Pesan Rahbar

Home » , , » Ramadhan dan Penurunan Angka Kejahatan

Ramadhan dan Penurunan Angka Kejahatan

Written By Unknown on Sunday 28 June 2015 | 02:58:00


Berdasarkan data yang diperoleh dari pihak kepolisian dan lembaga-lembaga terkait, angka kejahatan pada bulan Ramadhan sangat turun secara signifikan dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain.
 
Mengapa demikian?

Menurut Ghulam Reza Jamsyidiha kepala Institut Ilmu Sosial di Universitas Tehran, faktor lingkungan memiliki pengaruh dalam pendidikan manusia.

Untuk itu, lanjut Jamsyidiha, ketika seluruh anggota masyarakat diajak kepada kebaikan di bulan suci Ramadhan seperti ini, seluruh atmosfir dunia berada dalam aroma spiritual. Media massa juga memiliki pengaruh dalam hal ini. Untuk itu, hasil sempurna dalam penurunan angka kejahatan dan kriminal sangat tampil signifikan.

Untuk itu, tukas Jamsyidiha, iklan-iklan asing yang biasa mengajak masyarakat ke arah konsumerisme dan dekadensi moral jarang atau sama sekali tidak ditayangkan. Kondisi ini menciptakan sebuah konsentrasi penuh terhadap spiritualisme dan semangat keutahanan. Kondisi ini sangat berpengaruh atas masyarakat.

“Tetapi, di bulan-bulan lain, kita sangat minimal menyaksikan atmosfir spiritual seperti itu. Bulan-bulan suci lain seperti Muharam juga memiliki pengaruh seperti bulan Ramadhan,” ujar Jamsyidiha.

Jika kita menyaksikan manifestasi material dengan kentara di bulan-bulan lain, lanjut Jamsyidiha, maka bulan Ramadhan dan Muharam adalah arena spiritualisme, dan sangat jarang terjadi kesalahan di kedua bulan ini.

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: