Oleh: Ahmad Arif
Kulit saya coklat dan rambut nyaris lurus. Mata tidak sipit amat, namun juga tidak belok. Sepanjang ingatan, kami turun-temurun dari Jawa, walaupun ayah memberi nama berbau Arab. Setidaknya, sudah empat generasi, nama keluarga kami berbau Arab.
Tampilan fisik saya di atas, pasaran di Asia Tenggara. Asalkan tidak berbicara, saya mudah menyaru di pasar-pasar Malaysia atau Thailand. Bahkan, saat tinggal di Jepang, beberapa kali saya dikira orang setempat dan diajak bicara dalam bahasa lokal.
Di Singapura, sopir taksi cas-cis-cus mengajak bicara Mandarin, bahkan memberi selamat tahun baru Imlek. Sambil berterima kasih, saya katakan saya tidak merayakan Imlek. Ketika saya bilang ”asli” Jawa, Indonesia, dia tak percaya. Yakin dia mengatakan, pasti saya keturunan China juga meski berkulit coklat. ”Orang Jawa banyak yang campur. Keponakan saya di Surabaya menikah dengan Jawa, anaknya mirip Bapak,” ujarnya.
Ucapan sopir taksi ini seperti menyederhanakan pemikiran pakar genetika populasi asal Italia, Luigi Luca Cavalli-Sforza (2000). Menurut Sforza, ciri fisik berbeda, misalnya warna kulit hitam atau putih, tak lebih sebagai adaptasi terhadap lingkungan yang berbeda. Secara ilmiah, tidak ada alasan menjadi rasis.
Orang berkulit putih karena tubuh mereka tidak mengembangkan unsur melanin—dari kata Yunani melas yang berarti ’hitam’—sebagai proteksi terhadap sinar matahari. Sebaliknya, masyarakat di zona tropis, mengembangkan warna kulit hitam untuk mengatasi terpaan sinar matahari. Maka, menurut Steve Olson (2003), perbedaan bentuk manusia, tak lebih dari kecelakaan sejarah dan lelucon biologis. Tak lebih dari persoalan topeng atau kostum yang bisa berubah-ubah.
Perjalanan leluhur
Sebagai bagian dari riset ”asal-usul manusia Indonesia”, sampel darah saya telah diuji oleh Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi. Saya kemudian juga mengirim sampel ke salah satu laboratorium genetik di Amerika, untuk mendapatkan hasil lebih rinci.
Ternyata, jejak genetika dalam darah saya justru ”membenarkan” prasangka sopir taksi di Singapura itu.
Uji DNA di Eijkman dengan marka mitokondria mengelompokkan saya dalam haplogrup F1a1a. Menurut Soarez (2008), kelompok genetik F1a1a terbentuk di China bagian selatan sekitar 9.000 tahun lalu, kemudian menyebar ke kawasan barat dan selatan Asia Tenggara, seperti Thailand dan Semenanjung Malaysia.
Penanda F merupakan tipe Austroasiatik, kini banyak temui pada masyarakat Hmong-Mien di Vietnam. Sebagian di antara mereka, kemungkinan bermigrasi secara bergelombang ke Nusantara hingga zaman es terakhir sekitar 20.000 hingga 6.000 tahun lalu. Saat itu, bagian barat Nusantara (Jawa, Sumatera, dan Kalimantan) masih menyatu dengan daratan Asia. Migrasi ini jauh sebelum kedatangan penutur Austronesia dari Taiwan (out of Taiwan) ke Nusantara sekitar 5.000 tahun lalu. Perlu dipahami, migrasi yang terjadi bisa jadi tidak searah, sangat mungkin bersifat timbal balik.
Tanda 1a1a di belakang huruf F menunjukkan mutasi gen yang menandai persinggahan leluhur. Semakin panjang huruf dan angka di belakang F, artinya semakin banyak persinggahan selama migrasi dari China selatan sebelum tiba di Jawa.
Jadi, secara maternal atau melalui garis ibu, setidaknya saya memiliki trah China selatan. Lab genetik di Amerika bahkan menyebut bahwa salah satu leluhur saya generasi ke lima lalu “100 persen” masih tinggal di China. Sungguh mengejutkan karena itu tak pernah ada dalam narasi keluarga kami–lain kali saya ceritakan pengembaran leluhur dari jalur paternal.
Jika dirunut lebih jauh lagi, gen saya mengabarkan migrasi nenek moyang dari Afrika. Analisis genetik beragam populasi manusia membuktikan, semua manusia modern atau Homo sapiens berasal dari Afrika yang secara bergelombang menyebar ke berbagai belahan dunia sekitar 120.000 tahun lalu dan 60.000 tahun lalu (out of Afrika). Sebagian kemudian tiba di Papua sekitar 50.000 tahun lalu.
Dengan latar belakang genetik ini, pantaskah saya disebut pribumi?
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan pribumi sebagai ”penghuni asli; yang berasal dari tempat bersangkutan”. Jelas bahwa secara bergenerasi saya lahir di Indonesia, bahkan sebelum negara ini terbentuk, nenek moyang saya telah menetap di Jawa.
Mengacu pada definisi itu, bolehlah saya mengklaim diri sebagai ”pribumi”, yang oleh Belanda diejek sebagai ”inlander” dan dipersamakan dengan anjing. Pengumuman yang dipasang di sejumlah tempat menyebutkan ”Verboden voor honden en inlanders” berarti ’Inlander dan anjing tidak boleh masuk’.
Namun, sekalipun pribumi, ternyata saya bukan orang asli. Tak ada yang benar-benar asli, kecuali mungkin manusia purba seperti Homo erectus atau Java Man, yang diperkirakan menghuni Jawa sekitar 700.000-1 juta tahun lalu. Belakangan ditemukan Homo floresiensis yang diperkirakan mendiami Pulau Flores 100.000-60.000 tahun lalu. Tetapi, bisa jadi, mereka pun dulu bermigrasi entah dari mana.
Daripada mempersengketakan pribumi dan nonpribumi—dikembangkan kolonial Belanda untuk diskriminasi—apa tidak lebih baik memikirkan persoalan besar negeri ini, seperti ketimpangan sosial dan degradasi lingkungan pemicu bencana?
(suaraislam/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Post a Comment
mohon gunakan email