Pesan Rahbar

Home » » Nilai Menangis untuk Musibah Karbala

Nilai Menangis untuk Musibah Karbala

Written By Unknown on Wednesday 11 November 2015 | 15:49:00


Untuk memahami nilai yang dimiliki oleh menangis untuk Imam Husain as, kita harus merujuk hadis-hadis para imam Ahlul Bait as yang memiliki hubungan langsung dengan alam gaib.

Para wali Allah dari kalangan para nabi dan washi menangisi Imam Husain as. Melihat hal ini, sungguh kita terdorong untuk menangisi beliau.

Dalam sebuah hadis, imam maksum as berkata, “Setiap mata pasti menangisi kesulitan para Hari Kiamat kelak, kecuali mata yang pernah menangisi Imam Husain.”

Imam Ali bin Musa Ridha as berkata, “Menangis untuk Imam Husain as dapat menghilangkan dosa-dosa besar.”

Dalam hadis lain, Imam Shadiq as berkata, “Barang siapa meneteskan air mata sekalipun sebesar sayap lalat lantaran mengingat Imam Husain, maka pahalanya berada di tangan Allah, dan Dia tidak akan rida terhadap pahala lebih sedikit dari surga.”

Mengapa musibah yang menimpa Imam Husain as sebegitu besar sehingga melebihi musibah yang telah menimpa Rasulullah saw, Imam Ali, Fatimah Zahra, dan Imam Hasan Mujtaba?

Abdullah bin Fudhail Al-Hasyimi berkenaan dengan hal ini pernah bertanya kepada Imam Shadiq as. Beliau menjawab, “Musibah yang telah menimpa Al-Husain lebih besar dari seluruh musibah. Untuk itu, kepergiannya adalah sama dengan kepergian seluruh mereka.”

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: