Pesan Rahbar

Home » » Jarak antara ISIS dan Perbatasan Timur Iran

Jarak antara ISIS dan Perbatasan Timur Iran

Written By Unknown on Monday 25 July 2016 | 17:45:00


Kemarin kelompok teroris ISIS melakukan sebuah aksi bom bunuh diri teroris di kota Kabul, Afghanistan. Peristiwa ini sangat tidak dinanti-nantikan oleh para petinggi Afghanistan.

Negara tetangga dekat Iran ini adalah sebuah negara yang penuh krisis yang selalu memperoleh ancaman keamanan. Setiap negara kuat dunia berusaha keras untuk menciptakan keamanan di negara ini.

Hingga kini, Amerika Serikat telah menggelontorkan dana sebesar 30 milyar dolar untuk merenovasi Afghanistan. Akan tetapi, usaha ini belum berhasil menciptakan keamanan. Sebaliknya, kehadiran Amerika di negara ini malah dinilai sebagai salah satu faktor kekacauan.

Taliban adalah kelompok paling berpengaruh di dalam tubuh Afghanistan dan telah banyak melakukan aksi-aksi teroris. Akan tetapi, menurut keyakinan para analis, kelompok ini secara substansial bukanlah kelompok teroris murni dan berbeda dengan kelompok-kelompok lain seperti Al-Qa‘idah dan ISIS.

Perbedaan lain antara Taliban dan kelompok-kelompok teroris tersebut adalah Taliban tidak pernah terlibat dalam operasi-operasi teroris di luar teritorial Afghanistan.

Dari sejak ISIS terbentuk dan mulai melakukan aksi-aksi teroris dan kekacauan di banyak negara, sudah sangat lumrah apabila mereka bisa menanamkan pengaruh di Afghanistan yang penuh konflik ini. Akan tetapi, dari sejak memasuki Afghanistan, Taliban menjadi pembela utama perbatasan-perbatasan Afghanistan dari jamahan ISIS.

Dalam beberapa waktu lalu, ISIS sudah berhasil menguasai sentral dan kawasan barat Afghanistan. Akan tetapi, lantaran perlawanan Taliban, ISIS kini hanya menguasai kawasan timur Afghanistan.

Dengan aksi bom bunuh diri teroris di Kabul beberapa hari lalu, ISIS berhasil membuktikan kepada kelompok-kelompok yang eksis di Afghanistan masih bisa memiliki pengaruh di sentral negara ini.

Sekarang, Afghanistan memiliki krisis baru. Yaitu pengaruh ISIS di sentral negara. Suatu hal yang memaksa Taliban, Amerika, dan Iran melakukan tindakan-tindakan yang lebih tegas.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: