Pesan Rahbar

Home » , , , , , , , , , , , , , , » Benarkah Fitnah Wahabi (syaikh muqbil wahabi) kepada Imam ahlusunnah Imam Hanafi attabi’in???

Benarkah Fitnah Wahabi (syaikh muqbil wahabi) kepada Imam ahlusunnah Imam Hanafi attabi’in???

Written By Unknown on Tuesday, 29 July 2014 | 12:03:00

Bukti Fitnah Wahabi (syaikh muqbil wahabi) kepada Imam ahlusunnah Imam Hanafi attabi’in – Muqbil katakan Imam hanafi berbahaya bagi umat islam.

Seorang imam panutan kaum muslimin, seorang imam besar madzhab dari 4 madzhab, seorang ulama salaf yang sangat agung, tidak luput menjadi sorotan, hujatan dan cacian oleh wahabi-salafi si manhaj salaf palsu atas nama jarh wa ta’dil.

Imam Abu Hanifah adalah seorang jahmi, penyembah berhala, paling bahanya manusia bagi umat Islam (Di tulis oleh syaikh Muqbil bin Hadi al-Wadi’i).

Dalam salah satu karya Muqbil bin Hadi yang berjudul Nasyru ash-Shahifah fi dzikri ash-Shahih min aqwal aimmatil jarh wat ta’dil fi Abi Hanifah (artinya : Membeberkan lembaran tentang menyebutkan ucapan-ucapan sahih dari para imam jarh wa ta’dil terkait Abu Hanifah).

Sampul kitab :


Di kitab itu Muqbil bin Hadi menampilkan riwayat para imam yang mencaci imam Abu Hanifah, di antaranya:


Makna yang saya garis bawahi :
” Imam Abu Hanifah berkata : ” Seandainya seseorang menyembah sandal ini untuk mendekatkan diri kepada Allah, maka aku berpendapat tidak apa-apa “,
” Apakah Abu Hanifah seorang jahmi ? Abu Yusuf menjawab : iya, dia seorang jahmi “.
Dalam pandangan syaikh Muqbil, imam Abu Hanifah telah membolehkan menyembah sandal untuk bertaqarrub kepada Allah, naudzu billahi min dzaalikal kidzb…

Dan dalam pandangannya, imam Abu Hanifah seorang jahmi.
Dalam halaman lainnya, syaikh Muqbil menukil :


” Tidak ada seorang anak yang dilahirkan di Kufah yang lebih berbahaya bagi umat selain Abu Hanifah “.

Di halaman lain, Muqbil menukil :


” Abu Hanifah diminta bertaubat berulang-ulang karena ucapan zindiqnya”.
===============
Hebat, Muqbil lebih memilih riwayat-riwayat palsu yang menjelaskan cacian para imam kepada imam Abu Hanifah ketimbang riwayat sahih dan jelas yang memuji kepribadian imam Abu Hanifah.

al-Hafidz Abu Nu’aim berkata :

حدثنا محمد بن إبراهيم بن علي ، قال: سمعت حمزة بن علي البصري يقول: سمعت الربيع يقول: سمعت الشافعي يقول:«الناس عيال على أبي حنيفة في الفقه». وقال حرملة بن يحيى: سمعت محمد بن إدريسالشافعي يقول: «من أراد أن يتبحر في الفقه، فهو عيال على أبي حنيفة». قال: و سمعته-يعني الشافعي- يقول: «كان أبو حنيفة ممن وفق له الفقه

” Telah menceritakan padaku, Muhamamd bin Ibrahim bin Ali (Abu Bakar al-Aththar, tsiqah), berkata : Aku mendengar Hamzah bin Ali al-Bashri berkata : ” Aku telah mendengar Rabi’ berkata : Aku telah mendengar imam Syafi’i berkata : ” Manusia butuh terhadap fiqih imam Abu Hanifah “. Harmalah bin Yahya berkata : ” Aku mendengar imam Syafi’i berkata : Barangsiapa yang ingin mendalami ilmu fiqih, maka ia butuh kepada imam Abu Hanifah “. Ia berkata : ” Aku mendengar imam Syafi’i berkata : ” Imam Abu Hanifah adalah orang yang termasuk diistimewakan dalam fiqih “.

Ad-Dzahabi berkata :

كلامأبي حنيفة في الفقه أدق من الشعر، لا يعيبه إلا جاهل

” Ucapan imam Abu Hanifah tentang fiqih lebih lembut dari gandum, tidak mencelanya kecuali orang bodoh “. (Siyar a’laam an-Nubala : 6/404).

Al-Hafidz Ibnu Katsir :

الإمامأبو حنيفة… فقيه العراق، وأحد أئمة الإسلام، والسادة الأعلام، وأحد أركانالعلماء، وأحد الأئمة الأربعة أصحاب المذاهب المتبوعة، وهو أقدمهم وفاة

” Imam ABu Hanifah, seorang ahli fiqih Iraq, salah satu imam Islam, pemimpin yang alim, salah satu rukun ulama, salahs atu imam madzhab yang dikuti, dan paling dahulu wafatnya ” (Al-Bidayah : 10/110).

Sufyan Ats-Tsauri mengatakan :

كانأبو حنيفة أفقه أهل الأرض في زمانه

” Imam ABu Hanifah, seorang yang paling mengerti ilmu fiqih di muka bumi ini pada zamannya “. (al-Faqih wal mutfaqqih : 2/73).

Muhammad bin Muzahim berkata :

ابن المبارك أيضاً: «لولاأن الله أعانني بأبي حنيفة وسفيان، كنت كسائر الناس

” Ibnu Mubarak juga mengatakan :” Seandainya Allah tidak membantuku dengan perantara Abu Hanifah dan Sufyan, maka aku sama seperti manusia lainnya “.

Sumber: dari berbagai sumber Sunni.

*****
Penjelasan kami sebagai berikut:

“Imam Bukhari tidak meriwayatkan satu hadits pun dari Ja’far ash-Shadiq”...

Pertanyaan :

“Bukankah pemimpin Syi’ah, Imam Jafar Shadiq (148 H), adalah guru dua orang Imam besar Sunni?

Mereka adalah Abu Hanifah Nu’man (150 H), dan Malik bin Anas (179 H) ? “.


Persembahan Untuk Mereka yang Suka Mengaku-ngaku!
Seperti yang selama ini kita kenal bahwa kemunitas Muslim Sunni (ASWAJA) adalah mencintai dan menghormati Ahlulbait, keluarga dan keturunan Nabi saw. bahkan lebih dari itu mereka mengklaim sebagai pewaris sejati ajaran Ahlulbait as. (dan bukan Syi’ah)… Ketika kaum Syi’ah menegaskan bahwa mereka adalah pengikut Ahlulbait as. dan mazhab mereka dinamakan mazhab Ja’fari karena Imam Ja’far-lah yang terbuka kesempatan di masa beliau untuk mewariskan ajaran leluhur beliau para imam suci Ahlulbait as. yang mereka warisi dsari Nabi mulia Muhammad saw…. ketika kaum Syi’ah menyatakan itu… segera teman-teman Ahlusunnah berteriak mengatakan: Bohooong! Syi’ah bukan pengikut Imam Ja’far… bukanpengikut Ahlulbait! Kamilah Ahlusunnah pengikut sejati Imam Ja’far!

Mungkin klain itu benar! Tetapi setiap klaim harus dibuktikan! Dan apabila ternyata tidak mampu dibuktikan, berarti paling tidak perlu diragukan atau bahkan ditolak!

Di bawah ini… dalam kesempatan singkat ini, saya akan menyajikan beberapa bukti bagaimana sebenarnya sikap dan perlakuan ulama Ahlusunnah terhadap Imam Ja’far as.; seorang imam agung dari keturunan Rasulullah saw.

Benarkan mereka berantosias dan bersemangat serta berbangga diri ketika menerima riwayat dari Imam Ja’far as. atau justru mereka menyepelekan, mencemooah dan menghinakan Imam Ja’far dan meragukan keilmuan dan kehandalannya dalam duni periwayatan hadis-hadis kakek beliau Rasulullah saw.?!
Saya tidak ingin mendahului kesimpullan Anda yang cerdas lagi teliti.. saya hanya akan menyajikan data yang dapat menjadi bahan renungan bagi para pencari fakta dan kebanaran!

Silahkan ikuti laporan para ulama Syi’ah sendiri!

Adz Dzahabi dalam kitab Siyar A’lâm an Nubalâ’,6/91:

النسائي حدثنا احمد بن يحيى بن وزير حدثنا الشافعي حدثنا سفيان كنا اذا رأينا طالبا للحديث يغشى ثلاثة ضحكنا منه ربيعة ومحمد بن ابي بكر بن حزم وجعفر بن محمد ، لانهم كانوا لا يتقنون الحديث.


“An Nasa’i menyampaikan  berita dari Ahmad bin Yahya bin Wazîr, ia berkata, Syafi’i, ia berkata, Sufyan: Kami, apabila menyaksikan seorang penuntut hadis mengerumuni tiga orang maka kami menertawakannya, mereka yaitu Rabi’ah, Muhammad bin Abi Bakar bin Hazm dan ja’far bin Muhammad, sebab meerka itu tidak mumpuni dalam ilmu hadis.”.

Dan data ini diriwayatkan dengan jalur yang shahih!

Sufyan bin ‘Uyainah Membongkar Sikap Ulama Ahlusunnah!
Seperti telah baca langsung, bagaimana Sufyan membongkar kenyataan sikap para ulama Ahlusunnah terhadap Imam Ja’far ash Shadiq as…. mereka mencemooh dan mengolok-olok seorang ulama hadis yang belajar hadis Nabi saw dari cucu Nabi saw. dan tentunya sikap mengejek-ejek dan menertawakan siapapun yang berrani belajar menimba hadis Nabi saw. dari penghulu dzurriyah/Ahlulbait Nabi saw. di masanya akan membuat para pelajar dan ulama penuntut hadis menjadi ketahukan… mereka akan miki dua kali jika mau belajar dari Imam Ja’far as. sebab akan menjadi bahan tertawaan para ulama Ahlusunnah lainnya!

Dan ini tentunya adalah cara keji para pembenci Ahlulbait Nabi saw. atau yang dikenal dengan sebutkan kaum Nawâshib yang banyak tersebar dan menyelinap mengaku sebagai Ahlusunnah dan karena kelihaian dalam menyembunyikan kenashibian, mereka melebir bersama Ahlusunnah lainhya dan akhirnya sulit dikenali jati diri mereka… kaum Sunni pun menganggapnya sebagai bagian dari jajaran ulama Ahlusunnah…

Apa yang bisa kita banyangkan dari dampak buruk sikap dan politik kotor para ulama Ahlusunnah itu sudah dapat kita bayangkan… Ahlulbait as akan segera terkucilkan dari dunia Ahlusunnah dan Ahlusunnah pun menjadi buta dan tidak kenal Sunnah Nabi dari Ahlulbait Nabi… akhirnya Sunnah Nabi saw. yang mereka terima justru dari musuh-musuh keluarga Nabi saw…. atau paling tidak itu yang dikahawatirkan banyak pihak!

Kenyataan itu semakin menjadi gamblang di mata pencari kebenaran setelah mengetahui bahwa Bukhari (imam Ahli Hadis nomer wahid Ahlusunnah) tidak sudi meriwayatkan barang satu hadis pun dari Imam Ja’far ash Shadiq as.

Adapun tuduhan si Sufyan binn ‘Uyainah bahwa Imam Ja’far ash Shadiq as tidak mumpuni dalam ilmun dan periwayatan hadis Nabi saw. maka saya tidak akan tanggapi apapun tentangnya.. saya hanya sarankan Pak Sufyan untuk belajar beristinjak sebab kenyataannya dalam sejarahnya ia tidak pandai bercebok!

Di sini, dari forum terhormat ini saya umumkan, apabila ada teman-teman Sunni apalagi Sunni yang plus Salafi mampu menemukan satu hadis dalam Shahih Bukhari dari riwayat Imam Ja’far ash Shadiq maka saya segera pensiaun jadi Ibnu Jakfari… dan bloq ini saya tutup… saya akan siap menjadi sopir angkot jurusan Bagor-Puncak untuk mengantar para wisatawan Arab Saudi yang bermazhab Wahhabi mau berzina di Puncak!

Benar sekali! Tidak ada yang sanggup menimba ilmu dari Imam Ja’far as. dan menanggung semua hinaan dan ejekan itu melainkan kaum Syi’ah yang telah menjual diri dan harta mereka hanya untuk Allah dan rasulu-Nya dan demi kecintaan mereka kepada keluarga suci Nabi saw, … bukan kepada kaumm munafik!

Petunjuk Umat.
Islam hanya dapat ditawarkan sebagai agama yang sempurna, yang dapat memenuhi segala kebutuhan manusia jika di dalam agama itu sendiri tidak terdapat perselisihan dan perpecahan. Karenanya, hikmah Ilahi meniscayakan adanya orang-orang yang memiliki kriteria seperti yang dimiliki Nabi Muhammad SAW untuk memberikan bimbingan kepada umat manusia di setiap masa tentunya selain syariat.

Ilmu yang mereka miliki tidak terbatas dengan apa yang pernah disampaikan Nabi Muhammad SAW (sebagaimana maklum Nabi tidak sempat menjelaskan semua tentang syariat Islam) namun juga memiliki potensi mendapatkan ilmu langsung dari Allah SWT ataupun melalui perantara sebagaimana ilham yang diterima Siti Maryam dan ibu nabi Musa as (Lihat Qs. Ali-Imran : 42, Thaha:38).

Mereka menguasai ilmu Al Quran sebagaimana penguasaan nabi Muhammad SAW sehingga ucapan-ucapan merekapun merupakan hujjah dan sumber autentik ajaran Islam. Masalah ini berkaitan dengan Al Quran sebagai mukjizat, berkaitan dengan kedalaman dan ketinggian Al Quran, sehingga hukumnya membutuhkan penafsir dan pengulas.

Al Quran adalah petunjuk untuk seluruh ummat manusia sampai akhir zaman karenanya akan selalu berlaku dan akan selalu ada yang akan menjelaskannya sesuai dengan pengetahuan Ilahi. “Sungguh, Kami telah mendatangkan kitab (Al Quran) kepada mereka, yang Kami jelaskan atas dasar pengetahuan, sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (Qs. Al-A’raf :52).

Pada ayat lain, Allah SWT berfirman, “Dan Kami tidak menurunkan kepadamu al-Kitab ini, melainkan agar kamu dapat menjelaskan kepada mereka apa yang mereka perselisihkan itu dan menjadi petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman. ” (Qs. An-Nahl : 64).

Dengan pemahaman seperti ini maka jelaslah maksud dari penggalan hadits Rasulullah, Kutinggalkan bagi kalian dua hal yang berharga, Al Quran dan Ahlul Baitku. (HR Muslim). Bahwa keduanya Al Quran dan Ahlul Bait adalah dua hal yang tak terpisahkan hingga hari kiamat, memisahkan satu sama lain akibatnya adalah kesesatan dan di luar dari koridor ajaran Islam itu sendiri.


Pemerintahan para penjahat melancarkan propaganda hingga ajaran itrah ahlul bait menjadi asing ditengah tengah umat.

Pendapat yang pernah dikemukakan oleh Mahmud Abu Rayyah dalam “Adhwa’ ‘Ala al-Sunnah al-Muhammadiyyah” (Telaah Atas Sunnah Muhammad) patut dipertimbangkan di sini. Dia mengatakan dalam buku itu yang membuat saya terkesima saat membacanya pertama kali dan selalu saya ingat hingga sekarang: menurut informasi dari Imam Bukhari sendiri, dia menyeleksi dari sekitar 300 ribu hadis untuk menyusun kitab koleksi hadisnya yang dianggap sebagai paling otoritatif oleh umat Islam itu. Sebagaimana kita tahu, Sahih Bukhari hanya memuat sekitar 2600an hadis.

Kata Abu Rayyah: bayangkan, Imam Bukhari menyuling 2600an hadis yang dianggap valid dari 300 ribuan hadis. Apa yang bisa disimpulkan dari fakta ini? Kata Abu Rayyah: dengan rasio 300.000:2600an, kita bisa mengatakan bahwa hadis pada umumnya adalah palsu atau lemah. Yang valid hanyalah perkecualian saja. Tentu, kita berbicara mengenai era Imam Bukhari. Dengan kata lain, pada zaman itu, betapa pervasif dan luas sekali persebaran hadis-hadis palsu atau minimal lemah. Begitu luasnya persebaran hadis palsu sehingga Abu Rayyah membuat semacam hukum: hadis yang palsu adalah “norm“, sementara hadis yang shahih adalah “exception“.

MENiNGGAL KAN iTRAH AHLUL BAiT = MENiNGGALKAN ALQURAN.. Itrah ahlul bait dan Al Quran adalah satu dan tak terpisahkan.

Hadis hadis TENTANG  SEMUA  SAHABAT  ADiL, hadis hadis jaminan surga kepada 3 khalifah, hadis hadis pujian kepada  Mu’awiyah  dan sejenisnya hanyalah  hadis hadis  politik REKAYASA  PENGUASA  dan ulama penjilatnya. Yang menarik, hadis-hadis politik itu muncul dan beredar di masyarakat jauh setelah khalifah empat (al-khulafa’ al-rashidun) berlalu. Hadis-hadis ini muncul setelah sarjana Islam mulai menulis literatur yang sering disebut sebagai “fiqh al-Siyasah” atau fikih politik.

masalah hadis-hadis politik, tinggal bagaimana kearifan kita dalam memahaminya. iya to!  alias tak seluruhnya dari turats klasik kita itu BAIK. jangan hanya “taken for granted”. Selamanya kaum munafik tidak akan pernah mencintai Imam Ali as…. semua upaya mereka hanya akan tercurah pada bagaimana mereka dapat melampiaskan kedengkian dan kebencian mereka kepada Imam Ali as. dengan berbagai cara:
1. Melaknati dan memerintah kaum Muslim untuk mentradisikan pelaknatan Imam Ali as., seperti apa yang ditradisikan oleh Mu’awiyah dan para raja bani Umayyah tekutuk!
2. Mengejar-ngejar dan membantai para pecinta Imam Ali as. seperti apa yang ditradisikan oleh Mu’awiyah dan para raja bani Umayyah tekutuk serta sebagian raja bani Abbas!
3. Mengintimidasi dan menghukum siapa saja yang dituduh mencintai Imam Ali dan Ahlulbait as.
4. Menuduh siapa saja yang mencintai Imam Ali dan Ahlulbait dengan berbagai tuduhan kejam, seperti Syi’ah atau Rafidhah!
5. Mencacat siapa saja yang meriwayatkan hadis-hadis Nabi saw. tentang keutamaan Imam Ali dan Ahlulbait dengan berbagai pencacatan tidak berdasar dan palsudan sekaligus menuduhnya sebagai Syi’ah atau Rafidhah!
6. Memusnahkan atau merahasiakan sebisa mungkin hadis-hadis Nabi saw. tentang keutamaan Imam Ali dan Ahlulbait as. agar tidak menyebar dan mengguga kesadaran umat Islam akan kemuliaan keistimewaan Ahlulbait as.
7. Menyebarkan hadis-hadis palsu keutamaan musuh-musuh Imam Ali dan Ahlulbait as. sebagai usaha menandingi keistimewaan Imam Ali dan Ahlulbait as.

Situasi politik dan keamanan pada saat pengumpulan hadis hadis sunni tidak kondusif  bagi suasana ilmiah yang netral, buktinya antara lain:
- Imam Al Nasa’i, pengarang sunan Al Nasa’i dipukul dan dianiaya hingga sekarat didalam Masjid karena menyatakan : “saya tidak mengetahui keutamaan apapun dari Mu’awiyah kecuali Allah tidak pernah mengenyangkan perutnya”.
- Pemakaman Ibnu Jarir Al Thabary dipekuburan Islam dihalangi dan dicegah karena beliau menshahihkan hadis hadis Ghadir Kum dan menghimpun riwayat riwayat nya hingga mencapai tingkat mutawatir.. Beliau akhirnya dikubur dipekuburan Kristen dan hartanya dirampas
- Al ‘Amary yang meriwayatkan hadis burung panggang (yang menunjukkan keutamaan Imam Ali) di usir dari tempat duduk nya dicuci karena dianggap najis.
- Imam Syafi’i dianiya karena mengucapkan syair syair yang memuji ahlulbait, bahkan beliau nyaris dihukum mati.

Sebagian hadis hadis sunni  berlabel shahih ternyata PALSU  dan PENUH  REKAYASA POLiTiK, fakta sejarah :
1. Pihak kerajaan Umayyah (kecuali Umar bin Abdul Aziz) selalu menghina dan mengutuk Ali dan keturunannya.. Bahkan Yazid  membantai  Imam Husain  beserta pendukungnya… Tetapi  mereka memuliakan Abubakar, Umar, Usman dan sahabat sahabat lainnya melalui pembuatan hadis hadis politik jaminan surga dan lain-lainnya.
2. Pihak kerajaan Umayyah (kecuali Umar bin Abdul Aziz) sangat membenci Imam Ali dan menuduh nya sebagai pendukung pembunuh USMAN
3. Imam Ahmad bin Hambal pada masa kerajaan Abbasiyah yang pertama kali mengusulkan Ali sebagai bagian dari Khulafaurrasyidin
4.Imam Ahmad bin Hambal mendha’ifkan hadis hadis shahih karena perawinya yang pro ahlulbait mengkritik Abubakar Umar USman dan loyalisnya, mereka diberi label “rafidhah”… Ulama ulama hadis  sunni yang lain jauh lebih radikal dari Ahmad bin Hambal.
5. Sepeninggal Nabi SAW pihak penguasa bersikap keras dan kejam kepada Imam Ahlulbait dan para pengikutnya, misalnya : Al Mutawakkil yang digelari “Khalifah Pembela Sunnah Nabi” melakukan:
- Membongkar kuburan imam Husain.
- Melarang ziarah kubur ke makam Imam Ali dan Husain.
- Memberikan hadiah kepada setiap orang yang mencaci maki Imam Ali.
- Membunuh setiap bayi yang diberi nama Ali.
- Berupaya membela kelompok Nawasib.

Para peneliti juga mengetahui bahwa Mu’awiyah, politikus penipu yang ulung itu, telah memerintahkan untuk mengumpul ‘para Sahabat’, agar menyampaikan hadis hadis yang mengutamakan para Sahabat Abu Bakar, Umar dan Utsman untuk mengimbangi keutamaan Abu Turab (Ali bin Abi Thalib). Untuk itu, Mu’awiyah memberikan imbalan berupa uang dan kedudukan kepada mereka.

Abul Hasan Ali bin Muhammad bin Abi Saif alMada’ini, dalam bukunya, alAhdats, Mengutip sepucuk surat Mu’awiyah kepada bawahannya: ‘Segera setelah menerima surat ini, kamu harus memanggil orang orang, agar menyediakan hadis hadis tentang para Sahabat dan khalifah; perhatikanlah, apabila seseorang Muslim menyampaikan hadis tentang Abu Turab (Ali), maka kamu pun harus menyediakan hadis yang sama tentang Sahabat lain untuk mengimbanginya. Hal ini sangat menyenangkan saya, dan mendinginkan hati saya dan akan melemahkan kedudukan Abu Turab dan Syi’ahnya’.

Ia juga memerintahkan untuk mengkhotbahkannya di semua desa dan mimbar (fi kulli kuratin wa’ala kulli minbarin). Keutamaan para Sahabat ini menjadi topik terpenting di kalangan para Sahabat, beberapa jam setelah Rasul wafat, sebelum lagi beliau dimakamkan. Keutamaan ini juga menjadi alat untuk menuntut kekuasaan dan setelah peristiwa Saqifah topik ini masih terus berkelanjutan. Para penguasa dan para pendukungnya membawa hadis hadis  tentang keutamaan sahabat untuk ‘membungkam’ kaum oposisi, dan demikian pula sebaliknya.

Dalam menulis buku sejarah, seperti tentang peristiwa Saqifah, yang hanya berlangsung beberapa jam setelah wafatnya Rasul Allah saw, harus pula diadakan penelitian terhadap para pelapor, prasangka prasangkanya, keterlibatannya dalam kemelut politik, derajat intelektualitas, latar belakang kebudayaannya, sifat sifat pribadinya, dengan melihat bahan bahan sejarah tradisional yang telah dicatat para penulis Muslim sebelum dan setelah peristiwa itu terjadi. Tulisan sejarah menjadi tidak bermutu apabila penulisnya terseret pada satu pihak, dan memilih laporan laporan tertentu untuk membenarkan keyakinannya.

Imam Bukhari takut pada tekanan, sehingga sedikit bergaul dengan alawiyyin pada masa Abbasiyah…Bergaul dengan alawiyyin akan membahayakan keselamatannya, masa itu mengaku sebagai orang kafir jauh lebih selamat nyawa daripada mengaku sebagai syi’ah.

Penguasa Bani Umayyah ( kecuali Umar bin Abdul Aziz ) dan Separuh Penguasa Bani Abbasiyah KEKEJAMAN NYA melebihi Firaun, mereka dengan mudah membunuh orang orang yang tidak bersalah hanya karena ia syi’ah…Inilah yang membuat Bukhari menjauhi syi’ah.

Jumlah hadis-hadis yang bersumber dari Imam Kelima dan Keenam lebih banyak dibandingkan dengan hadis-hadis yang bersumber dari Nabi Saw dan para Imam yang lain. Akan tetapi, pada akhir hayatnya, Imam Ja’far Shadiq ( Imam Keenam) dikenai pencekalan secara ketat oleh Khalifah Abbasiyah, Mansur, yang memerintahkan seperti penyiksaan dan pembunuhan berdarah dingin terhadap keturunan Nabi Saw yang merupakan kekejaman terhadap penganut Syiah sehingga perbuatannya melebihi kekejaman dan kebiadaban Bani Umayyah.

Atas perintah Mansur, mereka ditangkap secara berkelompok, beberapa dilemparkan ke penjara gelap dan pengap kemudian disiksa hingga mati, sementara yang lainnya dipancung atau dikubur hidup-hidup di bawah tanah atau di antara dinding-dinding bangunan, dan dinding dibangun di atas mereka.  Hisyam, Khalifah Umayyah, memerintahkan agar Ja’far Shadiq Imam Keenam ditangkap dan dibawa ke Damaskus. Kemudian, Imam Ja’far Shadiq ditangkap oleh Saffah, Khalifah Abbasiyah, dan dibawa ke Irak. Akhirnya, Mansur menangkap Imam Ja’far Shadiq dan membawanya ke Samarra di mana Imam disekap, diperlakukan secara kasar dan beberapa kali berusaha untuk membunuh Imam.

Kemudian, Imam Ja’far Shadiq diperbolehkan untuk kembali ke Madinah di mana Imam Ja’far Shadiq menghabiskan sisa-sisa umurnya dalam persembunyian, hingga ia diracun dan syahid melalui intrik licik Mansur.

Bisakah anda menulis sesuatu dengan sempurna jika nyawa anda taruhannya ? Kodifikasi hadis seperti kitab Bukhari Muslim dan lain-lain terjadi pada masa Abbasiyah bukan ? Wajarlah ilmu itrah ahlul bait dalam kitab hadis Aswaja Sangat sedikit …Menangislah … menangislah...

Para pembaca…
Pada masa khalifah Mutawakkil sedang memuncak periwayatan hadis, tetapi sangat sulit dikenali mana yang asli dan mana yang palsu…

Pada masa khalifah Mutawakkil negara berakidah ahlul hadis. Paham ini didukung negara sehingga hadis hadis sunni menjadi mudah di intervensi dengan penambahan penambahan yang di lakukan ULAMA ULAMA BUDAK kerajaan.

Ahlul hadis sunni hanya memakai hadis tanpa rasio, padahal hadis hadis yang ada tidak ada jaminan 100% akurat  dari Nabi SAW.

Karena fanatisme mazhab, orang orang pada masa tersebut mengarang ngarang hadis agar mazhab nya tetap tegak. Dulu kita tidak tahu, tetapi kini di era informasi semakin mudah didapat bukti-bukti.

Di Al Kafi, Al Kulaini menuliskan riwayat apa saja yang dia dapatkan dari orang yang mengaku mengikuti para Imam Ahlul Bait as. Jadi Al Kulaini hanyalah sebagai pengumpul hadis-hadis dari Ahlul Bait as. Tidak ada sedikitpun pernyataan Al Kulaini bahwa semua hadis yang dia kumpulkan adalah otentik. Beliau hanya melakukan koleksi, maka beliau tentunya tidak melakukan penelitian baik sanad ataupun matan dari hadits tersebut.

Kalau ente menemukan Imam Ja’far bersabda…. begini dan begitu.. artinya dia hanya mengutip apa yang disabdakan oleh nabi saw melalui jalur moyangnya seperti Ali bin Abi Talib, Hasan, Husein, Ali bin Husein dan Muhammad bin Ali. Maka ucapan para Imam = ucapan Nabi saw. Adapun hadis hadis dha’if dalam kitab syi’ah bukanlah hadis Nabi SAW tapi ucapan ucapan yang dinisbatkan pada Imam imam… Dalam kitab syi’ah tidak ada hadis Nabi SAW yang dha’if apalagi pemalsuan atas nama Nabi SAW.

Hadis Nabi SAW, Imam Ali disampaikan oleh Imam Ja’far secara bersambung seperti :[..dari Abu Abdillah (ja’far) dari Ayahnya (Al Baqir) dari kakeknya (zainal) dari Husain atau dari Hasan dari Amirul Mu’minin (Imam Ali) yang mendengar Nabi SAW bersabda…] ada lebih dari 5.000 hadis.

Adanya pertentangan dan kontradiksi diinternal hadis sunni MEMBUKTiKAN bahwa sebagian hadis sunni yang ditolak (syi’ah imamiyah) adalah hadis BUATAN rezim penjahat…

Menghujat sahabat adalah kafir  rafidhah ?  bagaimana dengan muawiyah yang memerintahkan  untuk  menghujat  Imam Ali Di mimbar masjid yang diikuti mayoritas  khalifah  bani umayyah ? Apa muawiah kafir?

Syi’ah Imamiyah Menerima Hadis Hadis Mazhab Sunni Jika : “Tidak menyelisihi riwayat yang dituliskan oleh para ulama syi’ah dan Tidak menyelisihi amalan yang selama ini ada di kalangan syi’ah”.

Lalu bagaimana sikap mereka terhadap riwayat yang berasal dari Ahl al-Sunnah ? Ulama Syiah membolehkan hal ini dengan beberapa ketentuan:
  1. Hadits itu diriwayatkan dari para imam yang ma’shum.
  2. Tidak menyelisihi riwayat yang dituliskan oleh para ulama Syiah.
  3. Tidak menyelisihi amalan yang selama ini ada di kalangan mereka.
.Salah satu yang melandasi pandangan ini adalah apa yang diriwayatkan Ja’far al-Shadiq bahwa ia mengatakan, “Jika kalian mengalami suatu perkara yang tidak kalian temukan hukumnya dalam apa yang diriwayatkan dari kami, maka lihatlah dalam apa yang mereka (sunni) riwayatkan dari Ali a.s, lalu amalkanlah ia.”.

Oleh sebab itu, sebagian kelompok Syiah juga mengamalkan apa yang diriwayatkan oleh beberapa perawi Ahl al-Sunnah,-seperti Hafsh ibn Ghiyats, Ghiyats ibn Kallub dan Nuh ibn Darraj- dari para imam madzhab Imamiyah sesuai dengan syarat tersebut di atas.

Bisakah rawi rawi sunni diterima riwayatnya ? ya bisa asal riwayatnya benar dan orangnya jujur (hanya saja riwayatnya paling tinggi statusnya HASAN).

Di dalam Mazhab Syi’ah Imamiyah Itsna Asyariah (mazhab resmi Iran), ada 4 kitab hadis:

a. Kitab hadis Al–Kafi, dikumpulkan oleh Syaikh Kulaini, terdapat sekitar 16000 hadis.. Dengan perincian sbb: 5.072 hadis shahih, 144 hasan, 1128 hadis Muwatstsaq (hadis yang di riwayatkan perawi bukan syi’ah tetapi dipercayai oleh syiah), 302 hadis Qawiy (kuat) dan 9.480 hadis dhaif.

Sangat-sangat banyak hadis dhaif dalam Kitab  Al Kafi  (lebih separuh kitab ini hadisnya dha’if ). Ulama Syiah lain, Syekh Muhammad Baqir al-Majlisy (wafat 1111H) telah mendha’ifkan sebagian besar hadits-hadits yang ada dalam kitab al-Kafy dalam kitabnya, Mir’at al-‘Uqul.

Menurut pengakuan Fakhruddin At Tharihi ada 9845 hadits yang dhaif dalam kitab Al Kafi, dari jumlah 16119 hadits Al Kafi. Kitab ini disusun dalam jangka waktu yang cukup panjang, selama 20 tahun yang tidak ada bandingannya. Al-Kulaini meriwayatkan hadis yang sangat banyak jumlahnya dari berbagai ulama ahl al-bait. Hadis-hadis yang termuat dalam al-Kafi berjumlah 16.199 buah hadis, yang mencapai tingkat sahih, berjumlah 5.702 buah hadis, tingkat hasan 144 buah hadis, tingkat muwassaq 1.128 buah hadis, tingkat qawiy 302 buah hadis, dan tingkat dha’if 9.485 buah hadis. [sumber: Ayatullah Ja’far Subhani, “Menimbang Hadis-hadis Mazhab Syi’ah; Studi atas Kitab al-Kafi” dalam al-Huda: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Islam, diterbitkan oleh Islamic Center, Jakarta, vol II, no. 5. 2001, hlm. 36].

Hadis-hadis dalam al-Kafi al-Kulaini, khususnya al-Furu’ memang memuat beragam kualitas, dari sahih, hasan, muwassaq, qawiy, bahkan dha’if. Jadi isi keseluruhan al-Furu’ al-Kafi berjumlah 10.474 hadis, dengan perincian jilid III berisi 2049 hadis, jilid IV berisi 2424 hadis, jilid V berisi 2200 hadis, jilid VI berisi 2727 hadis, dan jilid VII berisi 1074 hadis.

Dalam kitab Masadir Al Hadits Inda As Syi’ah Al Imamiyah yang ditulis oleh Allamah Muhaqqiq Sayid Muhammad Husain Jalali.. Beliau mengklasifikasikan hadis dalam kitab Al Kafi Kulaini dengan perincian sebagai berikut:
Jumlah hadis secara keseluruhan: 1621 (termasuk riwayat dan cerita).
1. Hadis lemah / dha’if: 9485.
2. Hadis yang benar / hasan: 114.
3. Hadis yang dapat dipercaya / mawtsuq: 118 Hadis yang kuat / Qawi: 302.
4. Hadis shahih : 5702.

Dari hadis-hadis dalam Al Kafi, Sayyid Ali Al Milani menyatakan bahwa 5.072 hadis shahih, 144 hasan, 1128 hadis Muwatstsaq(hadis yang diriwayatkan perawi bukan syiah tetapi dipercayai oleh syiah), 302 hadis Qawiy(kuat) dan 9.480 hadis dhaif. (lihat Al Riwayat Li Al Hadits Al Tahrif oleh Sayyid Ali Al Milani dalam Majalah Turuthuna Bil 2 Ramadhan 1407 H hal 257). Jadi dari keterangan ini saja dapat dinyatakan kira-kira lebih dari 50% hadis dalam Al Kafi itu dhaif. Walaupun begitu jumlah hadis yang dapat dijadikan hujjah(yaitu selain hadis yang dhaif) jumlahnya cukup banyak, kira-kira hampir sama dengan jumlah hadis dalam Shahih Bukhari.

al-Kulaini hidup di zaman sufara’ al-arba’ah (empat wakil Imam al Mahdi). Selain itu tahun wafatnya adalah 328 H / 329 H (939/940). Beliau dikebumikan di pintu masuk Kufah.


b. Kitab hadis Man la yahdarul fiqh Ditulis oleh Syaikh Abu Ja’far Muhammad bin Ali bin Husein Lahir tahun 305 Hijriah dan wafat tahun 381 Hijriah. Terdapat sekitar 6000 hadits tentang Syariah.
c. Kitab hadis Tazhibul Ahkam Ditulis oleh Syaikh Abu Ja’far Muhammad bin Hasan al-Tusi Lahir di Khurasan tahun 385 Hijriah, dan wafat pada tahun 460 Hijriah Terdapat sekitar 13590 Hadits dalam kitab ini.
d. Kitab hadis Al-Istibshar fima Ikhtilaf minal Akhbar Ditulis oleh Syakih Abu Ja’far Muhammad bin Hasan al-Tusi. Lahir di Khurasan tahun 385 Hijriah, dan wafat pada tahun 460 Hijriah. Terkumpul sekitar 5511 hadits dalam kitab ini.

Di bawah derajat ke empat kitab ini, terdapat beberapa kitab Jami’ yang besar. Antara lain:
1. Kitab Bihârul Anwâr. Disusun oleh Baqir al Majlisi. Terdiri dalam 26 jilid.Kitab al Wafie fi ‘Ilmi al Hadis. Disusun oleh Muhsin al Kasyani. Terdiri dalam 14 juz. Ia merupakan kumpulan dari empat kitab hadis.
2. Kitab Tafshil Wasail Syi’ah Ila Tahsil Ahadis Syari’ah. Disusun oleh al Hus asy-Syâmi’ al ‘Amili. Disusun berdasarkan urutan tertib kitab-kitab fiqh dan
3. kitab Jami’ Kabir yang dinamakan Asy-Syifa’ fi Ahadis al Mushthafa. Susunan Muhammad Ridla at-Tabrizi.
4. Kitab Jami’ al Ahkam. Disusun oleh Muhammad ar-Ridla ats-Tsairi al Kâdzimi (w.1242 H). Terdiri dalam 25 jilid. Dan terdapat pula kitab-kitab lainnya yang mempunyai derajat di bawah kitab-kitab yang disebutkan di atas. Kitab-kitab tersebut antara lain: Kitab at-Tauhid, kitab ‘Uyun Akhbâr Ridla dan kitab al ‘Amali.

Kaum Syi’ah, juga mengarang kitab-kitab tentang rijal periwayat hadis. Di antara kitab-kitab tersebut, yang telah dicetak antara lain: Kitab ar-Rijal, karya Ahmad bin ‘Ali an-Najasyi (w.450 H.), Kitab Rijal karya Syaikh al Thusi, kita Ma’alim ‘Ulama karya Muhammad bin ‘Ali bin Syahr Asyub (w.588 H.), kitab Minhâj al Maqâl karya Mirza Muhammad al Astrabady (w.1.020 H.), kitab Itqan al Maqal karya Syaikh Muhammad Thaha Najaf (w.1.323 H.), kitab Rijal al Kabir karya Syaikh Abdullah al Mumaqmiqani, seorang ulama abad ini, dan kitab lainnya.

Kulaini tidak mensyaratkan membuat kitab yang 100% shahih ia hanya mengumpulkan hadis. Di sisi Syiah tidak ada kitab hadis 100% shahih. Jadi masalah akurat dan tidak akurat harus melihat dulu apa maksudnya Al Kulaini menulis kitab hadis. Ulama-ulama syiah telah banyak membuat kitab penjelasan Al Kafi dan sanad-sanadnya seperti Al Majlisi dalam Miratul Uqul Syarh Al Kafi, dalam kitab ini Majlisi menyebutkan mana yang shahih dan mana yang tidak.

Satu yang perlu dicatat: Mayoritas hadis Syi’ah merupakan kumpulan periwayatan dari Abi Abdillah Ja’far ash-Shadiq. Diriwayatkan bahwa sebanyak 4.000 orang, baik orang biasa ataupun kalangan khawas, telah meriwayatkan hadis dari beliau. Oleh karena itu, Imamiah dinamakan pula sebagai Ja’ fariyyah. Mereka berkata bahwa apa yang diriwayatkan dari masa ‘Ali k.w. hingga masa Abi Muhammad al Hasan al ‘Askari mencapai 6.000 kitab, 600 dari kitab-kitab tersebut adalah dalam hadis.

Para imam memandang bahwa hadis-hadis Rasulullah saw itu didengar dari beliau baik tanpa perantara maupun dengan perantaraan leluhur mereka. Oleh karena itu, dalam banyak pe- riwayatan tampak bahwa Imam ash-shadiq as berkata, “Menyampaikan kepadaku bapakku dari Zain Al-’Abidin dari bapaknya Al- Husain bin’ Ali dari ‘ Ali Amirul Mukminin dari Rasulullah saw. Periwayatan semacam ini banyak terdapat dalam hadis-hadis mereka.

Diriwayatkan dari Imam ash-Shidiq bahwa ia berkata, “Hadisku adalah hadis bapakku. Hadis bapakku adalah hadis kakekku.” Melalui cara ini mereka menerima banyak hadis dari Nabi saw dan menyampaikannya tanpa bersandar kepada para rahib dan pendeta, orang-orang bodoh, atau pribadi-pribadi yang menyembunyikan kemunafikan.

Sebagian hadis lain mereka ambil dari kitab Imam Amirul Mukminin yang didiktekan oleh Rasulullah saw dan dicatat oleh ‘Ali as. Para penulis kitab-kitab Shahih dan Musnad telah menunjukkan beberapa kitab ini.

‘Ali as memiliki buku khusus untuk mencatat apa yang didiktekan oleh Rasulullah saw. Para anggota Keluarga Suci telah menghapalnya, merujuk padanya tentang banyak topik, dan me- nukil teks-teksnya tentang ber.bagai pennasAlahan. Al-Hurr Al-’Amili dalam kitabnya Al-Mawsu’ah Al-Haditsiyyah telah menyebarluaskan hadis-hadis dari kitab tersebut menurut urutan kitab-kitab fiqih dari bab bersuci (thaharah) hingga bab diyat (denda). Barang- siapa yang mau menelaahnya, silakan merujuk pada kitab Al- Mawsu’ah Al-Haditsiyyah.

Imam ash-Shidiq as, ketika ditanya tentang buku catatan itu, berkata, “Di dalamnya terdapat seluruh apa yang dibutuhkan manusia. Tidak ada satu permasAlahan pun melainkan tertulis di dalamnya hingga diyat cakaran.”.

Kitab ‘ Ali as merupakan sumber bagi hadis-hadis Keluarga Suci itu yang mereka warisi satu persatu, mereka kutip, dan mereka jadikan dAlil kepada para penanya.Abu Ja’far Al-Baqir as berkata kepada sAlah seorang sahabatnya-yakni Hamrin bin A’yan-sambil menunjuk pada sebuah rumah besar, “Hai Hamran, di rumah itu terdapat lembaran (shahifah) yang panjangnya tujuh puluh hasta berisi catatan ‘Ali as dan segAla hAl yang didiktekan oleh Rasulullah saw. KAlau orang-orang mengangkat kami sebagai pemimpin, niscaya kami menetapkan hukum berdasarkan apa yang Allah turunkan. Kami tidak akan berpAling dari apa yang terdapat dalam lembaran ini.

Imam ash-Shadiq as memperkenalkan kitab ‘ Ali as itu dengan mengatakan, “la adalah kitab yang panjangnya tujuh puluh hasta berisi hAl-hAl yang didiktekan oleh Rasulullah saw dan’ Ali bin Abi ThAlib mencatat dengan tangannya sendiri. Demi Allah, di dalamnya terdapat semua hAl yang diperlukan manusia hingga hari kiamat, bahkan diyat cakaran, cambukan, dan setengah cambukan.”.

Sulaiman bin KhAlid berkata: Saya pernah mendengar Ibn ‘Abdillah berkata, “Kami memiliki sebuah lembaran yang panjangnya tujuh puluh hasta berisi hAl-hAl yang didiktekan oleh Rasulullah saw dan dicatat oleh ‘Ali as dengan tangannya sendiri. Tidak ada yang halal dan haram melainkan termuat di dalamnya hingga diyat cakaran.”.

Abu Ja.far Al-Baqir as berkata kepada seorang sahabatnya, “Hai Jabir, kAlau kami berbicara kepada kalian menurut pendapat dan hawa nafsu kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang celaka. Melainkan kami berbicara kepada kalian dengan hadis- hadis yang kami warisi dari Rasulullah saw.”.

Imam al-Shadiq dan Imam al-Ridha –dua diantara imam mereka- seringkali mengatakan, “Sesungguhnya kami tidak pernah berfatwa kepada manusia berdasarkan pendapat kami sendiri. Sesungguhnya jika kami berfatwa kepada manusia dengan pendapat kami sendiri, niscaya kami akan termasuk orang yang binasa. Namun (kami memberi fatwa kepada mereka) berdasarkan atsar-atsar dari Rasulullah saw, yang kami wariskan dari generasi ke generasi. Kami menyimpannya seperti manusia menyimpan emas dan perak mereka.” (Miqyas al-Hidayah fi ‘Ilm al-Dirayah: ‘Abdullah al-Mamqany (1351 H). Tahqiq:  Muhammad Ridha al-Mamqany. Mu’assasah Alu al-Bait, Beirut. Cetakan pertama 1991 M).

Bersambung dan Terputusnya Sanad Menurut Syiah Imamiyah.
Syiah Imamiyah juga menekankan tentang keharusan adanya persambungan sanad kepada imam yang ma’shum. Meski sanad itu kemudian tidak bersambung kepada Nabi saw, sebab perkataan imam itu sendiri adalah hujjah dan sunnah sehingga tidak perlu dipertanyakan dari mana ia mengambilnya.

hadis hadis syi’ah biasanya dengan redaksi misalnya : Dalam Al KAfi ada hadis : Zurarah mendengar Abu Abdillah ( Ja’far Ash Shadiq ) bersabda : Amirul Mu’minin ( Imam Ali ) bersabda “hiburlah hatimu agar ia tidak menjadi keras”.

Hadis seperti tadi banyak dalam kitab syi’ah… Yang diteliti adalah sanad dan matannya dari Zurarah sampai dengan Kulayni, sementara dari Imam Ja’far sampai dengan Imam Ali tidak diperiksa lagi karena dari Ja’far sampai dengan Imam Ali sanad nya pasti bersambung oleh tali kekeluargaan dan tidak mungkin Imam Ja’far mendustai ayahnya, kakek, buyut hingga Imam Ali.

Syiah Imamiyah juga meyakini bahwa sanad-sanad hadits mereka semuanya bersambung kepada para imam melalui perantara kitab-kitab al-Ushul yang ada pada mereka.

Dr. Muhammad At-Tîjâni as-Samâwie –seorang Sunni yang kemudian membelot ke Syi’ah, ketika melakukan kajian komparatif antara Sunnah dan Syi’ah, memberikan judul bukunya tersebut: Asy-Syî’ah Hum Ahlu Sunnah.

Peringatan:
Semua keterangan diatas sudah cukup membuktikan perbedaan besar di antara Shahih Bukhari dan Al Kafi. Suatu Hadis jika terdapat dalam Shahih Bukhari maka itu sudah cukup untuk membuktikan keshahihannya. Sedangkan suatu hadis jika terdapat dalam Al Kafi maka tidak bisa langsung dikatakan shahih, hadis itu harus diteliti sanad dan matannya berdasarkan kitab Rijal Syiah atau merujuk kepada Ulama Syiah tentang kedudukan hadis tersebut.

Al Kafi adalah kitab hadis Syiah yang ditulis oleh Syaikh Abu Ja’far Al Kulaini pada abad ke 4 H. Kitab ini ditulis selama 20 tahun yang memuat 16.199 hadis. Al Kulaini tidak seperti Al Bukhari yang menseleksi hadis yang ia tulis. Di Al Kafi, Al Kulaini menuliskan riwayat apa saja yang dia dapatkan dari orang yang mengaku mengikuti para Imam Ahlul Bait as. Jadi Al Kulaini hanyalah sebagai pengumpul hadis-hadis dari Ahlul Bait as.

Tidak ada sedikitpun pernyataan Al Kulaini bahwa semua hadis yang dia kumpulkan adalah otentik. Oleh karena Itulah ulama-ulama sesudah Beliau telah menseleksi hadis ini dan menentukan kedududkan setiap hadisnya.
Oleh karena cukup banyaknya hadis yang dhaif dalam Al Kafi maka seyogyanya orang harus berhati-hati dalam membaca buku-buku yang menyudutkan syiah dengan menggunakan riwayat-riwayat Hadis Syiah seperti dalam Al Kafi. Dalam hal ini bersikap skeptis adalah perlu sampai diketahui dengan pasti kedudukan hadisnya baik dengan menganalisis sendiri berdasarkan Kitab Rijal Syiah atau merujuk langsung ke Ulama Syiah.

Dan Anda bisa lihat di antara buku-buku yang menyudutkan syiah dengan memuat riwayat syiah sendiri seperti dari Al Kafi tidak ada satupun penulisnya yang bersusah payah untuk menganalisis sanad riwayat tersebut atau menunjukkan bukti bahwa riwayat itu dishahihkan oleh ulama syiah. Satu-satunya yang mereka jadikan dalil adalah Fallacy bahwa Al Kafi itu di sisi Syiah sama seperti Shahih Bukhari di Sisi Sunni. Padahal sebenarnya tidak demikian, sungguh dengan fallacy seperti itu mereka telah menyatakan bahwa Syiah itu kafir dan sesat. Sungguh Sayang sekali.

Peringatan ini jelas ditujukan kepada mereka yang akan membaca buku-buku tersebut agar tidak langsung percaya begitu saja. Pikirkan dan analisis riwayat tersebut dengan Kitab Rijal Syiah(Rijal An Najasy atau Rijal Al Thusi). Atau jika terlalu sulit dengarkan pendapat Ulama Syiah perihal riwayat tersebut. Karena pada dasarnya mereka Ulama Syiah lebih mengetahui hadis Syiah ketimbang para penulis buku-buku tersebut.

Jika ada hadis yang bertentangan dengan Al Quran maka kami menilainya tidak shahih maka masalahnya selesai ! Kalau ada hadis hadis aneh dalam kitab kitab mu’tabar syi’ah maka setelah meneliti sanad dan matannya maka ulama syi’ah langsung memvonisnya dha’if dan hadis tersebut tidak dipakai !.

Yang dimaksud dengan berpedoman pada tsaqalain adalah mengikuti petunjuk Al Quran dan orang orang terpilih dari ahlul bait.

SEMENTARA EMPAT KiTAB HADiS TERSEBUT ADALAH CATATAN CATATAN REKAMAN UCAPAN, PERBUATAN, DAN AKHLAK AHLUL BAiT.. YANG NAMANYA CATATAN MEREKA TENTU ADA YANG AKURAT DAN ADA YANG TiDAK AKURAT… YANG AKURAT DiNiLAi SHAHiH DAN YANG TiDAK AKURAT DiNiLAi DHA’iF.

Jika seseorang membawa sebuah hadis yang lemah dari USHUL AL KAFi dan kemudian mengarti kan hadis tersebut secara salah sebagai alat propaganda kesesatan syi’ah, maka hal itu tidak menggambarkan keyakinan syi’ah!

Kenapa banyak sekali hadis dha’if ?
Apa kulaini lemah dalam keilmuan ?
Jawab: Syi’ah imamiyah itsna asyariah sangat ketat dalam ilmu hadis, sehingga ribuan hadis berani kami dha’if kan ..
Tindakan pendha’ifan ribuan hadis ini menunjukkan bahwa kami SANGAT SANGAT SERiUS DALAM menilai keshahihan sesuatu yang dinisbatkan pada agama….
Tidak ada kompromi dalam hal seleksi hadis… Pertanyaannya adalah Sunnah mana yang asli dan mana yang bukan…
Adapun hadis hadis dha’if dalam kitab syi’ah bukanlah hadis Nabi SAW tapi ucapan ucapan yang dinisbatkan pada Imam imam…
Dalam kitab syi’ah tidak ada hadis Nabi SAW yang dha’if apalagi pemalsuan atas nama Nabi SAW.

Jadi 50 % hadis lemah itu bukanlah masalah bagi Syiah, karena mereka memiliki para ulama yang menyaring hadis-hadis tersebut. Saya rasa itulah tugas para ulama setelahnya, mereka memberi penjelasan atas kitab Al Kafi, baik menjelaskan sanad hadis Al Kafi.

Saya lebih suka menganalogikan Al Kafi itu dengan kitab Musnad Ahmad atau bisa juga dengan Ashabus Sunan yaitu Sunan Tirmidzi, Nasai Abu dawud dan Ibnu Majah. Tidak ada mereka secara eksplisit menyatakan semua isinya shahih, tetapi kitab mereka menjadi rujukan.

Apa yang dimaksud dengan hadis lemah/dha’if ? Jawab : Jika salah satu seorang dari rantai penulis hadis itu tidak ada, maka hadis itu lemah dalam isnad tanpa melihat isinya… Ada hadis dalam Al Kafi yang salah satu atau beberapa unsur dari rangkaian periwayatnya tidak ada, oleh sebab itu hadis hadis demikian isnad nya dianggap lemah.

Dalam Rasa’il fi Dirayat Al Hadits jilid 1 hal 395 disebutkan mengenai syarat hadis dinyatakan shahih di sisi Syiah yaitu apa saja yang diriwayatkan secara bersambung oleh para perawi yang adil dan dhabit dari kalangan Imamiyah dari awal sanad sampai para Imam maksum dan riwayat tersebut tidak memiliki syadz dan illat atau cacat!.

Memang bukan kitab shahih tetapi bukan berarti seluruhnya dhaif. Jumlah hadis yang menurut Syaikh Ali Al Milani shahih dalam Al Kafi jumlahnya hampir sama dengan jumlah seluruh hadis dalam shahih Bukhari. Dengan cara berpikir anda hal yang sama bisa juga dikatakan pada kitab hadis sunni semisal Musnad Ahmad, Sunan Daruquthni, Musnad Al Bazzar, Mu’jam Thabrani Shaghir dan Kabir, Al Awsath Thabrani dan lain-lain yang banyak berisi hadis dhaif. Anehnya kutub as sittah sendiri terdapat hadis-hadis dhaif dan palsu seperti yang ada pada Ashabus Sunan.

Kulaini tidak mensyaratkan membuat kitab yang 100% shahih ia hanya mengumpulkan hadis. Di sisi Syiah tidak ada kitab hadis 100% shahih. Jadi masalah akurat dan tidak akurat harus melihat dulu apa maksudnya Al Kulaini menulis kitab hadis.
Ulama-ulama syiah telah banyak membuat kitab penjelasan Al Kafi dan sanad-sanadnya seperti Al Majlisi dalam Miratul Uqul Syarh Al Kafi, dalam kitab ini Majlisi menyebutkan mana yang shahih dan mana yang tidak.

Saya rasa itulah tugas para ulama setelahnya, mereka memberi penjelasan atas kitab Al Kafi, baik menjelaskan sanad hadis Al Kafi . Artinya bagi saya adalah bahwa secara implisit mereka sudah mengklaim bhw hadits2 mereka tulis bukan sekedar koleksi tapi melewati filtrasi dg menggunakan metode yang mereka yakini.
Jadi 50 % hadis lemah itu bukanlah masalah bagi Syiah, karena mereka memiliki para ulama yang menyaring hadis-hadis tersebut.

Perkembangan zaman selalu menuntut adanya perkembangan pemikiran sehingga Syiah selalu memiliki marja’ disetiap zaman untuk memutuskan suatu hal yang boleh jadi berbeda di setiap zaman, dan kitab rujukan utama Syiah adalah Alquran, Yang penting esensi ajarannya, seperti para Imam Ahlul Bayt yang konsisten mengawasi dan meluruskan terhadap penyimpangan para penguasa yang zalim.


Penyimpangan:
Rasul menyebut keduanya (Al Quran dan Ahlul Baitnya) sebagai Tsaqalain yakni sesuatu yang sangat berharga. Keduanya saling melengkapi dan tidak dapat dipisahkan. Penerus nabi adalah orang-orang yang tahu interpretasi ayat-ayat Al Quran sesuai dengan makna sejatinya, sesuai dengan karakter esensial Islam, sebagaimana yang dikehendaki Allah SWT.

Rasulullah menjamin bahwa siapapun yang bersungguh-sungguh dan berpegang pada kedua tsaqal ini, maka tidak akan pernah mengalami kesesatan. Kemunduran dan penyimpangan kaum Muslimin terjadi ketika mencoba memisahkan kedua tsaqal ini.

Islam adalah keduanya (Al Quran dan Ahlul Bait) yang tidak akan terpisah hingga akhir zaman, hingga kehadiran Ahlul Bait Rasulullah yang terakhir, Imam Mahdi afs yang dinanti-natikan. Ahlul Bait adalah madrasah yang paling komplit yang mengandung berbagai khazanah ke- Islaman. Madrasah ini telah terbukti menghasilkan kader-kader yang mumpuni dan telah mempersembahkan karya-karya cemerlang bagi kehidupan umat manusia.

Imam Ja’far Shadiq (fiqh), Jalaluddin Rumi (tasawuf), Ibnu Sina (kedokteran), Mullah Sadra (Filsafat), Allamah Taba’tabai (tafsir) dan Imam Khomeini (politik), sebagian kecil orang-orang besar yang terlahir dari madrasah ini.

*****
Malik bin Anas berkata: “Fitnah Abu Hanifah lebih berbahaya bagi umat dari pada Fitnah Iblis”…
 
Malik berkata: Tidak seorangpun lahir dalam islam yang lebih berbahaya dari Abu Hanifah”.

Imam Syafi’i berkata:
“Saya tidak tahu siapa yang menulis sebuah kitab yang membuktikan kesalahannya sendiri kecuali Abu Hanifah.  
“Aku telah melihat kitab Abu Hanifah dan mereka mengklaim bahwa apapun yang mereka katakan ada dalam Kitabullah dan sunnah Nabi-Nya, dan sebenarnya mereka menentangnya. (bertentangan dengan Kitabullah dan Sunnah)”… 
Berkata Muhammad bin Idris As-Syafi’i: “Aku melihat kitab sahabat-sahabat Abu Hanifah dan itu terdiri dari 130 halaman, aku menemukan di dalamnya 80 halaman yang bertentangan dengan Al Kitab (al Qur’an) dan Sunnah”… 
 
” Syafi’i mengatakan kepada mereka kejahatan Abu Hanifah”

Ahmad bin Hanbal berkata: “Menurutku pendapat Abu Hanifah sama dengan kotoran kambing”… Ahmad bin Hanbal ditanya mengenai Imam Malik. Jawabannya: ‘Hadisnya Shahih tapi pendapatnya Lemah (dhaif).

Tidak ada kewajiban bagi siapapun untuk mengikuti salah satu dari empat Mazhab Sunni, karena jika kebenaran ada pada keempat mazhab tersebut, mengapa salah satu Imam Mazhab dari empat mazhab tersebut dikritik pedas oleh Imam Mazhab lainnya?
Lalu pandangan yang mana yang harus diikuti?
toh kedua Imam Mazhab Sunni tersebut jelas-jelas mengatakan bahwa Abu Hanifah yg merupakan salah satu dari Imam Mazhab sunni tersebut merupakan seorang Imam kesesatan, pendapatnya tidak ada artinya, fitnahnya lebih berbahaya daripada fitnah iblis, dll (sebagaimana yang tercantum dalam Tarikh Baghdad diatas)?

Pada intinya silahkan bagi anda untuk mengikuti mazhab manapun yang anda yakini, tidak ada monopoli dalam bermazhab, yang jelas kewajibannya adalah mengikuti Tsaqalain: Kitabullah dan Ahlul Bait.

Imam Syafi’i: “Aku telah melihat kitab Abu Hanifah dan mereka mengklaim bahwa apapun yang mereka katakan ada dalam Kitabullah dan sunnah Nabi-Nya, dan sebenarnya mereka menentangnya. (bertentangan dengan Kitabullah dan Sunnah)…. “Syafi’i mengatakan kepada mereka kejahatan Abu Hanifah”.

Imam Malik bin Anas berkata: “Fitnah Abu Hanifah lebih berbahaya bagi umat dari pada Fitnah Iblis”…. Malik berkata: Tidak seorangpun lahir dalam islam yang lebih berbahaya dari Abu Hanifah”.

Ahmad bin Hanbal berkata:
“Menurutku pendapat Abu Hanifah sama dengan kotoran kambing”…. Tentang Abu Hanifah, Imam Ahmad bin Hambal menjawab: ‘Tidak Hadis dan tidak Pendapatnya (tidak ada nilainya).

Abu Hanifah dikenal sebagai ulama dari salah satu empat Mazhab Sunni yang sempat belajar kepada Imam Ja’far Shadiq (as). Salah satu ucapannya yang terkenal adalah :

أبا حنيفة ومالك كانا تلميذين للإمام الصادق وكان أبو حنيفة كثيرا ما يقول لولا السنتان لهلك النعمان

Abu Hanifah dan Malik adalah murid dari Imam Shadiq dan Abu Hanifah biasa mengatakan : “Tanpa dua tahun al-Nu’man akan binasa” (Nazarat fi al Kutub al Khalidah halaman 182).

Dalam Minhaj al-Syariah al-Islamiah juz 3 h.114:

وأخذ عنه أيضا الإٌمام أبو حنيفة في الكوفة ، وقال ما رأبت أفقه من جعفر بن محمد الصادق

“Begitu juga Imam Abu Hanifah dibawah pengajaran (Imam Shadiq) di Kufah, dan ia (Abu Hanifah) berakata :’Aku tidak pernah melihat sorang yang lebih faqih dari Ja’far bin Muhammad al Shadiq”.

Ulama Sunni Syaikh Ibn Talha As-Syafi’i dalam Matalib al Sual halaman 218:

واستفاد من الإمام الصادق جماعة من أعيان الأئمة وأعلامهم مثل مالك بن أنس وأبو حنيفة

“Banyak ulama yang mengambil manfaat dari Imam Ash-Shadiq seperti Malik bin Anas dan Abu Hanifah”.

Pada masa itu, pengetahuan Islam menyebar dan pelajar mengambil manfaat dari ajaran ulama dengan perbedaan pandangan yang jauh dan luas. Abu Hanifah termasuk yang mengambil pelajaran dari Imam Ja’far Ash-Shadiq (as) walaupun sekitar dua tahun sebagaimana yang di ucapkannya. Jika kita belajar fiqih atau ilmu agama lainnya dibawah guru dengan keyakinan yang berbeda untuk diri sendiri maka itu TIDAK secara otomatis berarti kita harus merubah keyakinan kita. Oleh sebab itu jika ada krtitik terhadap Abu Hanifah, terkait tentang pandangan-pandangannya tidaklah berpengaruh terhadap Imam Ja’far (as) yang mana Imam Abu Hanifah sempat dua tahun belajar kepadanya.

Oknum Ulama sering mengatakan bahwa mazhab Islam yang benar adalah empat mazhab ahlu sunnah, selain dari mazhab tersebut sesat, tidak boleh di ikuti, dan lain-lain. Jika kita perhatikan beberapa Imam Mazhab tersebut sering kali mengkritik pedas ulama mazhab lainnya. Abu Hanifah adalah salah satu Imam Mazhab Sunni yang sering di kritik pedas oleh Imam Mazhab Sunni lainnya.


Abu Hanifah Dalam Pandangan Imam Ahmad Bin Hanbal.
Tarikh Baghdad (13/454) :

أخبرنا الحسن بن الحسن بن المنذر القاضي والحسن بن أبي بكر البزاز قالا أخبرنا محمد بن عبد الله الشافعي سمعت إبراهيم بن إسحاق الحربي قال سمعت احمد بن حنبل وسئل عن مالك فقال حديث صحيح ورأي ضعيف وسئل عن الأوزاعي فقال حديث ضعيف ورأي ضعيف وسئل عن أبي حنيفة فقال لا رأي ولا حديث وسئل عن الشافعي فقال حديث صحيح وراي صحيح

Ishaq bin Harby berkata : “Aku mendengar, Ahmad bin Hanbal ditanya mengenai Imam Malik. Jawabannya; ‘Hadisnya Shahih tapi pendapatnya Lemah (dhaif). Lalu ia ditanya mengenai Awzai, ia menjawab; ‘Hadis dan pendapatnya keduanya Dhaif, lalu ia ditanya tentang Abu Hanifah, ia menjawab; ‘Tdk Hadis dan tidak Pendapatanya (tidak ada nilainya), lalu ia ditanya tentang Imam Syafi’i, jawabannya; “Hadis dan pendapatnya shahih”.

Tarikh Baghdad (15/ 569) :

أخبرنا بن رزق حدثنا احمد بن سلمان الفقيه المعروف بالنجاد حدثنا عبد الله بن احمد بن حنبل حدثنا مهنى بن يحيى قال سمعت احمد بن حنبل يقول ما قول أبي حنيفة والبعر عندي إلا سواء

Ahmad bin Hanbal berkata : “Menurutku pendapat Abu Hanifah sama dengan kotoran kambing”

Keterangan :
SANADNYA KEPADA MUHANNA ADALAH SHAHIH,MUHANNA ADALAH SEORANG TSIQOH DAN SANGAT TEGUH BERPEGANG PADA SUNNAH,TAMPAKNYA ABDULLAH (PUTRA AHMAD BIN HAMBAL) TIDAK MENDENGAR DARI AYANYA DAN IA MENGAMBIL DARI MUHANNA. (catatn kaki Tarikh Baghdad juz 15/569).

Ulama kontemporer Sunni, Hasan As-Saqqaf mencatat dalam Al Salafya al Wahabiah, hal. 73 :

فالحنابلة يرون أن الإمام أبو حنيفة من أئمة الضلال

“Hanbaliyah menyakini bahwa Imam Abu Hanifah adalah Imam kesesatan.”.

Tarikh Baghdad (13/416) :
http://islamport.com/d/1/trj/1/108/1614.html

أخبرنا بن رزق أخبرنا بن سلم حدثنا الأبار حدثنا أبو الأزهري النيسابوري حدثنا حبيب كاتب مالك بن أنس عن مالك بن أنس قال كانت فتنة أبي حنيفة أضر على هذه الأمة من فتنة إبليس

Malik bin Anas berkata : “Fitnah Abu Hanifah lebih berbahaya bagi umat dari pada Fitnah Iblis”.

Tarikh Baghdad (13/415) :
http://islamport.com/d/1/trj/1/108/1614.html

أخبرنا بن الفضل أخبرنا عبيد الله بن جعفر بن درستويه حدثنا يعقوب بن سفيان حدثني الحسن بن الصباح حدثنا إسحاق بن إبراهيم الحنيني قال قال مالك ما ولد في الإسلام مولود أضر على أهل الإسلام من أبي حنيفة

“Malik berkata : Tidak seorangpun lahir dalam islam yang lebih berbahaya dari Abu Hanifah”.

Abu Hanifah Dalam Pandangan Imam Syafi’i.
Tarikh Baghdad (15/ 567) :

وقال أيضا حدثنا أبي حدثنا هارون بن سعيد الأيلي قال سمعت الشافعي يقول ما أعلم أحدا وضع الكتاب أدل على عوار قوله من أبي حنيفة

Syafi’i berkata : “Saya tidak tahu siapa yang menulis sebuah kitab yang membuktikan kesalahannya sendiri kecuali Abu Hanifah”.

Halaman yang sama :

أخبرنا احمد بن محمد العتيقي والحسن بن جعفر السلماسي والحسن بن علي الجوهري قالوا أخبرنا علي بن عبد العزيز البرذعي أخبرنا أبو محمد عبد الرحمن بن أبي حاتم أخبرنا محمد بن عبد الله بن عبد الحكم قال قال لي محمد بن إدريس الشافعي نظرت في كتب لأصحاب أبي حنيفة فإذا فيها مائة وثلاثون ورقة فعددت منها ثمانين ورقة خلاف الكتاب والسنة

Berkata Muhammad bin Idris As-Syafi’i : “Aku melihat kitab sahabat-sahabat Abu Hanifah dan itu terdiri dari 130 halaman, aku menemukan di dalamnya 80 halaman yang bertentangan dengan Al Kitab (al Qur’an) dan Sunnah”.

Tarikh Baghdad (15/549) : 

 وقال الشافعي شر عليهم من أبي حنيفة

“Syafi’i mengatakan kepada mereka kejahatan Abu Hanifah”.

Imam Subki mencatat pernyataan Imam Syafi’i dalam Tabaqat al-Shafi’iyah al-Kubra, juz 2 h.94 :

وكذلك وجدت كتاب أبى حنيفة إنما يقولون كتاب الله وسنة نبيه وإنما هم مخالفون له

“Aku telah melihat kitab Abu Hanifah dan mereka mengklaim bahwa apapun yang mereka katakan ada dalam Kitabullah dan sunnah Nabi-Nya, dan sebenarnya mereka menentangnya. (bertentangan dengan Kitabullah dan Sunnah).

Dari semua itu maka terlihat jelas bahwa tidak ada kewajiban bagi siapapun untuk mengikuti salah satu dari empat Mazhab Sunni, karena jika kebenaran ada pada keempat mazhab tersebut, mengapa salah satu Imam Mazhab dari empat mazhab tersebut dikritik pedas oleh Imam Mazhab lainnya..? Lalu pandangan yang mana yang harus diikuti.? toh kedua Imam Mazhab Sunni tersebut jelas-jelas mengatakan bahwa Abu Hanifah yg merupakan salah satu dari Imam Mazhab sunni tersebut merupakan seorang Imam kesesatan, pendapatnya tidak ada artinya, fitnahnya lebih berbahaya daripada fitnah iblis, dll (sebagaimana yang tercantum dalam Tarikh Baghdad diatas) ?

Pada intinya silahkan bagi anda untuk mengikuti mazhab manapun yang anda yakini, tidak ada monopoli dalam bermazhab, yang jelas kewajibannya adalah mengikuti Tsaqalain : Kitabullah dan Ahlul Bait.

Imam Ja’far Shadiq adalah cendikiawan lebih dari 200 disiplin ilmu dari matematik hinggalah sains politik, dan menubuhkan universiti pertama di dunia Islam.. Saitis moden bersetuju dengan banyak teori Imam berkenaan asal usul alam semesta, fizik, tenaga haba dan hidrogen.. Antara pelajar beliau ialah Jabir Ibn Hayyan (bapak ilmu kimia), Abu Hanifah dan Malik ibn Anas.ar.


Salam dan solawat. Takziah diucapkan kepada semua pencinta dan pengikut Ahlulbait, kerana pada hari ini, ialah ulangtahun perginya Imam kita yang keenam, Imam Jaafar As Sadiq. Sempena kesyahidan beliau, adalah baik kiranya jika kita mengambil sedikit masa untuk mengingati personaliti besar ini. Tiada kata yang dapat memperincikan dengan sebenarnya tokoh ini. Allahumma Solli ‘ala Muhammad wa aali Muhammad.

Ahli agama, saintis, ahli falsafah, hakim, guru, dan pemimpin agama, ini adalah beberapa terma yang sedikit sekali mengambarkan personaliti sebenar Imam Jaafar As Sadiq. Beliau ialah salah seorang dari orang-orang yang paling dihormati dan dikagumi di kalangan para cendiakawan di dalam sejarah Islam, dan dikenali kerana kezuhudan beliau kepada Allah swt dan ilmu beliau yang tinggi.

Pada 17 Rabi Awala, 83H, Imam kelima, Muhammad Al Baqir(as), telah dikurniakan dengan kelahiran pewaris beliau dalam Imamah, Imam as Sadiq lebih menyerlah jika dibandingkan dengan saudara-saudara beliau dengan perlantikan beliau sebagai Imam ke 6 dari ketika beliau masih bayi, dan walaupun orang-orang kafir mengiktiraf beliau sebagai Imam pewaris ayahanda beliau. Muhammad Amin al Baghdadi, seorang yang berasal dari keluarga bangsawan, meriwayatkan beberapa kemuliaan beliau, “Hanya beliau dari saudara-saudara beliau adalah khalifah selepas bapanya, banyak ilmu diriwayatkan dari beliau. Kebaikan beliau tersangat banyak.”.

Imam ke 5 mengisytiharkan Imam as Sadiq sebagai Imam selepasnya dan mengambil alih pemerintahan Ummah setelah kematiaan bapanya ditangan Khalifah Hisyam ibn Abdul Malik pada 114H. Di dalam satu majlis, Imam al Baqir melihat Imam as Sadiq lalu berkata kepada pengikutnya, “Adakah kamu melihat orang itu? Beliau ialah orang yang mana Tuhan berfirman:”Dan Kami hendak berihsan dengan memberikan pertolongan kepada kaum yang tertindas di negeri itu, dan hendak menjadikan mereka pemimpin-pemimpin, serta hendak menjadikan mereka orang-orang yang mewarisi.”(28:5).

Ilmu dan ajaran Imam As Sadiq tiada celaan dan membuatkan beliau dilawati oleh pencari ilmu dari serata dunia demi mengambil manfaat dari beliau. Imam ke lima dan keenam mengetahui bahawa di zaman mereka menjadi wakil Allah di muka bumi, akan terjadi banyaknya kemasukan buku-buku dari tamadun Yunani dan Mesir Kuno ke dunia Islam, dan kerisauan mula timbul apabila ramai Muslim mula menerima buku-buku itu sebagai kebenaran. Gerakan intelektual di dalam dunia Islam pada abad ke dua Hijrah bukanlah kerana pengaruh barat seperti yang digambarkan oleh orientalis-orientalis barat dalm buku-buku mereka. Tetapi ia disebabkan oleh gerakan yang dipimpin oleh Imam Baqir dan Imam Sadiq.

Para Imam ini telah berusaha agar kaum Muslimin tidak terjerat di dalam ilmu yang salah yang akan memenjarakan akal mereka selama berabad-abad dengan informasi yang batil. Para pelajar Ahlulbait diajar ilmu sains, ilmu falak dan matematik sebagai tambahan kepada ilmu agama agar mereka boleh menyebarkannya kepada kaum Muslimin. Usaha keras Ahlulbait ini berjaya menunjukkan hasilnya apabila dunia Islam berjaya mencapai satu tahap pemikiran dan ilmu yang tinggi.

Jasa Imam sadiq dalam bidang intelektual adalah banyak dalam displin masing-masing. Beliau ialah orang yang pertama dalam sejarah yang mengasingkan sains dari falsafah, dengan hujah bahawa keduanya adalah dua bidang yang berbeza. Sebelum saat itu, ahli falsafah juga dianggap sebagai saintis. Pada umur 11 tahun, Imam telah berjaya menafikan Sistem Ptomelaic dan orang yang pertama memberi hujah bahawa bumi bukanlah pusat alam semesta, dan matahari tidak mengelilingi bumi, malah beliau menambah bumi berputar pada paksinya. Malangnya pencapaian ini diberi kepada Copernicus dan Galileo.

Imam Sadiq adalah cendikiawan lebih dari 200 disiplin ilmu dari matematik hinggalah sains politik, dan menubuhkan universiti pertama di dunia Islam. Saitis moden bersetuju dengan banyak teori Imam berkenaan asal usul alam semesta, fizik, tenaga haba dan hidrogen. Antara pelajar beliau ialah Jabir Ibn Hayyan(bapa ilmu kimia), Abu Hanifah dan Malik ibn Anas.

Pencapaian Imam Sadiq hanya boleh dikalahkan oleh sifat mulia beliau dalam kezuhudan, ibadah, kebajikan dan khidmat beliau terhadap Islam. Keturunan Nabi(sawa) ini mempunyai ciri-ciri yang sama dengan Nabi Ibrahim(as) dan jarang sekali beliau makan kecuali dengan para fakir dan miskin menjadi tetamu beliau. Para tetamu beliau dijamu dengan berbagai jenis makanan, sementara beliau hanya menjamah roti dan cuka.

Majoriti hidup beliau yang dirahmati, beliau jalani di Madinah, dan di malam hari beliau akan membawa seguni roti, daging dan dirham, yang mana beliau akan mengagihkannya secara rahsia kepada mereka yang miskin. Para penerimanya tidak mengetahui bahawa Imamlah yang memberi, dan mereka hanya mengetahuinya apabila beliau meninggal dunia, apabila tiada lagi pemberian yang diterima.

Amal ibadah yang dilakukan oleh Imam akan menakjubkan kepada sesiapa sahaja yang melihatya. Telah diriwayatkan pada satu hari, Abu Hanifah melihat beliau bersolat dan kebingungan akibat darinya. Setelah Imam menyempurnakan solatnya, Abu Hanifah berkata: “Ya Aba Abdillah, sangat menyakitkan sekali solat kamu!” Imam Sadiq membalas. “Tidakkah kamu mengetahui dari semua ibadah, solat ialah penyebab paling utama kedekatan kepada Tuhan?”

Solat beliau dipanjangkan dan doa beliau tidak pernah ditolak oleh Allah swt. Seorang wanita datang kepada Imam dan berkata kepada beliau, “Semoga aku menjadi tebusan mu, wahai anakanda Rasulullah(sawa), aku menjadi penyakit kusta di bahagian atas tangan ku. Doakanlah kepada Allah swt agar menyembuhkan aku.” Imam lantas berdoa dan berkata, “Ya Allah, Kau menyembuhkan yang buta dan yang berpenyakit kusta serta memberikan nyawa kepada tulang yang mereput. Ampunilah dosa wanita ini dan sembuhkanlah beliau untuk melihat penerimaan doaku ini.” Penyakit wanita itu disembuhkan serta merta kerana kemuliaan Imam Sadiq di hadapan Allah swt.

Kewafatan Imam Sadiq.
Khalifah Mansur Dawaniqi Mal’un sangat risau dan takut akan pergerakan-pergerakan Imam Sadiq as., maka dengan itu dia sentiasa menyakiti dan menyeksa imam as. dengan menggunakan kuasa pemerintahan yang dimiliki.

Dia telah memerintahkan gabenor Madinah dan Makkah Hasan Bin Ziyad supaya membakar rumah Imam Sadiq as. Dia telah mematuhi perintah tersebut dan membakar rumah Imam as. yang mana api tersebut telah merebak sehingga pertengahan rumah, Imam Sodiq as. keluar dan berjalan diantara api yang membara dan berkata:
Aku merupakan putera Ismail as. di mana anak-anaknya seperti urat nadi dan akar yang tersebar ke seluruh kawasan bumi dan aku juga merupakan putera Ibrahim Khalil as. (dimana api Namrud telah sejuk baginya dan diselamatkan).

Pada satu malam, dengan arahan Mansur, Imam Sadiq as. pada pertengahan malam dengan kepala tanpa amamah dan pakaian luar telah dibawa menemuinya, Mansur dengan penuh kemarahan dan tidak sopan berkata kepada beliau as. :
Wahai Aba Jaafar, adakah kamu tidak malu dengan umur sebegini ingin merampas pemerintahanku dan mencetuskan fitnah dan permusuhan antara kaum muslimin?

Kemudian dia mengeluarkan pedang dan menghalakannya ke arah Imam as. untuk menghentak leher Imam as., namun tiba-tiba dia melihat Rasulullah saww. berdiri dihadapannya, maka dia menyimpan semula pedang kedalam sarungnya, dan ini telah berulang sebanyak 3 kali, oleh itu, Mansur membatalkan hasratnya untuk membunuh Imam as dan akhirnya Mansur menggunakan anggur beracun untuk membunuh Imam as.

Terdapat banyak riwayat berkenaan bulan kesyahidan Imam Sadiq as. Sebahagian mengatakan 25 Syawal dan sebahagian yang lain mengatakan pertengahan bulan Rejab, namun riwayat 25 Syawal lebih masyhur. Namun berkenaan tahun wafat Imam as., para ahli sejarah Syiah dan Sunni bersepakat mengatakan pada tahun 148 Hijrah. Masa keimamahannya adalah selama 34 tahun. Masa kesyahidannya juga bersamaan tahun ke 12 pemerintahan Mansur.

Begitu juga, para penulis dan ahli sejarah Syiah mempercayai bahawa gabenor Madinah atas arahan Mansur Abbasi telah meracuni Imam as. dengan racun dan mensyahidkannya. Kaf’ami didalam kitab Mishbah meriwayatkan bahawa Imam as. diracuni dan syahid dengan anggur baracun, begitu juga sebahagian daripada para penyelidik Ahli Sunnah juga meriwayatkan bahawa kesyahidan Imam disebabkan oleh racun seperti penulis-penulis kitab Is’af Ar-Raghibin, Nur Al-Abshar, Tazkirah Al-Khawash, As-Showa’iq Al-Muhriqah.

Telah diriwayatkan daripada beliau ketika dalam keadaan telah hampir dengan kewafatannya yang berkata :
Aku beriman kepada Allah, dan aku kufur kepada Thagut, Ya Allah ya Tuhanku peliharalah aku didalam tidur dan jaga (kiamat).

Upacara pengebumian jenazah Imam as. sangat luar biasa yang mana di dalam sejarah para Imam as. yang lain tidak pernah berlaku. Umat Islam, kafir, syiah dan sunni semua turut hadir dalam upacara duka tersebut.

Telah diriwayatkan daripada kitab Mishkah Al-Anwar bahawa seorang lelaki yang merupakan salah seorang sahabat Imam as. telah pergi menemui Imam as. ketika Imam as. dalam keadaan sakit (yang menyebabkan kewafatannya),lelaki tersebut menangis pilu apabila melihat keadaan Imam as. yang tersangat kurus dan lemah yang mana boleh dikatakan Imam as. tidak lagi memiliki apa-apa daripada tubuh badannya kecuali kepala.

Imam as. berkata : kenapa kamu menangis? Dia berkata : adakah aku tidak patut menagis apabila melihat keadaan Tuan begini. Berkata as. : Janganlah menangis, sesungguhnya seorang mukmin itu apabila setiap perkara yang menimpanya baginya adalah kebaikan, jika anggota badannya terpotong, baginya kebaikan dan jika dia memiliki kekayaan utara dan barat juga baginya kebaikan.

Syeikh Thusi daripada Salamah, hamba Imam Sadiq as meriwayatkan bahawa berkata : Aku berada disisi Imam Sodiq as. ketika Imam as pengsan dan ketika beliau as kembali sedar, berkata:
“Berikan kepada Hasan Bin Ali Bin Ali Bin Husain Bin Ali Bin Abi Thalib as yang terkenal dengan Afthas, 70 syiling emas, berikan kepada fulan dan fulan sebanyak fulan ini, aku berkata : kamu ingin berikan kepada seorang lelaki yang menentang kamu dengan parang dan ingin membunuhmu?

Berkata as: Adakah kamu berkehendak aku tidak menjadi salah seorang daripada mereka-mereka yang Allah puji disebabkan silaturrahim yang mereka lakukan, yang mana Allah swt. berfirman tentang sifat-sifat mereka:
Dan mereka yang melakukan apa yang diperintah oleh Allah (menjaga silaturrahim) , takut akan Tuhannya dan gerun atas hari perhitungan yang buruk.

Kemudian berkata as. : Wahai Salamah, sesungguhnya Allah swt. telah menciptakan syurga dan menjadikannya harum mewangi di mana bau wangi tersebut dapat dihidu walau sejauh dua ribu tahun. Bau tersebut tidak akan dapat dihidu dan ditemui oleh mereka yang derhaka kepada ibu bapa dan mereka yang memutuskan hubungan silaturrahim dengan keluarga.

Syeikh Kulaini telah meriwayatkan daripada Imam Musa Kazhim as. bahawa berkata as.:
Aku telah mengafankan ayahku dengan dua kain putih buatan mesir dimana kain tersebut telah digunakan sebagai ihram, sepasang baju dan amamah yang telah diwarisi daripada Imam Zainul Abidin as. serta sehelai kain buatan Yamani yang telah dibeli dengan 40 dinar emas.

Syeikh Saduq telah meriwayatkan daripada Abu Bashir yang berkata:
Aku telah pergi menemui Ummu Hamidah, isteri Imam Sadiq as. bagi mengucapkan takziah, kemudian beliau menangis dan aku juga turut menangis dikeranakan tangisannya. Selepas itu beliau berkata: Wahai Abu Muhammad, jika kamu melihat Imam Sadiq as. ketika waktu kewafatannya,sesungguhnya kamu akan melihat perintah yang ajaib. Beliau as. telah membuka matanya dan berkata : bawakan aku mereka-mereka yang ada hubungan kerabat dan kekeluargaan denganku.

Maka kami semua yang merupakan keluarganya hadir disisinya, Imam as. melihat ke arah kami semua dan berkata:
Syafaat kami tidak akan sampai kepada mereka yang meringankan sembahyang.

Imam Sadiq as. telah dikebumikan di perkuburan Baqi’ bersebelahan Imam Hasan Mujtaba as., datuknya Imam Ali Zainul Abidin as., ayahnya Imam Muhammad Baqir as. dan Imam Sadiq as. merupakan Imam terakhir yang dikebumikan di Baqi’. Selepas beliau as. semua Imam as. dikebumikan di bumi Iraq kecuali Imam Ali Ar-Ridha as yang telah dikebumikan di bumi Khurasan, Iran.

Antara riwayat Imam Sadiq.
Di bawah ialah serangkap dari arahan Imam Sadiq (as) kepada anaknya Imam Musa al Kazim(as) sebagai berikut:

“Anakku, terimalah perintah ku dan hafallah kata-kata ku ini, kerana jika kamu menghafalnya, kamu akan menjalani kehidupan yang menggembirakan dan mati dalam keadaan yang terpuji.
Anakku,
barangsiapa berpuas hati, akan menjadi kaya.
barangsiapa yang hanya melihat apa yang ada di tangan orang lain, mati dalam keadaan miskin.
barangsiapa yang tidak berpuas hati dengan apa yang ditentukan oleh Allah swt, bermakna menentang keputusan Allah
barangsiapa yang menganggap hasilnya sedikit, menganggap hasil orang lain sebagi besar.

Anakku...
Barangsiapa yang membuka pekung orang lain, pekung sendiri akan terbuka.
barangsiapa yang menghunus pedang keingkaran, akan terbunuh oleh pedang itu.
barangsiapa yang menggali lubang untuk saudaranya(agar dia jatuh), akan terjatuh di dalam lubang yang digalinya.
barangsiapa yang berkawan dengan orang bodoh, akan merendahkan kedudukannya.
barangsiapa yang berkawan dengan yang berilmu akan dihormati.
barangsiapa yang memasuki tempat kejahatan akan dituduh.

Anakku...
katakanlah kebenaran samada selari dengan kamu atau berlawanan dengan kamu.
dan berjagalah dengan memburukkan orang lain, kerana ia menanam perasaan permusuhan di dalam hati manusia.

Anakku,
jika kamu mencari kemurahan hati, maka carilah di tempatnya(manusia mulia), kerana kemurahan hati ada tempatnya, tempat itu ada asalnya, asal itu ada cabangnya, cabang itu ada buahnya, dan buah tidak akan didapati melainkan bersama cabangnya dan tiadalah asal yang baik melainkan dari tempatnya.

Anakku, ziarahlah orang-orang yang baik, tetapi janganlah orang-orang yang licik, kerana orang-orang ini diibaratkan seperti batu yang tumpat, di mana airnya tidak keluar, pokok yang daunnya tidak pernah hijau dan tanah yang gersang, di mana tiada pokok yang tumbuh.

Murid murid iMAM JA’FAR SHADiQ adalah Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Sufyan Ats Tsauri, Syu’bah bin Al Hajjaj dan Sufyan bin Uyainah. 

Imam iMAM JA’FAR SHADiQ telah memanfaatkan kesempatan ini untuk mengembangkan berbagai pengetahuan keagamaan sampai saat terakhir dari keimamannya yang bersamaan dengan akhir Bani Umayyah dan awal dari kekhalifahan Bani Abbasiyah.

Beliau mendidik banyak sarjana dalam berbagai lapangan ilmu pengetahuan aqliah (intelektual) dan naqliah (agama) seperti: Abu Musa Jabir Ibn Hayyan, ahli kimia. (di Eropa dikenal dengan nama Geber).


Imam  Mazhab  SUNNi adalah murid AHLUL BAiT.
Hadits dalam Syi’ah: adalah perkataan dan tindakan dari al-Ma’shum (Nabi Muhammad, ahlul bait dan Imam).

Hadits ini akan diteliti dengan shahih atau dengan interview dengan sang perawi. Hadits ini akan melewati banyak perawi yang diantaranya adalah sahabat dari al-Ma’shum (Nabi Muhammad, ahlul bait dan Imam) dan sampai akhirnya akan tiba di al-Ma’shum tersebut (Nabi Muhammad, ahlul bait dan Imam).

Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Sufyan Ats Tsauri, Syu’bah bin Al Hajjaj dan Sufyan bin Uyainah adalah murid  iMAM JA’FAR SHADiQ.

Imam Ja’far Shadiq lahir tahun 80 H dan wafat tahun 148 H di Madinah.

Ibunda beliau adalah Ummu farwah binti Al Qasim bin Muhammad bin Abu Bakar Ash Shiddiq. Dan nenek dari ibunya adalah Asma binti Abdurrahman bin Abu Bakar Ash Shiddiq (Syiar A’lam An Nubala: 259).

Imam Ja’far bin Muhammad bin Ali Zainal Abidin bin Al Husain bin Ali bin Abi Thalib.
Ja’far ash-Shadiq mampu menyebarkan dakwah Islam dengan lebih leluasa. Dakwah yang dilakukannya meluas ke segenap penjuru, sehingga digambarkan muridnya berjumlah empat ribu orang, yang terdiri dari para ulama, para ahli hukum dan bidang lainnya seperti, Abu Musa Jabir Ibn Hayyan, di Eropa dikenal dengan nama Geber, seorang ahli matematika dan kimia, Hisyam bin al-Hakam, Mu’min Thaq seorang ulama yang disegani, serta berbagai ulama Sunni seperti Sofyan ats-Tsauri, Abu Hanifah (pendiri Mazhab Hanafi), al-Qodi As-Sukuni, Malik bin Anas (pendiri Mazhab Maliki) dan lain-lain.

Murid-murid Ja’far ash-Shadiq.
Imam telah memanfaatkan kesempatan ini untuk mengembangkan berbagai pengetahuan keagamaan sampai saat terakhir dari keimamannya yang bersamaan dengan akhir Bani Umayyah dan awal dari kekhalifahan Bani Abbasiyah. Beliau  mendidik banyak sarjana dalam berbagai lapangan ilmu pengetahuan aqliah (intelektual) dan naqliah (agama) seperti: Abu Musa Jabir Ibn Hayyan, ahli kimia. (di Eropa dikenal dengan nama Geber).

Bahkan beberapa sarjana terkemuka Sunni seperti:
1. Sofyan ats-Tsauri,
2. Abu Hanifah (pendiri Madzhab Hanafi),
3. Malik bin Anas (pendiri Madzhab Maliki).

Mereka beroleh kehormatan menjadi murid-muridnya. Disebutkan bahwa kelas-kelas dan majelis-majelis pengajaranya menghasilkan empat ribu sarjana hadist dan ilmu pengetahuan lain. Jumlah hadist yang terkumpul dari Imam ke-5 dan ke-6, lebih banyak dari seluruh hadits yang pernah dicatat dari Imam lainnya.

Saya pernah baca buku dialog Syi’ah Sunni oleh Syarifuddin Al Musawi, disitu ia mengatakan bahwa iMAM MAZHAB SUNNi adalah murid AHLUL BAiT.

Imam Abu Hanifah Dikecam Habis Tokoh-tokoh Ahlusunnah!

Permusuhan dan perseteruan hingga batas menfasikkan, menyesatkan bahkan mengafirkan di antara para imam mazhab dan pembesar ulama Ahlusunnah adalah sebuah kenyataan pahit memalukan yang tak dapat ditutup-tutupi oleh sikap curang dan merahasiakan. Imam Malik ibn Anas mengecam habis Abu Imam Hanifah, para ulama pendukung Imam juga mengecam habis Imam Malik…

Imam Syafi’I dihujat habis dan diragukan keimanannya bahkan dikatakan lebih jehat dari Iblis… Imam Ahmad mengecam dan juga dikecam oleh para ulama lainnya…

al hasil, yang akan ditemukan dalam cacatan sejarah mereka hanya mengecam dan dikecam…. Mungkin itu penjelmaan sabda nabi saw. bahwa perselisihan umaatkku adalah rahmat!!!

Agar Anda tidak menuduh saya sedang mengada-ngada kepalsuan dan memojokkan para imam besar Ahlusunnah, maka ikuti liputan di bawah ini.

Imam Malik mengecam Abu Hanifah sebagai perusak agama!
Imam Malik berkata:

إنّ أبا حنيفة كاد الدين، ومن كاد الدين فليس له دين .

“Abu Hanifah bermakar atas agama. Dan siapa yang bermakar atas agama ia tidak beragama.”[1]




Abu Hanifah dan Abu Yusuf Adalah Orang Fasik Lagi Sesat Menyesatkan!
Mereka juga mengecam Abu hanifah dan murid kesayangannya yang memperjuangkan dan menyebar luaskan mazhabnya; Abu Yusuf sebagai dua orang fasik.

Al ‘Uqaili menyebutkan bahwa Abdullah ibn Idirs –seorang hafidz dan tokoh ulama besar Ahlusunnah mengecam Abu Hanifah dengan kata-katanya:

كـان أبو حنيفـة ضالاً مضلاً، وأبو يوسف فاسقاً من الفاسقين .

“Adalah Abu Hanifah seorang yang sesat lagi menyesatkan. Abu Yusuf adalah adalah orang fasik.”[2]

Abdullah ibn Idris yang mengecam Abu Hanifah dan Abu Yusuf di atas bukan sembarang alim dan imam Ahlusunnah.. ia seorang hafidz, faqîh (ahli fikih), imam besar Ahlusunnah, hujjah lagi jujur terpercaya. Adz Dzahabi  mensifatinya dengan:

الإمام، القدوة، الحجة

“Seorang imam, qudwah (panutan) dan hujjah.”

Ibnu Hajar menyebutnya sebagai:

ثقة، فقيه عابد

“Tsiqah. Ahli fikih dan abid/jujur terpercaya dan rajib berimadah.”.

Sedangkan Abu hatim mensifatinya dengan:

هو إمام من ائمة المسلمين حجة

“Dia seorang imam dari para imam (pemimpin) kaum Muslimin, ia hujjah.”.

Ucapan Imam Abdullah ibn Idirs tentang Imam Abu Hanifah dan Imam Abu Yusuf adalah benar dan diriwayatkan dengan sanad terpercaya. Anda dapat membuktikannya langsung dengan meneliti sanad riwayat itu dalam kitab adh Dhu’afâ’nya al ‘Uqaili.

Sepertinya kecaman atas Abu Hanifah itu sudah diijma’kan ooleh para tokoh brsar ulama Ahlusunnah.
Al Hafidz Ibnu Adiy al Jurjâni berkata:

إبن عدي الجرجاني: سمعت ابن أبي داود يقول: الوقيعة في أبي حنيفة إجماعة من العلماء، لأن إمام البصرة أيوب السختياني وقد تكلم فيه، وإمام الكوفة سفيان الثوري وقد تكلم فيه، وإمام الحجاز مالك وقد تكلم فيه، وإمام مصر الليث بن سعد وقد تكلم فيـه، وإمام الشام الأوزاعي وقد تكلم فيه، وإمام خراسان عبد الله بن المبارك وقد تكلم فيه، فالوقيعة فيه إجماع من العلماء في جميع الآفاق

“Aku mendengar Ibnu Adi Daud berkata, “Kecaman atas Abu Hanifah adalah telah dijima’kan oleh para ulama. Sebab Imam penduduk kota Bashrah; Abu Ayyub as Sakhtiyâni mengecamnya. Imam penduduk kota Kufah; Sufyan ats Tsawri mengecamnya. Imam penduduk negeri Hijaz; Imam Malik mengecamnya. Imam penduduk wilayah Mesir; laits ibn Sa’ad mengecamnya. Imam penduduk kota Syam; al Awza’i mengecamnya. Imam penduduk kota wilayah Khurasân; Abdullah ibn Mubarak mengecamnya. Jadi kecaman atasnya addalah ijma’ (kesepakatan) para ulama di berbagai penjuru.”[3]

Kecaman atas Abu hanifah itu disebabkan beberapa alasan, di antaranya mungkin karena apa yang dinukil darinya bahwa ia melecehhkan kehormatan Nabi Muhammad saw.
Ibnu Hibbân menukil sebuah riwayat yang memuat sikap Abu Hanifah tersebut. Ia menukil bahwa Abu Hanifah berkata:

لو أدركني رسول الله (ص) لأخذ بكثير من قولي، وهل الـدين إلا القول الحسن

“Andai Rasulullah saw. hidup bersamaku pastilah ia mengambil banyak pendapatku. Bukankah agama itu pendapat, ra’yu yang bagus.”[4]

Tidak diragukan bahwa penukilan omongan itu dari Abu Hanifah dapat dipercaya sebab ia dinukil dari parawi yang terpercaya! Baca langsung sanad nukilan itu dalam kitab al Majrûjîn.
Imam Bukhari jugaa tidak ketinggalam mengecamnya. Bahkan Bukhari adalah musuh bebuyutan Abu Hanifah dan mazhabnya.
Imam Bukhari berkata:

أبو حنيفة النعمان بن ثابت قال نعيم بن حماد حدثنا يحيى بن سعيد ومعاذ بن معاذ، سمعا سفيان الثوري يقول: أبو حنيفة استتيب من الكفر مرتين، وقال نعيم عن الفزاري: كنت عند سفيان بن عيينة فجاء نعي أبي حنيفة، فقال: الحمد لله، كـان يهـدم الإسلام عروة عروة، وما ولد في الإسلام أشر منه .

“Abu Hanifah; Nu’man ibn Tsabit. Nu’aim ibn Hammâd berkata, ‘Yahya ibn Sa’id dan Mu’adz ibn Mu’adz brrkata, ‘Kami mendengar Sufyan ats taswri berkata, ‘Abu Hanifah telah diminta bertaubat dari kekafiran sebanyak dua kali.’ Nu’ain al Fizâri berkata, ‘Aku di sisi Sufyan ats Taswi lalu datanglah berita kematian Abu Hanifah, maka ia berkata, ‘Ahlamdullah, segala puji bagi Allah. Dia (Abu Hanifah) telah merobohkan pilar Islam, pilar demi pilar. Dan tiada dilahirkan di masa Islam bayi yang lebih jahat darinya.’”[5]

Pernyataan serupa juga dilontarakan oleh banyak imam besar Ahlusunnah lainnya seperti al Awza’i.[6]
Al Khathib al Baghdadi telah merangkum kecamat ulama dan para imam besar Ahlusunnah atas Abu Hanifah, sementara itu ia merahasiakan kecamat ulama aras Imam Syafi’i, sikap itu membuat marah Qadhi Abu Yaman dalam Mukhtârah Târîkh Baghdâd-nya.
Al hasil, kecamat atas Abu Hanifah dari para imam dan tokoh besar Ahlusunnah sangat banyak dan masyhur. Dan tidak berlebihan jika kami katakana untuk merangkumnya butuh berjilid-jilid. Karenanya kami cukupkan sekian dulu.

Rujuk:

[1] Adh Dhu’afâ’, al Kabîr; al ‘Uqaili,4/281 dengan nomer 1876, Tarikh Baghdad,13/422, al ‘Ilal Wa Ma’rifah ar Rijâl;Ahmad ibn Hanbal,2/547 dengan nomer 3594, 3/164 dengan nomer 4733 dan Hilyah al Awliyâ’,6/325.

[2] Adh Dhu’afâ’,4/440 dengan nomer2071.

[3] Al Kâmil fi adh Dhu’afâ’,7/10 dengan nomer:1945.

[4] Kitab al Majrûhîn,3/65.

[5] Al Intqâ’ Fi Fadhâil al Aimmah al Fuqahâ’; Ibnu Abdil Barr:278.

[6] Kitab as Sunnah; Abdullah putra Imam Ahmad,1/178 dengan nomer:249.
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: