Pesan Rahbar

Home » » ISIS Publikasikan Foto Kuil Kuno yang Dirusak

ISIS Publikasikan Foto Kuil Kuno yang Dirusak

Written By Unknown on Thursday 27 August 2015 | 14:58:00


Kelompok militan Islamic State (ISIS) memuat foto perusakan yang dilakukannya terhadap kuil berusia 2.000 tahun di Palmyra, Suriah.

Dalam foto-foto tersebut, beberapa pria membawa tong ke kuil Baal Shamin dari era Romawi. Kemudian mereka mengumpulkan tong tersebut yang dihubungkan dengan kabel biru.

Foto lainnya menunjukkan awan asap dan puing-puing yang tertutup debu. Foto puing tersebut diduga berasa dari ledakan yang terjadi Minggu (23/8/2015).

UNESCO menyebut perusakan kuil ini sebagai kejahatan perang. Kuil tersebut adalah bagian dari kompleks arkeologi di Palmyra, situs budaya dunia di Suriah tengah.

Seperti dilansir VOA Indonesia, Rabu (26/8/2015), ISIS merebut kota tersebut, termasuk reruntuhan kota tua tersebut bulan Mei.

Minggu lalu, militan ISIS memenggal Khaled Asaad, arkeolog berusia 82 tahun dan mantan kepala barang-barang antik di Palmyra yang menghabiskan waktu berpuluh-puluh tahun memelihara situs tersebut.

Kelompok tersebut menargetkan situs budaya lainnya di Suriah dan Irak untuk menghancurkan artefak pra-Islam. Tapi kelompok itu juga dilaporkan menjual benda seni yang dijarah sebagai pemasukan tambahan bagi kelompok tersebut.

(Metro-News/Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: