Pesan Rahbar

Home » » Cinta Imam Husain as kepada Shalat dan Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Cinta Imam Husain as kepada Shalat dan Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Written By Unknown on Tuesday 11 October 2016 | 20:35:00


“Aku bersaksi bahwasanya engkau telah mendirikan shalat dan menunaikan zakat, dan menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar”.

Shabestan News Agency, wakil dari Masjid Jamkaran dalam pertemuan dewan perwakilan, Hujjatul Islam Rahimian, dengan mengutip sebuah ayat “Kalian (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kalian) menyuruh (berbuat) yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar”. Ayat ini menjelaskan tentang umat akhir zaman yakni umatnya Rasulullah saww yang satu-satunya umat yang disebut sebagai paling baiknya umat.

Selain itu dalam surat Al-Hajj ayat 41 disebutkan “mereka melaksanakan shalat, menunaikan zakat, dan menyuruh berbuat yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar”, sebagaimana yang terdapat dalam doa ziarah Imam Ma’shum as salah satunya dalam ziarah nameh Imam Husain as kalimat yang selalu diulang ialah “aku bersaksi bahwasanya engkau telah mendirikan shalat dan menunaikan zakat, dan menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar”.

Jika dilihat terdapat hubungan antara ayat dalam surat Al-Hajj dengan ziarah nameh Imam Husain as, yakni empat hal yang disebutkan dalam ayat tersebut adalah bahwa kita menyaksikan empat dasar asli tersebut dalam diri seluruh Imam Ma’shum as yang telah mereka lakukan.

Lebih lanjut Hujjatul Islam Rahimian menuturkan, salah mishdaq atau bentuk dari ayat tersebut ialah shalat Zuhur Asyura yang dilakukan Imam Husain as di medan perang. Imam Husain as yang mencintai shalat melakukan shalat bersama sahabat-sahabatnya, di sisi lain Imam Husain as juga melakukan amar ma’ruf nahi munkar.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: