Pesan Rahbar

Home » » Ini Alasan Banyak Pribumi Masuk Menjadi Pasukan KNIL Dan Dicap Pengkhianat

Ini Alasan Banyak Pribumi Masuk Menjadi Pasukan KNIL Dan Dicap Pengkhianat

Written By Unknown on Thursday 30 June 2016 | 01:44:00


Apabila mempelajari sejarah mengenai revolusi kemerdekaan Indonesia, maka kita akan mengingat sebuah pasukan Belanda yang dikenal sebagai musuh paling "brengsek" bagi para pejuang kemerdekaan Indonesia.

Pasukan yang dimaksud adalah KNIL. Soal ini banyak yang mengatakan bahwa pasukan Belanda, ya tentara kulit putih dari negeri asalnya di Eropa. Sebagian memang benar bahwa pasukan Belanda didatangkan dari Negeri Kincir Angin.

Namun ternyata tak kalah banyak pasukan Belanda yang berasal dari golongan inlander (pribumi) sendiri, mereka adalah KNIL (Koninklijke Nederlandsch-Indisch Leger).

Secara harafiah, pasukan ini diartikan sebagai Pasukan Kolonial Kerajaan Hindia-Belanda. Namun rakyat dan para pejuang sering menyebutnya sebagai pasukan Belanda hitam. Alasannya karena para personelnya banyak berasal bagian timur nusantara. Sebutan ini tak lain karena warna kulit mereka.

Pasukan KNIL gabungan orang eropa dan bangsa lain

Pasukan KNIL pribumi Indonesia

Namun, menurut sebuah catatan dari buku ‘KNIL dan Revolusi Indonesia’, anggota terbanyak pasukan KNIL justru berasal dari suku Jawa dan daerah-daerah lainnya. Bahkan tak sedikit dari mereka (mantan KNIL) yang kemudian berperan penting dalam “kelahiran dan pertumbuhan” Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Contoh mantan KNIL yang malahan berjasa bagi Republik Indonesia misalnya Oerip Soemohardjo, Tahi Bonar Simatupang, Abdoel Haris Nasution, Alexander Evert Kawilarang, Ahmad Yani, Soerjadi Soerjadarma, hingga Soeharto yang kemudian menjadi Presiden RI kedua.

Serba-serbi tentang KNIL ini terbilang cukup jarang dibahas dalam jurnal maupun buku. Namun sedikitnya semua hal tentang KNIL termaktub dalam buku ‘KNIL dan Revolusi Indonesia’ karya pemerhati sejarah, Wawan Kurniawan Joehanda.

Uniknya, buku yang baru dirilisnya ini diterbitkan secara “indie”, alias tak bernaung dengan penerbit manapun. Untuk mendapatkan buku berbanderol Rp 65.000 itu pun untuk sementara, harus langsung mengontak penulisnya di akun media sosial Facebook.


Beragam kisah tentang KNIL digambarkannya dalam buku yang membutuhkan riset selama delapan bulan tersebut, mulai dari kelahirannya, hingga para mantan KNIL yang turut berperan dalam pembentukan TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

“Selama ini menulis sendiri, mencetak sendiri dan mem-publish sendiri. Sementara saya memakai jalur indie label. Risetnya sekitar delapan bulan sejak 2015, sekaligus hasil diskusi dengan (penulis) mas Petrik (Matanasi),” ungkap Wawan.

Inti yang ingin disampaikannya adalah, bahwa selama ini para mantan KNIL, baik yang bertugas di masa sebelum dan sesudah revolusi, kerap dicap pengkhianat, lantaran bersedia menjadi alat kolonial Hindia-Belanda.

Dogma itu mungkin akan terus ada, terlebih bagi mereka yang kemudian memilih kembali jadi anggota KNIL dan tak menggabungkan diri ke TNI, pasca-Jepang keluar dari Indonesia.

Namun bukan berarti mereka tak punya pembelaan. Karena seperti yang dikutip penulis dari seorang mantan KNIL yang juga salah satu tokoh besar TNI, Didi Kartasasmita, bahwa mereka (pernah) berkarier sebagai tentara Belanda demi urusan perut.

“Saya menjadi KNIL karena urusan perut. Tampaknya beberapa rekan saya pun begitu. Mereka menjadi alat pemerintah kolonial bukan karena ideologi, tapi untuk memenuhi kebutuhan hidup,”.

Berdasarkan penelusuran sejarah, nama KNIL amat "melegenda" dalam arti buruk. Pasukan KNIL dibawah Kapten Raymond Westerling yang keturunan Belanda Turki ini melakukan pembunuhan keji terhadap tentara RI dan warga di Bandung serta melakukan pembantaian massal terhadap lebih dari 1.000 orang di Makassar, Sulawesi Selatan.

(Istimewa/Memobee/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: