Pesan Rahbar

Home » » Hari-hari Paling Kelam untuk Turki

Hari-hari Paling Kelam untuk Turki

Written By Unknown on Thursday 3 December 2015 | 15:36:00


Setelah tiga peristiwa besar, Turki menyaksikan hari-hari paling buruk dan paling kelam dalam sejarahnya.

Dalam rentang waktu kurang dari satu minggu, Turki mengalami tiga peristiwa besar yang terjadi silih berganti. Pada tanggal 24 November lalu, Turki menembak jatuh pesawat tempur Rusia di perbatasan Suriah.

Yang lebih mengkhawatirkan adalah Presiden Turki dan partai yang berkuasa merasa puas dengan penembakan pesawat itu, karena hal ini adalah tanda kekuatan Turki. Sekalipun demikian, Presiden Turki merasa takjub dengan sambutan hadirin dan terpaksa mengumumkan tidak ada alasan untuk menggelar pesta. Ia dan partainya pun berusaha untuk menenangkan keadaan. Akan tetapi, hal itu sudah terlanjur. Sekarang Turki memasuki sebuah krisis baru melawan Rusia.

Dua hari setelah itu, dua wartawan koran Cumhuriyet ditangkap dengan tuduhan melakukan mata-mata dan mengekspos rahasia pemerintah.

Koran ini memuat laporan tentang kiriman persenjataan untuk kelompok oposisi Suriah yang dilakukan oleh badan inteligen Turki. Erdugan pun menolak realita ini di hadapan pengadilan dan menyatakan bahwa tindakan koran ini adalah sebuah kejahatan.

Pemerintah Turki mengklaim, truk tersebut hanya mengangkut bantuan-bantuan kemanusiaan, dan mereka yang telah membongkar isi truk ini dinyatakan sebagai oknum penjahat penyebar rahasia pemerintah.

Ini tentulah sebuah pukulan terhadap kebebasan media dan ancaman terakhir untuk kubu oposisi.

(Hurriyet-Daily-News/Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: