Pesan Rahbar

Home » » Ribuan Polisi dan 5 Sniper Amankan Pengajian Syiah dan Sunni

Ribuan Polisi dan 5 Sniper Amankan Pengajian Syiah dan Sunni

Written By Unknown on Friday 8 April 2016 | 01:54:00

Pengamanan Polisi – Foto: Rimanews

Sebanyak 1.650 personel Polri dari berbagai satuan disiagakan di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, untuk mengamankan acara ulang tahun atau milad Sayyidah Fatimah Az- Zahra yang merupakan putri Nabi Muhammad saw.

Kapolres Bondowoso AKBP Djadjuli SIK MSi mengatakan, Sebanyak 1.735 dari tim gabungan TNI, Polri, Satpol PP dan Banser diagendakan untuk melakukan pengamanan di dua titik, yakni perayaan Milad Sayyidah Fatimah di Kampung Arab dan pengajian umum di Masjid Agung At-Taqwa, yang akan digelar malam ini sekitar pukul 19.00 Wib.

“Ini bentuk kesiapan kami dalam menanggulangi timbulnya gesekan antara kedua belah pihak,” kata Kapolres.

Sebanyak 1.735 anggota gabungan disiagakan di 26 titik yang berpotensi menimbulkan gesekan. Bahkan pengamanan kali ini Brimob menugaskan 5 penembak jitu (sniper) yang terbagi di beberapa titik yang berpotensi menimbulkan konflik.

“Dua kegiatan ini menjadi prioritas kami, agar tidak menimbulkan konflik. Oleh karena itu, kami harus bekerja keras mengantisipasi, agar 1000 an massa dari Syiah dan Sunni tidak bergesekan,” katanya.

Senada dengan, Kapolres, Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Bondowoso Kompol Hermanto mengatakan, ribuan lebih polisi dikerahkan agar tidak ada gesekan antara kaum Syiah dengan kelompok yang tidak setuju dengan kegiatan yang akan digelar di Kelurahan Kademangan, Kota Bondowoso, itu.

“Selain Polres Bondowoso, Polres Jember, Probolinggo dan Situbondo juga diperbantukan ke sini untuk pengamanan, dengan jumlah keseluruhan kurang lebih 1.050 personel,” ujar Hermanto di Bondowoso, Rabu 6 April 2016.

Selain personel polisi umum dari beberapa polres di wilayah Tapal Kuda, kata dia, untuk pengamanan itu juga melibatkan Satuan Brigade Mobil (Brimob).

“Hingga saat ini situasinya masih kondusif, dan semoga sampai malam nanti tetap kondusif dan aman,” katanya.

Sebelumnya sebanyak 600 anggota TNI dari empat Komando Distrik Militer (Kodim) di wilayah itu juga dikerahkan untuk pengamanan pengajian akbar kaum Syiah.

Komandan Korem 083 Malang Kolonel Infanteri Fajar Setyawan turun langsung dan memberikan arahan kepada jajarannya, yang juga berasal dari empat Kodim, yakni Kodim Probolinggo, Jember, Situbondo serta Bondowoso.

Dalam arahannya kepada seluruh jajaran, Komandan Korem 083 Malang meminta pasukannya untuk selalu waspada dan berhati-hati saat bertindak agar tidak memunculkan konflik yang memicu gesekan kelompok Sunni maupun Syiah.

(Satu-Islam/Rima-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: