungguhnya kami kembali kepada-Nya, segala puji bagi Allah pemilik alam semesta, pemilik mati dan hidup, curahkanlah shalawât kepada Muhammad dan Ahlulbaitnya, Allah membalas Muhammad dari kami dengan sebaik-baik balasan karena dia telah berbuat baik kepada ummatnya dan telah menyampaikan risalah-risalah Tuhannya. Kemudian kamu katakan: Ya Allah, ini adalah hamba-Mu anak hamba-Mu yang lelaki anak hamba-Mu yang perempuan ubun-ubunnya pada tangan-Mu, dia telah meninggalkan dunia dan dia butuh kepada kasih-Mu, dan Engkau maha kaya dari menyiksanya. Ya Allah, sesungguhnya kami tidak tahu (keadaan) darinya selain kebaikan dan Engkau lebih tahu tentangnya. Ya Allah, jika dia telah berbuat kebaikan, maka tambahkanlah kepada kebaikannya dan terimalah darinya, dan apabila dia telah melakukan keburukan, maka ampunilah baginya dosanya dan rahmatilah dia, maafkanlah dia dengan kasih-Mu. Ya Allah, pertemukanlah dia dengan Nabi-Mu, dan teguhkanlah dia dengan ucapan yang teguh di dalam kehidupan dunia dan di akhirat. Ya Allah, tempuhkanlah kami dan dia ke jalah petunjuk dan tunjukilah kami dan dia ke jalan yang lurus (di akhirat). Ya Allah, maaf-Mu maaf-Mu. Kemudian kamu takbîr yang kedua dan kamu ucapkan seperti yang telah kamu ucapkan sehingga kamu selesai dari lima takbîr."
عَنِ الْحَسَنِ بْنِ مَحْبُوبٍ عَنْ أَبِي وَلَّادٍ قَالَ سَأَلْتُ أَبَا عَبْدِ اللَّهِ ع عَنِ التَّكْبِيرِ عَلَى الْمَيِّتِ فَقَالَ خَمْسٌ تَقُولُ (فِي أَوَّلِهِنَّ) أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ آلِ مُحَمَّدٍ ثُمَّ تَقُولُ اللَّهُمَّ إِنَّ هَذَا الْمُسَجَّى قُدَّامَنَا عَبْدُكَ وَ ابْنُ عَبْدِكَ وَ قَدْ قَبَضْتَ رُوحَهُ إِلَيْكَ وَ قَدِ احْتَاجَ إِلَى رَحْمَتِكَ وَ أَنْتَ غَنِيٌّ عَنْ عَذَابِهِ اللَّهُمَّ إِنَّا لَا نَعْلَمُ مِنْ ظَاهِرِهِ إِلَّا خَيْراً وَ أَنْتَ أَعْلَمُ بِسَرِيرَتِهِ اللَّهُمَّ إِنْ كَانَ مُحْسِناً فَضَاعِفْ حَسَنَاتِهِ وَ إِنْ كَانَ مُسِيئاً فَتَجَاوَزْ عَنْ سَيِّئَاتِهِ ثُمَّ تُكَبِّرُ الثَّانِيَةَ وَ تَفْعَلُ ذَلِكَ فِي كُلِّ تَكْبِيرَةٍ
Dari Al-Hasan bin Mahbûb, dari Abû Wallâd berkata: Saya telah bertanya kepada Abû 'Abdillâh as tentang takbîr atas mayyit (dalam shalat jenazah), maka beliau berkata, "Lima, kamu ucapkan pada awalnya (setelah takbîr yang pertama): Saya bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah sendiri tidak ada sekutu bagi-Nya. Ya Allah, curahkan shalawât kepada Muhammad dan keluarga Muhammad. Kemudian kamu ucapkan: Ya Allah, sesungguhnya orang yang terbungkus kain kafan ini adalah hamba-Mu anak hamba-Mu yang laki-laki, Engkau telah memegang ruhnya kepada-Mu sedang dia membutuhkan kasih-Mu dan Engkau maha kaya untuk menyiksanya. Ya Allah, sesungguhnya kami tidak mengetahui dari lahirnya selain kebaikan dan Engkau lebih tahu batinnya. Ya Allah, jika dia telah berbuat kebaikan, maka lipatkanlah kebaikan-kebaikannya, dan apabila dia telah melakukan keburukan, maka ampunilah kesalahan-kesalahannya. Kemudian kamu takbîr yang kedua, dan kamu lakukan yang demikian itu pada setiap kali takbîr (selain takbîr yang kelima)."
Shalat Jenazah dengan Doa yang Singkat
1. Setelah takbîr pertama baca syahâdatain:
أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ, وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ
Asyhadu anlâ ilâha illallâh, wa asyhadu anna muhammadan rasûlullâh.
Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah, dan aku bersaksi bahwa Muhammad utusan Allah.
2. Setelah takbîr kedua baca shalawât:
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ
Allâhumma shalli ‘alâ muhammadin wa ãli muhammad.
Ya Allah, curahkanlah shalawât kepada Muhammad dan keluarga Muhammad.
3. Setelah takbîr ketiga, baca istighfâr untuk orang-orang yang beriman:
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ
Allâhummaghfir lilmu`minîna wal mu`minât.
Ya Allah, ampunilah orang-orang yang beriman laki-laki dan perempuan.
4. Setelah takbîr keempat, baca istighfâr untuk mayyit:
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِهَذَا الْمَيِّتِ
Allâhummaghfir lihâdzal mayyit.
Ya Allah, ampunilah mayyit ini.
5. Setelah takbîr kelima, selesailah dan tidak ada bacaan apa-apa.
Shalat Jenazah dengan Doa yang agak Panjang
1. Setelah takbîr pertama, baca syahâdatain:
أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، إِلَهًا وَاحِدًا أَحَدًا صَمَدًا فَرْدًا حَيًّا قَيُّومًا دَائِمًا أَبَدًا، لَمْ يَتَّخِذْ صَاحِبَةً وَلاَ وَلَدًا، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ, أَرْسَلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُوْنَ
Asyhadu an lâ ilâha illallâh wahdahu lâ syarîka lah, ilâhan wâhidan ahadan shamadan fardan hayyan qayyûman dâ`iman abadâ, lam yattakhidz shâhibatan walâ waladâ, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasûluh, arsalahu bil hudâ wa dînil haqqi liyuzhhirahu ‘alâd dîni kullihi walau karihal musyrikûn.
Aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah Dia sendiri tiada sekutu bagi-Nya, sebagai Tuhan yang satu, yang esa, bergantung kepada-Nya seluruh makhluk, yang menyendiri, yang hidup, yang mandiri, yang kekal abadi, yang tidak punya istri dan anak, dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu hamba-Nya dan rasul-Nya, Dia telah mengutusnya dengan petunjuk dan ajaran yang benar untuk Dia menangkan di atas semua ajaran sekalipun kaum musyrik tidak suka.
2. Setelah takbîr kedua, baca shalawât:
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ, وَارْحَمْ مُحَمَّدًا وَآلَ مُحَمَّدٍ, أَفْضَلَ مَا صَلَّيْتَ وَبَارَكْتَ وَتَرَحَّمْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَآلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ, وَصَلِّ عَلَى جَمِيْعِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ
Allâhumma shalli ‘alâ muhammad, wa ãli muha-mmad, wa bârik ‘alâ muhammadin wa ãli muhammad, warham muhammadan wa ãla muhammad, afdhala mâ shallaita wa bârakta wa tarahhamta ‘alâ ibrâhîma wa ãli ibrâhîm, innaka hamîdun majîd, wa shalli ‘alâ jamî‘il anbiyâ`i wal mursalîn.
Ya Allah, curahkanlah shalawât kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, berkahilah Muhammad dan keluarga Muhammad dan kasihilah Muhammad dan keluarga Muhammad dengan seutama-utama shalawât, berkah dan rahmat yang Engkau curahkan kepada Ibrâhîm dan keluarga Ibrâhîm, sesungguhnya Engkau maha terpuji lagi maha mulia, dan curahkanlah shalawât kepada seluruh nabi dan rasul.
3. Setelah takbîr yang ketiga, membaca istighfâr atau meminta ampun bagi kaum mu`minîn dan mu`minât, muslimîn dan muslimât.
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ, اَلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، تَابِعِ اللَّهُمَّ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ, إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
Allâhummaghfir lilmu`minîna wal mu`minât, wal muslimîna wal muslimât, al-ahyâ`i minhum wal amwât, tâ-bi‘illâhumma bainanâ wa bainahum bilkhairât, innaka ‘alâ kulli syai`in qadîr.
Ya Allah, berikanlah pengampunan bagi kaum yang beriman laki-laki dan perempuan, dan bagi mereka yang berserah diri laki-laki dan perempuan; yang hidup dan yang telah wafat, dan ikutkanlah ya Allah di antara kami dengan kebaikan, sesungguhnya Engkau maha kuasa atas segala sesuatu.
4. Setelah takbîr keempat, baca istighfâr untuk mayyit:
اللَّهُمَّ إِنَّ هَذَا الْمُسَجَّى قُدَّامَنَا عَبْدُكَ وَابْنُ عَبْدِكَ وَابْنُ أَمَتِكَ, نَزَلَ بِكَ وَأَنْتَ خَيْرُ مَنْزُوْلٍ بِهِ. اللَّهُمَّ إِنَّكَ قَبَضْتَ رُوْحَهُ إِلَيْكَ وَقَدِ احْتَاجَ إِلَى رَحْمَتِكَ, وَأَنْتَ غَنِيٌّ عَنْ عَذَابِهِ. اللَّهُمَّ إِنَّا لاَ نَعْلَمُ مِنْهُ إِلاَّ خَيْرًا وَأَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنَّا. اللَّهُمَّ إِنْ كَانَ مُحْسِنًا فَزِدْ فِي إِحْسَانِهِ, وَإِنْ كَانَ مُسِيْئًا فَتَجَاوَزْ عَنْ سَيِّئَاتِهِ, وَاغْفِرْ لَنَا وَلَهُ. اللَّهُمَّ احْشُرْهُ مَعَ مَنْ يَتَوَلاَّهُ وَيُحِبُّهُ, وَأَبْعِدْهُ مِمَّنْ يَتَبَرَّئُ مِنْهُ وَيُبْغِضُهُ. اللَّهُمَّ أَلْحِقْهُ بِنَبِيِّكَ, وَعَرِّفْ بَيْنَهُ وَبَيْنَهُ، وَارْحَمْنَا إِذَا تَوَفَّيْتَنَا يَا إِلَهَ الْعَالَمِيْنَ. اللَّهُمَّ اكْتُبْهُ عِنْدَكَ فِي أَعْلَى عِلِّيِّيْنَ، وَاخْلُفْ عَلَى عَقِبِهِ فِي الْغَابِرِيْنَ، وَاجْعَلْهُ مِنْ رُفَقَاءِ مُحَمَّدٍ وَآلِهِ الطَّاهِرِيْنَ، وَارْحَمْهُ وَإِيَّانَا بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. اللَّهُمَّ عَفْوَكَ عَفْوَكَ عَفْوَكَ
Allâhumma inna hâdzal musajjâ quddâmanâ ‘abduka wa bnu ‘abdika wabnu amatik, nazala bika wa anta khairu manzûlin bih. Allâhumma innaka qabadhta rûhahu ilaik, wa qadihtâja ilâ rahmatik, wa anta ghaniyyun ‘an ‘adzâbih. Allâhumma innâ lâ na‘lamu minhu illâ khairan wa anta a‘lamu bihi minnâ. Allâhumma in kâna muhsinan fazid fî ihsânih, wa in kâna musî`an fatajâwaz ‘an sayyi`âtih, waghfir lanâ wa lah. Allâhummahsyurhu ma‘a man yatawallâhu wa yuhibbuh, wa ab‘id-hu mimman yatabarra`u minhu wa yubghidhuh. Allâhumma alhiqhu binabiyyik, wa ‘arrif bainahu wa bainah, warhamnâ idzâ tawaffaitanâ yâ ilâhal ‘âlamîn. Allâhummaktubhu ‘indaka fî a‘lâ ‘illiyyîn, wakhluf ‘alâ ‘aqibihi fil ghâbirîn, waj‘alhu min rufaqâ`i muhammadin wa ãlihith thâhirîn, warhamhu wa iyyânâ birahmatika yâ arhamar râhimîn. Allâhumma ‘afwaka ‘afwaka ‘afwak.
Ya Allah, sesungguhnya (orang) yang terbungkus (kain kafan) ini yang ada di hadapan kami adalah hamba-Mu, anak hamba-Mu yang lelaki dan anak hamba perempuan-Mu, dia singgah kepada-Mu dan Engkau sebaik-baik yang disinggahi. Ya Allah, sesungguhnya Engkau telah menggenggam ruhnya kepada-Mu dan dia sangat membutuhkan kasih-Mu sedangkan Engkau maha kaya dari menyiksanya. Ya Allah, sesungguhnya kami tidak mengetahui darinya selain kebaikan sedangkan Engkau lebih tahu tentangnya dari kami. Ya Allah, seandainya dia telah melakukan kebaikan, maka tambahlah kebaikannya, tetapi jika dia telah melakukan keburukan, maka maafkanlah keburukan-keburukannya, ampunilah kami dan dia. Ya Allah, himpunkanlah dia dengan orang yang dia berpihak kepadanya dan dia cintai dan jauhkanlah dia dari orang yang dia berlepas diri darinya dan yang dia benci. Ya Allah, pertemukan dia dengan Nabi-Mu dan perkenalkanlah antara dia dengannya dan sayangi kami jika Engkau mewa-fatkan kami wahai Tuhan bagi alam semesta. Ya Allah, catatlah dia di sisi-Mu dalam surga ‘Illiyyîn yang paling tinggi dan perbaiki keturunannya yang ditinggalkan dan jadikan dia di antara sahabat Muhammad dan keluarganya yang suci, rahmati dia dan kami dengan kasih-Mu wahai yang paling pengasih dari semua yang mengasihi. Ya Allah, aku memohon maaf-Mu maaf-Mu maaf-Mu.
Jika Jenazah Perempuan
اللَّهُمَّ إِنَّ هَذِهِ الْمُسَجَّاةَ قُدَّامَنَا أَمَتُكَ وَبِنْتُ عَبْدِكَ وَبِنْتُ أَمَتِكَ, نَزَلَتْ بِكَ وَأَنْتَ خَيْرُ مَنْزُوْلٍ بِهَا. اللَّهُمَّ إِنَّكَ قَبَضْتَ رُوْحَهَا إِلَيْكَ, وَقَدِ احْتَاجَتْ إِلَى رَحْمَتِكَ, وَأَنْتَ غَنِيٌّ عَنْ عَذَابِهَا. اللَّهُمَّ إِنَّا لاَ نَعْلَمُ مِنْهَا إِلاَّ خَيْرًا وَأَنْتَ أَعْلَمُ بِهَا مِنَّا. اللَّهُمَّ إِنْ كَانَتْ مُحْسِنَةً فَزِدْ فِي إِحْسَانِهَا, وَإِنْ كَانَتْ مُسِيْئَةً فَتَجَاوَزْ عَنْ سَيِّئَاتِهَا, وَاغْفِرْ لَنَا وَلَهَا. اللَّهُمَّ احْشُرْهَا مَعَ مَنْ تَتَوَلاَّهُ وَتُحِبُّهُ, وَأَبْعِدْهَا مِمَّنْ تَتَبَرَّئُ مِنْهُ وَتُبْغِضُهُ. اللَّهُمَّ أَلْحِقْهَا بِنَبِيِّكَ, وَعَرِّفْ بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا، وَارْحَمْنَا إِذَا تَوَفَّيْتَنَا يَا إِلَهَ الْعَالَمِيْنَ. اللَّهُمَّ اكْتُبْهَا عِنْدَكَ فِي أَعْلَى عِلِّيِّيْنَ، وَاخْلُفْ عَلَى عَقِبِهَا فِي الْغَابِرِيْنَ، وَاجْعَلْهَا مِنْ رُفَقَاءِ مُحَمَّدٍ وَآلِهِ الطَّاهِرِيْنَ، وَارْحَمْهَا وَإِيَّانَا بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. اللَّهُمَّ عَفْوَكَ عَفْوَكَ عَفْوَكَ
Allâhumma inna hâdzihil musajjâta quddâmanâ amatuka wa bintu ‘abdika wa bintu amatik, nazalat bika wa anta khairu manzûlin bihâ. Allâhumma innaka qabadhta rûhahâ ilaika wa qadihtâjat ilâ rahmatik, wa anta ghaniyyun ‘an ‘adzâbihâ. Allâhumma innâ lâ na‘lamu minhâ illâ khairan wa anta a‘lamu bihâ minnâ. Allâhumma in kânat muhsinatan fazid fî ihsânihâ, wa in kânat musî`atan fatajâ-waz ‘an sayyi`âtihâ, waghfir lanâ wa lahâ. Allâhummahsyurhâ ma‘a man tatawallâhu wa tuhibbuh, wa ab‘id-hâ mimman tatabarra`u minhu wa tubghidhuh. Allâhumma alhiqhâ binabiyyik, wa ‘arrif bainahu wa bainahâ, warhamnâ idzâ tawaffaitanâ yâ ilâhal ‘âlamîn. Allâhummaktubhâ ‘indaka fî a‘lâ ‘illiyyîn, wakhluf ‘alâ ‘aqibihâ fil ghâbirîn, waj‘alhâ min rufaqâ`i muhammadin wa ãlihith thâhirîn, war-hamhâ wa iyyânâ birahmatika yâ arhamar râhimîn. Allâhumma ‘afwaka ‘afwaka ‘afwak.
Ya Allah, sesungguhnya mayyit yang terbungkus yang ada di hadapan kami ini adalah hamba perempuan-Mu, anak hamba-Mu yang lelaki, anak hamba-Mu yang perempuan, dia singgah ke haribaan-Mu dan Engkau sebaik-baik yang disinggahi olehnya. Ya Allah, sesungguhnya Engkau telah menggenggam ruhnya kepada-Mu dan dia membutuhkan kasih-Mu sedangkan Engkau terlalu kaya untuk menyiksanya. Ya Allah, kami tidak mengetahui darinya selain kebaikan dan Engkau lebih tahu dari kami. Ya Allah, jika dia itu berbuat kebaikan, maka tambahlah kebaikannya, dan apabila dia melakukan keburukan, maka maafkan keburukan-keburukannya dan ampunilan kami dan dia. Ya Allah, himpunkanlah dia bersama orang yang dia cintai dan dia sukai dan jauhkanlah dia dari orang yang dia berlepas diri darinya dan dia membencinya. Ya Allah, pertemukanlah dia dengan Nabi-Mu dan perkenalkan di antara mereka dan kasihi kami apabila Engkau wafatkan kami wahai Tuhan bagi alam semesta. Ya Allah, catatlah dia di sisi-Mu dalam surga ‘Illiyyîn yang paling tinggi dan gantikan di belakang dia dengan keturunan yang baik pada kalangan generasi yang ditinggalkan, dan jadikan dia di antara sahabat Muhammad dan keluarganya yang suci, rahmati dia dan kami dengan kasih-Mu wahai yang paling pengasih dari semua yang mengasihi. Ya Allah, aku mohon maaf-Mu, maaf-Mu, maaf-Mu.
Setelah takbîr kelima, tidak ada doa dan bacaan apa-apa, maka dengan diucapkan takbîr kelima, shalat jenazah telah usai. Dan utamanya setelah selesai shalat membaca doa berikut:
رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً, وَفِي اْلآخِرَةِ حَسَنَةً, وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Rabbnâ ãtinâ fid dun-yâ hasanah, wa fil ãkhirati hasanah, wa qinâ ‘adzâban nâr.
Wahai Tuhan yang mengatur kami, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan jagalah kami dari api neraka.
Usia Anak yang Wajib Dishalatkan Minimal Enam Tahun Anak-anak yang wajib dishalatkan atas jenazahnya adalah anak yang telah sampai usianya kepada usia wajib shalat, yaitu enam tahun.
عَنْ زُرَارَةَ وَ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَلِيٍّ الْحَلَبِيِّ جَمِيعاً عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ عليه السلام أَنَّهُ سُئِلَ عَنِ الصَّلَاةِ عَلَى الصَّبِيِّ مَتَى يُصَلَّى عَلَيْهِ قَالَ إِذَا عَقَلَ الصَّلَاةَ قُلْتُ مَتَى تَجِبُ الصَّلَاةُ عَلَيْهِ فَقَالَ إِذَا كَانَ ابْنَ سِتِّ سِنِينَ وَ الصِّيَامُ إِذَا أَطَاقَهُ
Dari Zurârah dan 'Ubaidullâh bin 'Ali Al-Halabi semuanya dari Abû 'Abdillâh as bahwa beliau telah ditanya tentang shalat atas (jenazah) anak, "Kapankah dishalatkan atas jenazahnya?" Beliau berkata, "Jika dia telah memahami shalat." Saya bertanya, "Kapan wajib shalat atasnya?" Maka beliau berkata, "Bila telah enam tahun, dan wajib puasa apabila dia telah mampu."
قَالَ الصَّدُوقُ وَ سُئِلَ أَبُو جَعْفَرٍ عليه السلام مَتَى تَجِبُ الصَّلَاةُ عَلَيْهِ فَقَالَ إِذَا عَقَلَ الصَّلاَةَ وَ كَانَ ابْنَ سِتِّ سِنِيْنَ
Al-Shadûq berkata: Dan ditanya Abû Ja'far as, "Kapankah wajib shalat atasnya?" Beliau berkata, "Apabila telah memahami shalat dan dia telah berusia enam tahun."
عَنْ عَلِيِّ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ سَمِعْتُ أَبَا الْحَسَنِ مُوسَى عليه السلام يَقُولُ فِي حَدِيثٍ لَمَّا قُبِضَ إِبْرَاهِيمُ بْنُ رَسُولِ اللَّهِ صلّى الله عليه وآله وسلم قَالَ يَا عَلِيُّ قُمْ فَجَهِّزِ ابْنِي فَقَامَ عَلِيٌّ عليه السلام فَغَسَّلَ إِبْرَاهِيمَ وَ حَنَّطَهُ وَ كَفَّنَهُ ثُمَّ خَرَجَ بِهِ وَ مَضَى رَسُولُ اللَّهِ ص حَتَّى انْتَهَى بِهِ إِلَى قَبْرِهِ فَقَالَ النَّاسُ إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ ص نَسِيَ أَنْ يُصَلِّيَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ لِمَا دَخَلَهُ مِنَ الْجَزَعِ عَلَيْهِ فَانْتَصَبَ قَائِماً ثُمَّ قَالَ أَيُّهَا النَّاسُ أَتَانِي جَبْرَئِيلُ بِمَا قُلْتُمْ زَعَمْتُمْ أَنِّي نَسِيتُ أَنْ أُصَلِّيَ عَلَى ابْنِي لِمَا دَخَلَنِي مِنَ الْجَزَعِ أَلَا وَ إِنَّهُ لَيْسَ كَمَا ظَنَنْتُمْ وَ لَكِنَّ اللَّطِيفَ الْخَبِيرَ فَرَضَ عَلَيْكُمْ خَمْسَ صَلَوَاتٍ وَ جَعَلَ لِمَوْتَاكُمْ مِنْ كُلِّ صَلَاةٍ تَكْبِيرَةً وَ أَمَرَنِي أَنْ لَا أُصَلِّيَ إِلَّا عَلَى مَنْ صَلَّى
Dari 'Ali bin 'Abdullâh berkata: Saya mendengar Abû Al-Hasan Mûsâ as berkata dalam sebuah hadîts, "Tatkala Ibrâhîm putra Rasûlullâh saw wafat, beliau berkata, 'Wahai 'Ali, berdirilah siapkanlah (penguburan) anakku.' Maka berdirilah 'Ali as, lalu beliau memandikan Ibrâhîm, men-tahnîth -nya, mengkafaninya, kemudian beliau keluar dengannya dan Rasûlullâh saw berjalan sehingga sampai di pekuburannya, lalu orang-orang pada berkata, 'Sesungguhnya Rasûlullâh saw telah lupa menshalatkan Ibrâhîm karena saking berdukanya, maka Rasûlullâh berdiri, kemudian berkata, 'Wahai manusia, telah datang Jabra`îl kepadaku menceritakan apa yang kalian katakan dan yang kalian klaim bahwa aku telah lupa shalat atas anakku karena saking berdukanya aku, sesungguhnya tidaklah seperti yang kalian sangka, tetapi Al-Lathîf Al-Khabîr (yang maha halus lagi maha tahu) telah memfardhukan atas kalian lima shalat (sehari semalam), dan telah menjadikan untuk orang-orang yang mati dari kalian satu kali takbîr untuk setiap satu shalat, dan dia telah menyuruhku agar aku tidak shalat (jenazah) kecuali atas orang yang telah shalat."
Maka apabila jenazah itu anak yang telah berumur enam tahun, maka doanya seperti di bawah ini:
اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ ِلأَبَوَيْهِ وَلَنَا سَلَفًا وَفَرَطًا وَأَجْرًا
Allâhummaj‘alhu li`abawaihi wa lanâ salafan wa farathan wa ajrâ. Ya Allah, jadikanlah dia bagi kedua orang tuanya dan bagi kami sebagai orang yang terdahulu, menunggu dan pahala.
Doa jika Jenazah Mustadh‘af
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلَّذِينَ تابُوا وَاتَّبَعُوا سَبِيلَكَ وَقِهِمْ عَذابَ الْجَحِيمِ
Allâhummaghfir lilladzîna tâbû wattaba‘û sabîlak, wa qihim ‘adzâbal jahîm. Ya Allah, ampunilah orang-orang yang bertobat dan mengikuti jalan-Mu, dan jagalah mereka dari siksa neraka Jahîm.
Doa jika Jenazah tidak Diketahui Pahamnya
اللَّهُمَّ إِنَّ هَذِهِ النَّفْسَ أَنْتَ أَحْيَيْتَهَا وَأَنْتَ أَمَتَّهَا اللَّهُمَّ وَلِّهَا مَا تَوَلَّتْ وَاحْشُرْهَا مَعَ مَنْ أَحَبَّتْ
Allâhumma hâdzihin nafsu anta ahyaitahâ wa anta amattahâ. Allâhumma wallihâ mâ tawallat, wahsyurhâ ma‘a man ahabbat. Ya Allah, jiwa ini Engkaulah yang menghidupkannya, dan Engkau yang mematikannya. Ya Allah, gabungkan dia kepada apa yang dia berpihak, dan kumpulkan dia bersama orang yang telah dia sukai.
Doa jika Jenazah Musuh Allah
اللَّهُمَّ إِنَّا لاَ نَعْلَمُ مِنْهُ إِلاَّ أَنَّهُ عَدُوٌّ لَكَ وَلِرَسُوْلِكَ. اللَّهُمَّ فَاحْشَ قَبْرَهُ نَارًا, وَاحْشَ جَوْفَهُ نَارًا, وَعَجِّلْهُ إِلَى النَّارِ, فَإِنَّهُ كَانَ يُوَالِي أَعْدَائَكَ وَيُعَادِي أَوْلِيَائَكَ, وَيُبْغِضُ أَهْلَ بَيْتِ نَبِيِّكَ. اللَّهُمَّ ضَيِّقْ عَلَيْهِ قَبْرَهُ
Allâhumma innâ lâ na‘lamu minhu illâ annahu ‘aduwwun laka wa lirasûlik. Allâhumma fahsya qabrahu nârâ, wahsya jaufahu nârâ, wa ‘ajjilhu ilan nâr, fainnahu kâna yuwâlî a‘dâ`aka wa yu‘âdî auliyâ`ak, wa yubghidhu ahla baiti nabiyyik. Allâhumma dhayyiq ‘alaihi qabrah.
Ya Allah, kami tidak tahu darinya selain dia itu musuh bagi-Mu dan bagi Rasul-Mu. Ya Allah, penuhilah kuburnya dengan api, penuhilah rongganya dengan api dan segerakan dia ke dalam api neraka, sebab dia berpihak kepada musuh-Mu, memusuhi para kekasih-Mu dan membenci Ahlulbait Nabi-Mu. Ya Allah, sempit-kanlah atasnya kuburnya. Dan ketika jenazahnya diangkat, maka ucapkan:
اللَّهُمَّ لاَ تَرْفَعْهُ وَلاَ تُزَكِّهِ
Allâhumma lâ tarfa‘hu wa lâ tuzakkih. Ya Allah, janganlah Engkau angkat derajatnya dan janganlah Engkau mensucikannya.
Doa yang Lain bagi Orang Munâfiq
اللَّهُمَّ أَخْزِ عَبْدَكَ فِي عِبَادِكَ وَبِلاَدِكَ اللَّهُمَّ أَصْلِهِ أَشَدَّ نَارِكَ. اللَّهُمَّ أَذِقْهُ حَرَّ عَذَابِكَ فَإِنَّهُ كَانَ يَتَوَلَّى أَعْدَاءَكَ وَيُعَادِي أَوْلِيَاءَكَ وَيُبْغِضُ أَهْلَ بَيْتِ نَبِيِّكَ
Allâhumma akhzi 'abdaka fî 'ibâdika wa bilâdik. Allâhumma ashlihi asyadda nârik. Allâhumma adziqhu harra 'adzâbika fa`innahu kâna yatawallâ a'dâ`aka wa yu'âdî auliyâ`ak, wayubghidhu ahla baiti nabiyyik.
Ya Allah, hinakanlah hamba-Mu di kalangan para hamba-Mu dan negeri-Mu. Ya Allah, masukkanlah dia ke dalam neraka-Mu yang paing keras. Ya Allah, rasakanlah kepadanya panasnya siksa-Mu, karena dia membela musuh-musuh-Mu dan memusuhi wali-wali-Mu dan membenci Ahlulbait Nabi-Mu.
Doa yang Lain
اللَّهُمَّ احْشُ جَوْفَهُ نَارًا وَامْلَأْ قَبْرَهُ نَاراً وَأَصْلِهِ نَارًا
Allâhummahsya jaufahu nâran wamla` qabrahu nâran wa ashlihi nârâ.
Ya Allah, penuhilah rongganya dengan api, dan penuhilah kuburnya dengan api, dan masukkanlah dia ke dalam neraka. Anjuran: Imam Tetap di Tempat sampai Jenazah Diangkat
عَنْ جَعْفَرٍ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ عَلِيّاً عليه السلام كَانَ إِذَا صَلَّى عَلَى جِنَازَةٍ لَمْ يَبْرَحْ مِنْ مُصَلَّاهُ حَتَّى يَرَاهَا عَلَى أَيْدِي الرِّجَالِ
Dari Ja'far dari ayahnya bahwa 'Ali as apabila beliau shalat atas suatu jenazah beliau tetap di tempat shalatnya sehingga beliau melihatnya diangkat tangan-tangan kaum lelaki.
فِي حَدِيثِ يُونُسَ عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ عليه السلام فِي الصَّلَاةِ عَلَى الْجَنَائِزِ قَالَ وَ لَا يَبْرَحْ حَتَّى يُحْمَلَ السَّرِيرُ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ
Dalam hadîts Yûnus dari Abû 'Abdillâh as tentang shalat jenazah dia berkata, "Dan beliau tetap di tempat sehingga usungan mayyit diangkat dari hadapannya."
Dalam Shalat Jenazah tidak ada Bacaan yang Ditentukan
Masih banyak doa-doa dalam shalat jenazah dan kita bisa memilihnya yang kita suka, karena dalam shalat jenazah itu tidak ada bacaan atau doa yang ditentukan.
عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ مُسْلِمٍ وَ زُرَارَةَ وَ مَعْمَرِ بْنِ يَحْيَى وَ إِسْمَاعِيلَ الْجُعْفِيِّ عَنْ أَبِي جَعْفَرٍ عليه السلام قَالَ لَيْسَ فِي الصَّلَاةِ عَلَى الْمَيِّتِ قِرَاءَةٌ وَ لَا دُعَاءٌ مُوَقَّتٌ تَدْعُو بِمَا بَدَا لَكَ وَ أَحَقُّ الْمَوْتَى أَنْ يُدْعَى لَهُ الْمُؤْمِنُ وَ أَنْ يُبْدَأَ بِالصَّلَاةِ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صلّى الله عليه وآله وسلم.
Dari Muhammad bin Muslim, Zurârah, Ma'mar bin Yahyâ dan Ismâ'îl Al-Ju'fi, dari Abû 'Abdillâh as berkata, "Dalam shalat atas mayyit tidak ada bacaan dan tidak ada doa yang ditentukan (selain) kamu berdoa dengan doa yang tampak bagimu, dan yang paling berhak dari manusia-manusia yang meninggal adalah didoakan orang yang beriman baginya, dan dimulai dengan shalawât bagi Rasûlullâh saw."
عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ مُسْلِمٍ وَ زُرَارَةَ أَنَّهُمَا سَمِعَا أَبَا جَعْفَرٍ عليه السلام يَقُولُ لَيْسَ فِي الصَّلَاةِ عَلَى الْمَيِّتِ قِرَاءَةٌ وَ لَا دُعَاءٌ مُوَقَّتٌ إِلَّا أَنْ تَدْعُوَ بِمَا بَدَا لَكَ وَ أَحَقُّ الْأَمْوَاتِ أَنْ يُدْعَى لَهُ أَنْ تَبْدَأَ بِالصَّلَاةِ عَلَى النَّبِيِّ صلّى الله عليه وآله وسلم
Dari Muhammad bin Muslim dan Zurârah bahwa mereka berdua telah mendengar Abû Ja'far as berkata, "Dalam shalat atas mayyit tidak ada bacaan (sûrah Al-Fâtihah) dan tidak ada doa yang ditentukan selain kamu berdoa dengan doa yang tampak bagimu, dan yang paling berhak dari orang-orang yang mati adalah didoakan baginya, bahwa kamu memulai dengan shalawât bagi Nabi saw."
Shalat Jenazah Tidak Ada Rukû' dan Salâm dan Bisa Dilakukan Kapan Saja
عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ أَبِي جَعْفَرٍ عليه السلام قَالَ تُصَلَّى عَلَى الْجِنَازَةِ فِي كُلِّ سَاعَةٍ إِنَّهَا لَيْسَتْ بِصَلَاةِ رُكُوعٍ وَ سُجُودٍ
Dari Muhammad bin Muslim, dari Abû Ja'far as berkata, "Kamu bisa shalat jenazah pada semua saat, sesungguhnya shalat itu bukanlah shalat yang ada rukû' dan sujud."
عَنِ الْفَضْلِ بْنِ شَاذَانَ عَنِ الرِّضَا عليه السلام قَالَ إِنَّمَا لَمْ يَكُنْ فِي الصَّلَاةِ عَلَى الْمَيِّتِ رُكُوعٌ وَ لَا سُجُودٌ لِأَنَّهُ إِنَّمَا أُرِيدَ بِهَذِهِ الصَّلَاةِ الشَّفَاعَةُ لِهَذَا الْعَبْدِ الَّذِي قَدْ تَخَلَّى مِمَّا خَلَّفَ وَ احْتَاجَ إِلَى مَا قَدَّمَ
Dari Al-Fadhl bin Syâdzân, dari Al-Ridhâ as berkata, "Dalam shalat mayyit tidak ada rukû' dan tidak ada sujud, karena dengan shalat itu hanya dikehendaki syafâah (pertolongan) bagi hamba yang berlalu apa yang dia tinggalkan dan dia membutuhkan apa yang telah dipersembahkan."
عَنْ إِسْمَاعِيلَ بْنِ سَعْدٍ الْأَشْعَرِيِّ عَنْ أَبِي الْحَسَنِ الرِّضَا عليه السلام قَالَ سَأَلْتُهُ عَنِ الصَّلَاةِ عَلَى الْمَيِّتِ قَالَ أَمَّا الْمُؤْمِنُ فَخَمْسُ تَكْبِيرَاتٍ وَ أَمَّا الْمُنَافِقُ فَأَرْبَعٌ وَ لَا سَلَامَ فِيهَا
Dari Ismâ'îl bin Sa'ad Al-Asy'ari, dari Abû Al-Hasan Al-Ridhâ as dia berkata berkata, "Saya bertanya kepada beliau tentang shalat mayyit?" Beliau berkata, "Adapun orang beriman, maka lima kali takbîr, dan adapun orang munâfiq empat kali takbîr dan tidak ada salâm padanya."
عَنِ الرِّضَا عليه السلام فِي كِتَابِهِ إِلَى الْمَأْمُونِ قَالَ وَ الصَّلَاةُ عَلَى الْجِنَازَةِ خَمْسُ تَكْبِيرَاتٍ وَ لَيْسَ فِي صَلَاةِ الْجَنَائِزِ تَسْلِيمٌ لِأَنَّ التَّسْلِيمَ فِي (صَلَاةِ) الرُّكُوعِ وَ السُّجُودِ وَ لَيْسَ لِصَلَاةِ الْجِنَازَةِ رُكُوعٌ وَ لَا سُجُودٌ وَ يُرَبَّعُ قَبْرُ الْمَيِّتِ وَ لَا يُسَنَّمُ
Adab-adab Shalat Jenazah
1. Orang yang shalat dalam keadaan suci; dengan wudhu, tayammum atau mandi.
2. Apabila jenazah lelaki, imam shalat jenazah atau munfarid berdiri di tengah-tengahnya, tetapi jika jenazahnya perempuan, dia berdiri dekat dadanya.
3. Tidak memakai alas kaki.
4. Mengangkat kedua tangan pada saat membaca takbîr.
5. Imam shalat jenazah mengeraskan bacaan takbîr dan doa-doanya dan ma`mûm menyembunyikannya.
6. Memilih tempat yang sekiranya di tempat itu banyak orang yang ikut menshalatkannya.
7. Sebaiknya shalat jenazah tidak dilaksanakan di masjid, karena makrûh, kecuali di Al-Masjid Al-Haram.
8. Diselenggarakan secara berjama‘ah.
9. Ma`mûm berdiri di belakang imam walaupun dia hanya sendirian.
10. Bersungguh-sungguh dalam berdoa baginya dan bagi orang-orang yang beriman.
11. Sebelum shalat jenazah berjama'ah dimulai, diucapkan kalimat Al-Shalâh (marilah shalat) sebanyak tiga kali.
12. Perempuan yang sedang haid membikin shaff (barisan) tersendiri, yaitu tidak satu shaff dengan perempuan yang tidak haid walaupun dalam shalat jama‘ah.
(Abu-Zahra/ABNS)
Post a Comment
mohon gunakan email