Pesan Rahbar

Home » » Spanyol dan Maroko Tangkap 14 Tersangka Perekrut Anggota ISIS

Spanyol dan Maroko Tangkap 14 Tersangka Perekrut Anggota ISIS

Written By Unknown on Thursday 27 August 2015 | 14:48:00


Sedikitnya 14 orang ditahan di Maroko dan Spanyol terkait kelompok militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Mereka diduga merekrut anggota ISIS dan mengirimkannya ke Suriah dan Irak.

Disampaikan Kementerian Dalam Negeri Spanyol, seperti dilansir CNN, Selasa (25/8/2015), penangkapan para tersangka ini merupakan bagian dari operasi gabungan antara Spanyol dan Maroko. Tidak disebut lebih jelas identitas para tersangka.

Para tersangka ditangkap di pinggiran Madrid dan juga di beberapa lokasi di Maroko, seperti Fez, Casablanca, Nador, Al Hoceima dan Driouech. Mereka yang ditangkap ini dituding terlibat jaringan yang melakukan perekrutan dan pengiriman pelaku jihad asing.

"Jaringan yang menangkap dan mengirimkan pejuang asing untuk bergabung dengan jajaran organisasi teroris Daesh (nama lain ISIS) di wilayah Suriah dan Irak yang mereka kuasai," demikian pernyataan Kementerian Dalam Negeri Spanyol.

Kementerian Dalam Negeri Spanyol tidak menjelaskan lebih lanjut soal kronologi penangkapan. Hanya disebut bahwa penyelidikan atas kasus ini masih terus berlangsung.

Operasi penangkapan ini terjadi selang beberapa hari setelah insiden penyerangan di dalam kereta peluru Prancis. Pelaku yang berasal dari Maroko membawa senapan Kalashnikov, sebuah pistol dan juga silet ke dalam kereta. Untungnya, pelaku berhasil dilumpuhkan oleh beberapa penumpang yang di antaranya merupakan personel militer AS yang sedang berlibur.

Spanyol dan negara-negara lain di Eropa maupun Afrika Utara menyadari risiko bergabungnya warga mereka dengan militan di luar negeri dan kemudian pulang ke negara asal untuk melakukan serangan teror.

(Detik/shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: