Pesan Rahbar

Home » , , » Hasil Awal Pemilihan Parlemen di Turki: Kurdi Menggagalkan Harapan Erdogan

Hasil Awal Pemilihan Parlemen di Turki: Kurdi Menggagalkan Harapan Erdogan

Written By Unknown on Tuesday 9 June 2015 | 04:25:00


Hasil awal pemilihan parlemen di Turki menunjukkan bahwa Partai Keadilan dan Pembangunan akan kehilangan kemayoritasan mereka di parlemen dan ini merupakan pukulan besar atas harapan-harapan Rajab Tayyip Erdogan, Presiden Turki.
 
KBS melaporkan, hitungan 99% suara rakyat dalam pemilihan parlemen ke-25 menunjukkan bahwa Partai Keadilan dan Pembangunan berhasil meraih 41 persen dari suara.
Menurut perkiraan, partai yang berkuasa di Turki dapat memperoleh 258 kursi yang 18 kursi kurang dari jumlah minimum yang diperlukan untuk mempertahankan kemayoritasan partai ini di parlemen.
Erdogan untuk mencapai harapan-harapannya telah meminta kepada para pemilih untuk memberikan suaranya kepada partainya demi meraih 400 kursi di parlemen supaya mempersiapkan kondisi-kondisi mengubah konstitusi guna meningkatkan kewenangan presiden bagi dirinya.
Begitu pula Partai Keadilan dan Pembangunan memerlukan maksimal 330 kursi dari 550 kursi parlemen guna melaksanakan referendum nasional untuk mengubah konstitusi.
Sementara Partai Demokrat Kurdi memenangkan 12 persen suara yang di atas ambang batas 10 persen untuk masuknya partai ini ke parlemen.
Secara umum, setelah Partai Keadilan dan Pembangunan, Partai Republik sebagai partai oposisi yang paling penting di Turki berada di tempat kedua dengan meraih 25 persen suara dan Partai Nasional terletak di urutan ketiga dengan merebut 16,29 persen suara.
Partai Demokrat Kurdi menempatkan dirinya di posisi keempat.
Dengan kondisi seperti ini, jika Partai Keadilan dan Pembangunan gagal meraih lebih dari 275 kursi di parlemen, maka untuk membentuk pemerintahan diperlukan suatu koalisi.

(Shabestan)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: