Pesan Rahbar

Home » » Bidʻah Syiah, Berdiri Ketika Mendengar Nama Imam Mahdi? Berikut Penjelasannya

Bidʻah Syiah, Berdiri Ketika Mendengar Nama Imam Mahdi? Berikut Penjelasannya

Written By Unknown on Sunday 16 August 2015 | 16:16:00


Kadang-kadang kita bertanya mengapa kita meletakkan tangan di atas kepala atau berdiri ketika mendengar nama Imam Mahdi as? Apakah tindakan ini memiliki sandaran hadis atau Sunnah Ahlul Bait as?

Tindakan ini adalah sebuah bentuk penghormatan terhadap Imam Mahdi as, dan berlandaskan pada sirah para imam maksum as. Dalam sebuah hadis disebutkan, nama Imam Mahdi disebutkan di hadapan Imam Ali bin Musa Ridha as. Beliau berdiri sembari meletakkan tangan di atas kepala seraya berkata, “Allāhumma ‘ajjil farajah wa makhrajah wanshurnā bihī nashran ‘azīzan,” (Muntahā Al-Āmāl, jld. 2, hlm. 488-489).

Lantaran hal ini, menurut Muhadis Nuri, hal ini sudah menjadi tradisi para pengikut Syiah di seantero dunia dan juga para pengikut Ahli Sunnah wal Jamaah.

Berdiri ketika mendengar nama Imam Mahdi as, khususnya kata al-Qa’im, menunjukkan sikap siaga kita untuk menjadi pembela beliau. Meletakkan tangan di atas kepala berarti pasrah dan menerima seluruh titah beliau.

Dan juga sudah menjadi tradisi di seluruh bangsa dunia. Ketika menghadapi sebuah problem yang sangat sulit, mereka serta merta akan meletakkan tangan di atas kepala. Kegaiban Imam Mahdi as yang sangat panjang ini adalah sebuah problem besar bagi kita. Kita menunjukkan hal ini dengan kita meletakkan tangan di atas kepala sebagai tanda kita sudah tidak mampu menahan lagi.

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: