Pesan Rahbar

Home » , , , , , » 20 Anggota ISIS Tewas, Kota Haditha Dinyatakan Steril Dari Teroris

20 Anggota ISIS Tewas, Kota Haditha Dinyatakan Steril Dari Teroris

Written By Unknown on Monday 5 January 2015 | 05:07:00


Baghdad – Dewan Perwakilan Daerah Kota Haditha di provinsi Anbar, Irak bagian barat, Jumat kemarin (12/9) menyatakan bahwa kota ini telah steril dari keberadaan teroris kelompok ekstrimis Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Demikian dilansir kantor berita Turki Anatolia Sabtu (13/9). Operasi penyisiran teroris dilancarkan oleh pasukan Irak didukung beberapa kelompok pasukan adat kawasan al-Was.

Sebanyak 20 teroris dilaporkan tewas akibat operasi tersebut. “Tentara dan polisi Irak yang didukung Badan Anti Teror, Pasukan Reaksi Cepat, kelompok-kelompok pasukan adat serta pesawat tempur Irak telah memulai operasi militer sejak pagi hari ini untuk pembersihan kawasan al-Was dari anggota ISIS yang menguasainya,” ungkap Khaled Sulaiman, Ketua Dewan Perwakilan Daerah Kota Haditha kepada Anatolia Jumat kemarin. 

Dia menambahkan, “Pasukan keamanan berhasil membebaskan kawasan al-Was setelah ISIS menderita kerugian jiwa dan perlengkapan perang dalam jumlah besar serta kaburnya beberapa di antara mereka ke kawasan sahara di bagian barat provinsi ini.” Dia merinci bahwa pasukan Irak berhasil menghabisi 20 anggota ISIS serta menghancurkan empat kendaraan pembawa senjata milik mereka, termasuk senjata anti pesawat tempur.

Menurutnya, ada puluhan teroris ISIS kabur dari kawasan itu setelah mereka mendapat serangan udara sengit. Usai pembebasan, pasukan Irak dari Badan Anti Teror segera melakukan pembersihan berbagai area dari ranjau dan bahan-bahan peledak lainnya yang ditanam di jalanan. Pembersihan ini dilakukan demi mengamankan kawasan dan terutama untuk menjamin kepulangan warga setempat yang selama ini mengungsi.
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: